Pengertian Pembabakan Zaman Prasejarah dan Sejarah

Kurun ketika sejarah dibagi 2 yaitu zaman Prasejarah serta zaman Sejarah.
Zaman Prasejarah merupakan zaman waktu manusia belum mengenal atau memakai goresan pena. Zaman sejarah adalah zaman ketika manusia telah mengenal serta menggunakan tulisan. Zaman sebelum insan mengenal goresan pena biasa dianggap zaman Prasejarah. Pra merupakan sebelum ad interim sejarah merupakan cerita atau kisah insan pada masa lalu yang menggambarkan peristiwa sebenarnya. Jadi zaman pra sejarah adalah uraian tentang kehidupan serta kebudayaan manusia dalam masa lampau sebelum terdapat bukti-bukti tertulis. 

Baik kita akan bicara tentang zaman sejarah kini . Zaman sejarah merupakan zaman dimana peninggalan tertulis sudah ditemukan. Tiap wilayah memasuki zaman sejarah yang beda-beda misalnya Indonesia yang diperkirakan memasuki zaman sejarah dalam abad ke 4 Masehi. Tetapi pada Mesir telah masuk zaman sejarah lebih dulu yaitu 4000 SM. Mengapa mampu beda zaman sejarahnya?. Lantaran ini tergantung berdasarkan tinggi atau rendahnya kebudayaan yang telah mereka miliki.

Berakhirnya masa pra sejarah pada Indonesia diperkirakan dalam abad ke 4 Masehi dengan ditemukannya sumber tertulis menurut Kerjaaan Kutai. Sumber tertulis tersebut berupa 7 Yupa yang beraksara Palawa dan bahasa Sansekerta.

Pembabakan Zaman Pra sejarah di Indonesia
Untuk menilik suatu ilmu dibutuhkan ilmu lain menjadi indera bantu buat menambah kuat bukti. Zaman pra sejarah di Indonesia dibagai menurut geologi dan arkeologi. Berdasarkan arkeologi, zaman pra sejarah terbagi 2 yaitu zaman batu serta zaman logam.

a. Zaman Batu. Hal ini berdasarkan atas alat-alat yang ditemukan pada umumnya masih terbuat berdasarkan batu, walaupun ditemukan juga beberapa indera menurut tulang atau tanduk fauna. Zaman batu terbagi menjadi Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum serta Megalitikum.
b. Zaman Logam. Pada zaman ini insan sudah mempunyai kemampuan yg lebih baik dalam mengolah benda alam. Buktinya merupakan ditemukannya alat-alat menurut logam. Zaman logam terbagi menjadi Zaman Tembaga, Perunggu dan Besi

Menurut Geologi  masa Pra Sejarah dibagi sebagai Arkaikum, Paleozoikum, Mesozoikum serta Neozoikum. 
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI