Pengertian Takabur Ciri Ciri orang takabur dan Bahaya Takabur Terbaru

Pengertian Takabur, Ciri Ciri orang takabur dan Bahaya Takabur - Takabur merupakan galat satu sifat yang dibenci oleh Allah. Sifat takabur secara kebahasaan berasal berdasarkan kata kabura yg adalah besar . Sedangkan orang yg mempunyai sifat takabur adalah orang orang yg hayati dengan membanggakan dirinya sendiri dan menganggap tidak ada orang lain yang leih akbar selain dirinya. Maka dari itu sifat takabur ini sebagai sifat yang dibenci sang Allah SWT. Ciri karakteristik orang takabur sendiri dalam dasarnya bisa kita lihat secara eksklusif misalnya nir sanggup menerima kebenaran yang datang selain dari dirinya sendiri, senang meremehkan orang lain, serta lain sebagainya.
Contoh sifat takabur dapat kita temukan dalam berbagai cerita pada masa kemudian seperti kisah Abu Jahal yang tidak mau mendapat kebenaran Rassulullah SAW, Fir'aun yg nir mau mengakui kerasulan Nabi Musa A.S, Bahkan sejak awal penciptaan bumi dimana iblis yang kala itu merasa lebih baik dan mulia dibandingkan Nabi Adam A.S menolak buat bersujud serta menentukan buat takabur. Lantaran sifat takabur dapat mendatangkan kesobongan maka sifat tidak baik ini dihentikan di poly ajaran agama, khususnya kepercayaan Islam.

Bahaya takabur yg paling akbar merupakan dibenci oleh Allah SWT serta umumnya orang yg takabur akan senantiasa dibenci sang masyarakat sekitar lantaran kesombongannya. Banyak ayat dalam alquran yang pada dasarnya telah mengungkapkan pengertian takabur, karakteristik karakteristik orang takabur sampai bahaya sifat takabur.
Pengertian Takabur, Ciri Ciri orang takabur dan Bahaya Takabur
Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih pada tentang bahan ajar kepercayaan islam (PAI) yg sedikit poly membahas salah satu sifat tercela (takabur) yang dibenci sang Allah SWT. Adapun materi ini akan kita bagi sebagai tiga bagian yang pertama merupakan pengertian sifat takabur, yang ke 2 merupakan karakteristik ciri orang takabur, dan yg terakhir merupakan bahaya sifat takabur.
Pengertian Takabur
Arti takabur secara kebahasaan adalah membesarkan diri sendiri dan menggap diri sendiri lebih hebat, mulia, dan besar menurut orang lain. Secara kata takabur memiliki arti menjadi sebuah sikap yg memandang rendah orang lain baik secara mental, materi, jasmani, juga rohani. Sifat takabur sendiri merupakan salah satu sifat yg dibenci Allah SWT serta masuk kedalam golongan sifat sifat tercela yg bisa menjerumuskan seorang individu ke jalan yg sesat,
Sifat takabur pertama kali dimiliki sang iblis dimana dalam masa itu iblis menolak sebuah perintah Allah untukk bersujud kepadaa Nabi Adam A.S. Hal ini ditimbulkan karena beliau merasa memiliki derajat yg lebih tinggi serta lebih mulia dibandingkan Nabi Adam A.S. Disebutkan bahwa iblis menyampaikan bahwa dia tercipta menurut api sedangkan Nabi Adam tercipta berdasarkan tanah, "Lalu mengapa saya harus bersujud pada makhluk yang bahkan lebih rendah dari dalam saya?" Tanya iblis dengan sombong dan congkak. Sifat tercela atau sifat takabur inilah yang akhirnya menciptakan iblis diusir berdasarkan nirwana Allah serta direndahkan derajatnya serendah rendahnya. Tetapi karena kebaikan yang dilakukannya selama berada pada nirwana, akhirnya Allah SWT memberikan hidup yg panjang hingga akhir kiamat kepada Iblis dengan tujuan menjadi cobaan buat manusia.
Baca jua: Cara Penulisan Daftar Pustaka yg Benar Beserta Contohnya
Sedangkan berdasarkan penerangan Rasulullah, sifat takabur adalah himpunan dua buah sifat tercela yakni menolak kebenaran dan merendahkan orang lain. Rasulullah bersabda "Takabur merupakan sifat orang yg menolak atau mengingkari kebenaran dan merendahkan orang lain" (H.R Abu Daun dan Hakim).

Ciri Ciri Takabur
Setelah tahu pengertian takabur diatas maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa ciri karakteristik orang takabur adalah sebagai berikut adalah:
  1. Suka membanggakan diri sendiri.
  2. Suka memuliakan diri, ilmu, harta, keturunan dan segala yang dimilikinya.
  3. Merendahkan orang lain.
  4. Suka menjatuhkan orang lain dan mencela orang lain.
  5. Sombong dan berpaling waktu bertemu dan diajak berbicara.
  6. Suka pemborosan dalam hal duniawi.
  7. Memakai perhiasan serta pakaian yang hiperbola.
  8. Berbicara menggunakan nada yang sombong.
Firman Allah tentang takabur dalam surat Al-A'raf (7): 146
Aku akan palingkan indikasi pertanda kekuasaan-Ku orang yg sudah menyombongkan dirinya pada bumi tanpa suatu alasan. Kalau mereka melihat pertanda tanda kekuasaan-Ku mereka tetapp tidak mau beriman padanya. Apabila mereka jalann yg membawa kepadaa petunjuk, maka mereka tidak akan pernahh menempuhnya. Tetapi, ketika mereka melihat jalan kesesatann, mereka menggunakan segera akan menempuhnya. Hal yg demikian adalahh karena mereka mendustakann ayat ayat Kami dann mereka selalu lengahh terhadapnya.
Firman Allah mengenai takabur dalam surat Al-Mu'min (40): 60
Sesungguhnya orang orang sombong yang tidak mau menyembahku akan masuk kedalam neraka Jahanam dalamm keadaan hina.

Sabda Rasulullah Nabi besar Muhammad SAW tentang takabur
Barang siapa mau bertawadu hanya karena Allah SWT, maka beliau akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT, serta barang siapaa yg arogan maka akan diturunkan derajatnya oleh Allah SWT. (dikutip menurut H.R Bazzar).
Bahaya Takabur
Sifat takabur termasuk kedalam salah satu sifat yg tercela dan dibenci sang Allah SWT, telah poly ayat kudus Al-Qur'an juga hadis yang menjelaskan keburukan dan bahaya takabur.
Pada dasarnya sifat takabur bisa dibagi sebagai dua jenis yakni takabur secara lahir serta takabur batin.
  • Takabur lahir adalah perbuatan tercela yg dilakukan oleh anggota badan serta ditunjukkan melalui gerak tubuh, kata kata, raut muka dan sebagainya.
  • Takabur batin adalah sifat tercela yg tidak terlihat karena berada dala jiwa seseorang. Takabur batin berada dalam hati serta perasaan seseorang yang menganggap seolah dirinya lebih tinggi serta orang lain lebih rendah darinya.
Kedua jenis takabur tersebut mempunyai bahaya yg sama yakni dapat menjerumuskan seseorang masuk kedalam barah neraka. Maka berdasarkan itu sifat takabur yg notabennya merupakan sifat tercela harus kita hindari dalam kehidupan kita sehari hari. Kenapa sifat takabur wajib kita hindari? Hal ini mengacu pulang dari bahaya sifat takabur yakni:

Merusak taraf pergaulan manusia
Takabur bisa merusak cara pergaulan insan, dapat merenggangkan tali silaturahmi antar umat dan menghalangi perilaku tolong menolong serta kasih sayang sesama umat manusia. Hal ini disebabkan karena orang yang sombong cenderung akan dibenci oleh orang lain dikarenakan kesombongannya sendiri. Orang lain akan merasa enggan berhubungan dengan orang yang sombong.

Hal semacam inilah yang dapat mengurangi taraf pergaulan serta menimbulkan permusuhan karena dalam dasarnya orang orang takabur selalu membeda bedakan orang dalam bergaul. Orang takabur cenderung nir akan mau berteman menggunakan orang yg memiliki derajat lebih rendah darinya.

Takabur bisa menumbuhkan sifat tercela lainnya
Sifat takabur merupakan cikal bakal yang akan mmenumbuhkan sifat dan akhlak tercela dan buruk yang lainnya seperti perasaan iri dengki pada orang lain, pembohong, khianat, pemarah serta lain sebagainya. Hal ini dikarenakan orang takabur akan melakukan segala cara buat mempertahankan kemuliaan dirinya.

Bahaya takabur pula bisa mengakibatkan orang menjadi beku serta nir berkembangkan karena nir terdapat usaha untuk memperbaiki dirinya sendiri. Hal ini disebabkan karena orang orang takabur senantiasa menganggap dirinya telah menjadi orang yang paling benar. Sifat takabur ini jua bisa sebagai bahaya karena bisa menghalangi segala kebaikan yg akan menjadi penuntun menuju pintu nirwana.

Takabur bisa menghilangkan perasaan dan sifat baik seseorang
Sifat arogan dan takabur dapat mengakibatkan seorang menjadi lupa akan perasaan mencintai dan mengasihi sesama mukmin menjadi mana mereka menyayangi dan mengasihi diri mereka sendiri. Bahaya takabur yang paling besar merupakan mereka (orang takabur) akan dimasukkan kedalam siksa barah neraka dan menerima sanksi yg berat dikarenakan keangkuhan serta kesombongan yg sudah mereka perbuat dimasa beliau hidup. Umumnya orang orang takabur akan melupakan siapa dirinya, dari mana dia dari dan akan menuju kemana beliau. 

Dengan memperhatikan serta mempertimbangkan bahaya bahaya takabur tersebut kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa takabur tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri namun pula bahaya terhadap orang lain lantaran dapat memecah belah persatuan umat. Orang takabur akan diturunkan derajatnya dihadapan Allah SWT dan seseorang yg mau berusaha menjauhi sifat takabur serta memiliki sifat tawadu atau rendah hati hanya lantaran ingin menerima ridha Allah maka dia akan diangkat derajatnya oleh Allah.

Itulah materi tentang sifat dan akhlak tercela takabur yang sedikit poly membahas mengenai Pengertian Takabur, Ciri Ciri orang takabur dan Bahaya Takabur yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Senantiasa ingat bahwa takabur merupakan bentuk sifat serta akhlak tercela yang wajib dihindari. Sekian dan terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI