Pengertian Proses Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta BentukBentuknya Terbaru

Proses sosial bisa kita bedakan sebagai dua bentuk, yaitu hubungan sosial asosiatif serta disosiatif. Kedua bentuk hubungan sosial tadi adalah materi pelajaran sosiologi yg akan kita bahas secara lengkap dalam pembahasan kali ini. Pembahasan kali ini kita akan mulai menggunakan mengenal terlebih dahulu pengertian berdasarkan interaksi asosiatif serta disosiatif, untuk itu kalian mampu simak eksklusif yang pada bawah ini.
Pengertian Proses Sosial Asosiatif
Proses Sosial Asosiatif adalah hubungan postif yang terjadi pada masyarakat. Proses ini bersifat membangun dan mempererat atau memperkuat hubungan jalinan solidaritas pada gerombolan rakyat buat menjadi satu kesatuan yang lebih erat.
Artikel lain:Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Dan Contoh Teks Prosedur)
Bentuk-Bentuk Proses Sosial Asosiatif
Proses sosial asosiatif sendiri mempunyai bentuk-bentuk menjadi berikut :
A).Kerja Sama, adalah suatu kegiatan yang dilakukan paling sedikit sang 2 individu buat mencapai tujuan beserta. Dalam kerja sama individu dengan individu lain akan saling mendukung serta membantu dan menciptakan sinergi  dalam mencapai tujuan bersama tadi. Kerja sama sendiri memiliki beberapa bentuk sebagai berikut.
B).Kerukunan, adalah salah satu bentuk menurut kolaborasi yg paling sederhana serta paling gampang buat kita wujudkan pada kehidupan bermasyarakat.contoh kerukunan diantaranya gotong royong buat membangun masjid, jembatan, membantu korban bala alam, serta sebagainya.
C).Kooptasi,  adalah suatu proses penerimaan unsur-unsur baru pada sebuah kepemimpinan atau sebuah aplikasi politik suatu organisasi gerombolan warga guna mencegah terjadinya guncangan ataupun perpecahan dalam organisasi tadi.
D).Bergaining, adalah suatu bentuk kerjasama yg dihasilkan dari tindakan tawar menawar yg terjadi pada 2 individu atau lebih buat mencapai kesepakatan bersama. Contoh bergaining sendiri biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti aktivitas tawar menawar yang terjadi antara penjual serta pembeli utnuk mencapai kesepakatan bersama.

E).Koalisi (coalition), yaitu merupakan kumpulan antara dua kubu yg tidak sama buat mencapai tujuan bersama. Contohnya koalisi antara dua partai politik buat memenangkan tokoh yg dicalonkan pada pemilihan ketua daerah.
F).Join Venture, merupakan kerjasama antara beberapa pihak dalam saat tertentu buat menyelengggarakan bisnis beserta. Biasanya kolaborasi berakhir saat tujuan bersama telah tercapai atau selesai. Contoh kolaborasi antara 2 perusahaan buat mengembang suatu proyek.
G).Akomodasi, sebagai keadaan akomodasi merupakan bentuk ekuilibrium yg berkaitan menggunakan norma sosial dan nilai sosial dalam interaksi antar individu atau gerombolan . Sebagai proses akomodasi dapat diartikan sebagi bentuk atau tindakan buat meredakan suatu konflik atau pertarungan yang terjadi baik antar individu atau kelompok sehingga terwujud suatu kestabilan.

Akomodasi sendiri mempunyai bentuk-bentuk menjadi berikut.
  • Koersi (coersion), adalah salah satu bentuk akomodasi yang dilakukan dengan cara kekerasan atau paksaan baik secara fisik (eksklusif) juga secara psikis ( tidak langsung). 

Contoh Koersi : ayah memukul saudara termuda saat saudara termuda ketahuan mencuri uang di dompet ayah.
  • Kompromi (compromize), pada akomodasi ini pihak-pihak yg memiliki permasalahan saling mengurangi tuntutan masing-masing supaya konflik cepat teratasi. 

Contoh Kompromi : perjanjian yang dibentuk pemerintah terhadap kelompok Gerakan Aceh Merdeka demi menjaga kestabilitasan keamanan pada Aceh.
  • Arbitrasi (arbitration), adalah penyelesaian kasus antara 2 pihak menggunakan bantuan pihak ketiga. Pihak ketiga disini ditunjuk serta memiliki kedudukan yg lebih tinggi ialah ke 2 belah pihak harus menerima keputusan dari pihak ketiga  buat memilih pemecahan masalah. 

Contoh Arbitrasi : penyelesaian konfrontasi yg terjadi antara golongan buruh dengan pemiliki perusahaan oleh Dinas tenaga kerja sebagai pihak ketiganya.
  • Mediasi (mediation), yaitu penyelesaian kasus antara dua belah pihak yang dibantu pihak ketiga menjadi penengah. Pihak ketiga disini berposisi netral, adalah nir memihak satu pihak pun dalam penyelesaian masalah tersebut. 

Contoh Mediasi : pemerintah Indonesia dibantu sang pemerintah Firlandia dalam penyelesaian permasalahan dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).
  • Konsiliasi (conciliation), yaitu upaya penyelesaian kasus menggunakan mempertemukan impian dari kedua belah pihak yg berkonflik untuk mencapai tujuan bersama melalui forum-lembaga.

Contoh Konsiliasi : konsultasi masalah tarif angkutan umum antara supir angkutan umum dingan dinas perhubungan.
  • Toleransi, upaya akomodasi yg dilandasi pencerahan buat saling menghormati antar individu atau gerombolan yg bertikai sebagai akibatnya kasus dapat dicegah sebelum terjadi.

Contoh Toleransi : toleransi antar disparitas agama agama yg terjadi pada Indonesia.
  • Ajudikasi (adjudication), merupakan bentuk akomadasi yang dilakuakn melalui pengadilan (meja hijau).

Contoh Ajudikasi : Penyelesaian masalah sengketa tanah lewat meja hijau atau pengadilan.
  • Stalemate, konflik yang terjadi pada perseteruan berhenti pada tingkatan eksklusif ketika pihak-pihak yang berkonflik nir bisa maju ataupun mundur (seimbang).

Contoh Stalemate : konfrontasi antara Amerika Serikat dengan Iran berhenti akibat gosip nuklir.
H).Akulturasi, merupakan proses penerimaan kebudayaan-kebudayaan lain ke pada kebudayaan sendiri tanpa menghilangkan kepribadian orisinil ataupun karakteristik khas berdasarkan kebuyaan sendiri.
I).Asimilasi, yaitu peleburan dua unsur kebudayaan atau lebih menjadi satu kebudayaan milik bersama. Asimilasi mengarah dalam hilangnya perbedaan.
J).Amalgamasi, peleburan dua grup budaya atau lebih menjadi satu grup budaya baru.
Pengertian Hubungan Disosiatif
Hubungan disosiatif menjuru pada proses yang bisa mengakibatkan perpecahan dalam kelompok warga ( bersifat negatif).

Bentuk-Bentuk Proses Sosial Disosiatif 
  • Persaingan atau kompetisi, suatu proses sosial yg dilakukan individu buat mencapai kemenangan secara kompetitif dan menghindari benturan fisik.

Contoh Persaingan  atau kompetisi : persaingan antara Andi dan Tono buat sebagai Rangking 1 di kelas.
  • Pertentangan / Perselisihan / Konflik, suatu proses sosial dimana individu atau gerombolan melakukan ancaman atau benturan fisik berupa kekerasan buat mencapai tujuannya.

Contoh Pertentangan / Perselisihan / Pertarunga : Peristiwa Rengas dengklok merupakan pertentangan golongan muda dengan golongan tua mengenai saat aplikasi proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  • Kontravensi, adalah usaha buat menghalangi atau menggagalkan tercapainya tujuan menurut individu lain menggunakan cara memfitnah, pancingan , atau  melakukan intimidasi.

Contoh kontravensi : bisnis menjatuhkan nama baik salah satu capres supaya warga enggan memilihnya.
Sekian posting kali ini tentang Pengertian Proses Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta Bentuk-Bentuknya. Semoga berguna.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI