Pengertian Klausa Ciriciri Dan Contoh Klausa Terbaru

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa - Tidak terlepas berdasarkan artikel sebelumnya mengenai pengertian, ciri-karakteristik, serta contoh frasa. Kali ini materi4belajar akan membahas tentang pengertian klausa, ciri-karakteristik klausa, dan tentunya model klausa lengkap menggunakan pembahasannya.
Seperti yg kita ketahui, Klausa merupakan satuan gramatikal yang masih ada dalam sebuah tata bahasa. Baik itu bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Klausa sendiri pada bahasa inggris disebut menggunakan clause, dan memiliki pengertian, ciri-karakteristik, serta model yang tidak tidak selaras menggunakan klausa bahasa indonesia.
Baca Juga : Pengertian Frasa, Ciri-karakteristik, Dan Contoh Frasa
Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Struktur Dan Contoh Klausa
Baikah pribadi saja kita menuju pembahasan yakni pengertian klausa, ciri-karakteristik kalusa serta contoh klausa yg bertujuan agar kita dapat lebih memahami apa itu klausa lengkap menggunakan strukturnya.
Pengertian Klausa
Seperti yg saya terangkan di atas bahwa Klausa adalah sebuah satuan grammatikal yang terdapat pada rapikan bahasa, Klausa memiliki susunan kata melebihi frasa namun kurang lengkap buat menjadi sebuah kalimat. Klausa memiliki bentuk berupa gerombolan kata yang setidaknya terdiri dari sebuah subjek dan sebuah predikat (S &P), Dan memiliki potensi buat menjadi suatu kalimat. Mengapa klausa mempunyai potensi buat menjadi sebuah kalimat? Lantaran sebenarnya klausa nir jauh tidak sinkron menggunakan sebuah kalimat, Hanya saja klausa tidak memiliki intonasi akhir yg sebagai karakteristik spesifik sebuah kalimat.
Dalam konstruksinya yang terdiri atas S dan P klausa dapat disertai dengan O, Pel, dan Ket, ataupun nir. Dalam hal ini, unsur inti klausa adalah S dan P. Namun, pada praktiknya unsur S tak jarang dihilangkan. Misalnya dalam kalimat beragam (atau lebih tepatnya kalimat plural) serta dalam kalimat yg merupakan jawaban. (Ramlan 1987:89). Misalnya :
Struktur Klausa
Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa klausa adalah kalimat yg nir sempurna yg disusun serta mempunyai setidaknya satu subjek serta satu predikat. Sebenarnya Klausa jua dapat mempunyai Objek pelengkap dan istilah kabar. Namun dalam penggunaanya penggunaan subjek dalam klausa tak jarang tidak digunakan. Misalkan pada sebuah kalimat majemuk (kalimat plural).
Ciri-Ciri Klausa
Sama misalnya frasa, tentunya klausa pula memiliki ciri-karakteristik yang berfungsi buat membantu kita mengidentfikasinya. Ciri-ciri klausa merupakan :
  1. Dalam sebuah klausa hanya masih ada satu predikat saja serta tidak lebih.
  2. Klausa dapat berubah sebagai sebuah kalimat jika diimbuhi intonasi akhir.
  3. Klausa merupakan bagian menurut sebuah kalimat jika kalimat itu adalah kalimat plural.
  4. Klausa bersifat meluas apabila dibubuhi menggunakan atribut-atribut khusus yang belum masih ada dalam klausa tersebut.

Jenis-Jenis Klausa
Berdasarkan jenisnya klausa dapat dibagi menjadi 4 jenis yakni :
  1. Berdasarkan kelengkapan unsurnya : Klausa tidak lengkap serta klausa lengkap
  2. Berdasarkan sifat predikat : Klausa positif serta klausa negatif
  3. Berdasarkan kategori predikat : Klausa mulut dan klausa non-verbal
  4. Berdasarkan kemapanannya : Klausa mandiri serta Klausa Tergabung

Contoh Klausa
Setelah kita memahami pengertian klausa, ciri-karakteristik klausa serta jenis klausa kini saatnya kita membaca serta menyimak model klausa dibawah ini :
  1. Kondisinya telah membaik.
  2. Rumah itu sangat glamor.
  3. Mobil itu sangat baru.
  4. Sudah baik keadaanya.
  5. Sangat glamor tempat tinggal itu.
  6. lapar sekali hari ini.
  7. keadaan akan baik-baik saja.
  8. bekerja sambil berjalan-jalan.
  9. berlibur itu sangat menyenangkan.
  10. makan kuliner glamor.

sekian artikel kali ini mengenai pengertian klausa, karakteristik-karakteristik, dan model klausa. Semoga menggunakan memahami klausa dapat menambah ilmu dan wawasan kita. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru