Pengertian Tegangan Permukaan Lengkap Dengan Rumus Terbaru

Pengertian Tegangan Permukaan Lengkap Dengan Rumus - Dalam ilmu Fisika masih ada materi pembelajaran mengenai tegangan permukaan. Materi ini terdapat rumus tegangan permukaannya jua. Lalu apa pengertian tegangan permukaan itu? Pada dasarnya contoh tegangan permukaan dapat dijumpai disekeliling kita. Misalnya saja air yang menetes keluar dari keran atau selang. Bagaimana bentuk tetesan air tadi? Air yg menetes tadi berbentuk bulatan bulatan air bukan? Hal inilah yg dinamakan dengan tegangan permukaan air. Adapula model lainnya yaitu seekor nyamuk yg berada diatas bagian atas air, tetapi nyamuk tersebut tidak karam. Inilah yang disebut menggunakan kenyataan tegangan permukaan.
Besarnya tegangan bagian atas ditentukan oleh beberapa faktor seperti tekanan, kerapatan jenis cairan, suhu, konsentrasi zat terlarut dan massa jenis. Hal hal inilah yg sebagai dasar dalam perhitungan akbar suatu tegangan bagian atas. Nah pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai pengertian tegangan permukaan lengkap menggunakan rumus tegangan permukaan. Untuk lebih jelasnya bisa anada simak di bawah ini.

Pengertian Tegangan Permukaan Lengkap Dengan Rumus

Pengertian tegangan bagian atas ialah tarikan ke bawah atau gaya yg mengakibatkan adanya kontraksi bagian atas cairan sebagai akibatnya terlihat kenyal maupun tegang. Biasanya tegangan bagian atas berkaitan dengan fluida (zat cair) yg sifatnya tidak aktif atau diam. Tegangan permukaan dapat terjadi karena adanya gaya tarik menarik antara wadah disetiap muka cairan yang tidak seimbang menggunakan molekul air itu sendiri. Gaya yg diperoleh tadi berupa tetesan cairan mini yang lama kelamaan akan naik menjadi cairan biasa pada pipa kapiler. Selain itu anda pula dapat menghitungnya menggunakan rumus tegangan permukaan yang anda.
Baca pula : Cara Membaca Jangka Sorong Lengkap Dengan Contoh
Berdasarkan pengertian tegangan bagian atas diatas dapat kita peroleh beberapa faktor yang menghipnotis akbar tegangan tadi. Adapun beberapa faktor dalam penentuan akbar tegangan permukaan merupakan kerapatan, jenis cairan, massa jenis, suhu, konsentrasi zat terlarut serta tekanan. Contohnya semakin besar massa jenis suatu cairan maka semakin rapat juga jarak antar partikel pada cairan tadi. Selain itu semakin akbar molekul cairannya maka semakin besar juga tegangan permukaannya. Tingkat kerapatan seuatu partikel menghipnotis besarnya gaya yg dipakai buat meretakkan permukaan cairannya. Kerapatan tadi akan menciptakan gaya semakin bertenaga dalan proses tarik menarik antar partikel.

Untuk mengitung besarnya tegangan bagian atas bisa memakai metode pipa kapiler, yakni pengukuran sudut kelengkungan dan tegangan bagian atas mengguakan pipa berdiameter. Pipa tadi dicelupkan pada galat satu ujungnya ke pada permukaan fluida (zat cair). Setelah itu fluida akan naik ke permukaan dengan ketinggian tertentu. Selain itu adapula rumus tegangan permukaan yang dapat digunakan buat mengetahui besarnya tegangan itu sendiri yaitu:
Y = F/d
Keterangan:
Y = Tegangan Permukaan (N/m)
F = Gaya Tarik (N)
d = Panjang Permukaan (m)
Baca pula : Pengertian Pengukuran Dalam Fisika Beserta Contoh
Selain pengertian tegangan permukaan serta rumus tegangan permukaan pada atas. Saya jua akan menunjukkan beberapa model peristiwa yang berkaitan menggunakan tegangan permukaan pada zat cair Berikut beberapa contohnya:
  • Terapungnya jarum diatas permukaan zat cair.
  • Penurunan tegangan zat cair yang ditentukan oleh penggunaan sabun, menggunakan begitu tubuh dapat lebih higienis serta air dapat membasahi tubuh dengan paripurna.
  • Beberapa jenis serangga mini yang bisa hinggap dan berjalan dipermukaan air.
Sekian penerangan mengenai pengertian tegangan bagian atas dan rumus tegangan permukaan lengkap. Tegangan permukaan adalah tarikan ke bawah atau gaya yg menimbulkan adanya kontraksi bagian atas cairan sehingga terlihat elastis juga tegang. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI