Pengertian Surat Klaim Keluhan Beserta Contohnya Terbaru

Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya - Apakah anda pernah mencicipi ketidakpuasan pada membeli suatu barang ataupun pelayanan jasa? Hal ini dikarenakan barang nir sesuai menggunakan cita-cita atau fenomena juga pelayanan customer service yg kurang memuaskan. Untuk menanggapi ketidakpuasan ini dibuatlah surat klaim (keluhan) atas ketidaknyamanan tadi. Lalu apa pengertian surat klaim (keluhan)? Bagaimana   pembuatan model surat klaim (keluhan)?
Surat klaim adalah jenis surat yg diberikan pada penyedia barang atau jasa tertentu lantaran barang ataupun jasa yg diberikan kurang memuaskan dan nir sesuai menggunakan harapan. Penulisan surat keluhan nir memerlukan ketentuan tertentu. Namun harus memuat alamat yg dituju serta keluan yang disampaikan harus jelas. Kemudian jua disertai dengan nama dan tanda tangan dibagian akhir surat. Pada kesempatan kali ini aku akan mengungkapkan mengenai pengertian surat klaim (keluhan) beserta model surat klaim (keluhan). Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya

Pengertian surat klaim (keluhan) ialah jenis surat yg berasal berdasarkan instansi eksklusif ataupun seorang atas ketidaknyamanan serta ketidakcocokan terhadap suatu barang, pelayanan, dan sebagainya. Surat klaim dapat dianggap menjadi surat pengaduan atau surat keluhan. Contoh surat klaim (keluhan) tersebut misalnya surat dari konsumen, surat klaim dalam transaksi perdagangan, serta lain lain. Didalam surat klaim masih ada pengaduan layanan jasa ataupun barang yang dibeli tidak sinkron, maka dari itu seorang yang membuat surat ini mengharapkan ganti rugi juga bentuk penyelesaian lainnya. Biasanya surat ini dibentuk oleh konsumen yang mendapatkan ketidaknyamanan dalam beberapa hal misalnya:
  • Barang yang dikirim sang pembuat mengalami keterlambatan lantaran nir sinkron menggunakan jadwal yang dijanjikan.
  • Barang yg diterima atau dikirim konsumen tidak sinkron dengan pesanan.
Baca jua : 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Dan Ada Acara
  • Mutu/kualitas barang nir sinkron menggunakan asa konsumen.
  • Barang yg dikirim mengalami kerusakan ketika diterima sang konsumen.
  • Pelayanan berdasarkan karyawan nir sesuai menggunakan asa konsumen.
Berdasarkan hal hal pada atas, pengertian surat klaim (keluhan) seperti surat dagang berisi keluhan mengenai kerusakan barang saja, namun jenis surat ini jua dapat berupa pengaduan lainnya.

Surat klaim (keluhan) menurut seseorang umumnya tidak selalu mudah diterima sang pihak yg menerima pengaduan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, maka diharapkan bukti yang konkret tentang keluhan atau kekecewaan yg diperoleh oleh konsumen. Dalam pengertian surat klaim (keluhan) ini juga saya jelaskan bahwa apabila anda menciptakan surat pengaduan dagang maka harus menyertakan struk pembayaran jual beli (kwitansi). Dengan begitu pihak konsumen bisa menaruh bukti serta bisa melakukan beberapa tindakan seperti:
  1. Melakukan pembatalan pembelian barang.
  2. Mengharapkan adanya rabat harga dari pihak penghasil.
  3. Meminta pertanggungjawaban bila barang hilang atau rusak seperti meminta ganti rugi atau mengubah barang baru.
  4. Meminta pertanggung jawaban lain dengan cara mengubah barang dengan jumlah uang yang sinkron.
Dalam pembuatan surat klaim (keluhan) harus menggunakan istilah kata yang resmi serta sopan. Selain itu, keluhan wajib disampaikan dengan jelas dan menyertakan barang yang diklaimkan.

Contoh Surat Klaim (Keluhan)

Dibawah ini masih ada contoh surat klaim (keluhan) agar anda dapat lebih paham mengenai jenis surat tadi. Berikut model suratnya:

Toko Serba Murah
Tangerang, 22 Januari 2018 
Nomor     : 11/II/2017
Perihal     : Pengaduan Kerusakan Barang
Lampiran : 1 lembar

PT. Furniture Suka Maju
Jalan Sukaesih No.01
Cilacap
Dengan hormat,
Barang yg wajib dikirimkan oleh PT. Furniture Suka Maju ialah:
  1. 20 Lemari
  2. 35 Kursi
  3. 25 Meja
  4. 25 Sofa
Barang tadi telah kami terima dengan lengkap. Kami mengucapkan terima kasih atas pelayanan saudara. Tetapi ketika barang dibuka, kami menerima beberapa kerusakan barang yg telah kami pesan diatas. Berikut beberapa daftar barang yang mengalami kerusakan:
  • 8 Meja yg kacanya retak
  • 3 Meja yang kacanya pecah
  • 6 unit Lemari yg kaca cerminnya mengalami keretakan
Dengan demikian, kami mengucapkan permintaan maaf dikarenakan barang dikirimkan balik ke PT. Furniture Suka Maju. Kami mengharapkan barang segera digantikan dengan yang baru.

Bersamaan dengan ini, kami jua menyertakan bukti faktur pembelian barang sehingga kasus bisa diselesaikan dengan mudah serta cepat.

Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,     
Toko Serba Murah  

Khoiriah Nurjannah
Owner         

Demikianlah penerangan tentang pengertian surat klaim (keluhan) beserta model surat klaim (keluhan). Semoga artikel ini dapat berguna buat anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru