Pengertian Teks Eksposisi Jenis Struktur dan Contoh Teks Eksposisi Terbaru

Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur serta Contoh Teks Eksposisi - Jika menyampaikan tentang teks eksposisi tentunya sangat erat kaitannya dengan pelajaran bahasa indonesia. Teks eksposisi merupakan galat satu jenis berdasarkan banyak sekali jenis-jenis teks pada bahasa indonesia disamping teks narasi, teks pelukisan, teks prosedur serta lain sebagainya. Sama halnya teks-teks yang lain, teks eksposisi pula mempunyai karakteristik-karakteristik khusus, struktur kalimat, model dan lain sebagainya yang membedakan teks ini menggunakan teks yg lain. Pada dasarnya anda akan menemukan banyak sumber apabila mencari liputan mengenai pengertian teks eksposisi serta contoh teks eksposisi pada internet.
Dalam global pendidikan sendiri teks eksposis seringkali dijadikan soal dalam beberapa ujian sekolah dengan kata kunci pengertian teks eksposisi, jenis teks eksposisi, struktur teks eksposisi, dan tentunya model teks eksposisi itu sendiri. Dalam penggunaanya di dalam kehidupan sehari-hari teks eksposisi tak jarang dipakai buat memaparkan atau memberikan penjelasan mengenai suatu kejadian secara terperinci berdasarkan sudut pandang orang yg bercerita tadi.
Namunapa pengertian teks eksposisi, karakteristik-karakteristik, struktur kalimat dan contoh teks eksposisi? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Bagi anda yang telah menilik teks eksposisi tentunya sudah pemahaman tatabahasa indonesia yang baik dan sahih karena didalam merangkai atau mengarang teks eksposisi yg baik maka kita membutuhkan tatabahasa yg baik mulai berdasarkan pembendaharaan kata, teknik penyajian dan lain sebagainya, sebagai akibatnya bisa membangun penyajian liputan yang singkat, padat, jelas dan akurat. Dalam artikel ini anda akan mengusut lebih dalam mengenai pengertian,struktur kalimat, jenis dan contoh teks eksposisi.

Artikel Terkait : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia
Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur serta Contoh Teks Eksposisi
Seperti dalam judul pada atas kali ini kita akan membahas tentang teks eksposisi. Materi kali ini akan dibagi sebagai 4 bagian yakni: Pengertian terks eksposisi, Jenis teks eksposisi, Struktur teks eksposisi serta Contoh teks eksposisi itu sendiri. Untuk bisa tahu apa itu teks eksposisi maka simaklah artikel dibawah ini.
Pengertian Teks Eksposisi
Pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung sejumlah Pengetahuan dan keterangan yang tersaji secara singkat, padat, akurat serta tentunya mudah buat dipahami. Paragraf atau teks eksposisi bersifat real, konkret dan Ilmiah atau dapat dikatakan menjadi teks non fiksi.
Baca Juga : 3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan
Tujuan Teks Eksposisi
Teks eksposisi mempunyai tujuan untuk memaparkan atau menyebutkan sejelas-jelasnya mengenai sejumlah informasi tertentu pada para pembaca, sebagai akibatnya menggunakan membaca teks eksposisi maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.
Artikel Terkait : Teks Deskripsi (pengertian dan contoh)
Ciri-Ciri Teks Eksposisi
Sama misalnya teks pada umumnya, teks eksposisi mempunyai beberapa karakteristik-ciri generik teks eksposisi. Ciri-cici ini dipakai untuk membedakan dan memilih apakah sebuah teks tergolong pada teks eksposisi atau bukan. Ciri-karakteristik teks eksposisi merupakan sebagai berikut:
  • Menjelaskan berita atau pengetahuan tentang suatu hal
  • Gaya liputan yg bersifat mengajak 
  • Penyampaian menggunakan bahasa standar serta disampaikan secara lugas 
  • Bersifat netral atau nir memihak 
  • Fakta dipakai sebagai indera kontritasi serta indera donasi 
Struktur Teks Eksposisi
Struktur teks eksposisi umumnya terdiri dari 4 bagian utama yakni pembukaan, isi, argumentasi, serta penegasan ulang. Adapun penjelasan mengenai susunan teks eksposisi adalah menjadi berikut adalah:
  • Pembukaan : Struktur teks eksposisi yang pertama merupakan pembukaan atau acapkali diklaim menggunakan orientasi. Pada bagian ini kita akan melihat pandangan awal yg ditulis sang penulis mengenai sebuah permasalahan menggunakan rangkaian yg sangat relevan.
  • Isi (Thesis) : Thesis merupakan isi berdasarkan teks eksposisi yg berisi mengenai deretan pendapat orang lain yg dianggap lebih pakar terkait pertarungan dan pokok bahasan yang tengah dibahas. Untuk mengidentifikasi struktur teks eksposisi yg satu ini sangat mudah, kita bisa mengidentifikasi thesis dengan memperhatikan pemilihan ucapnya. Seperti model "berdasarkan penuturan" dan lain sebagainya.
  • Argumentasi : Argumentasi merupakan struktur teks eksposisi yang memuat tentang bukti bukti relevan yg mendukung thesis atau isi dari teks eksposisi ini. Umumnya argumentasi akan mengandung warta informasi relevan yg berkaitan menggunakan utama bahasan misalnya tanggal, latar, narasumber, serta penggunaan angka angka yg umumnya bersifat konkrit.
  • Penegasan ulang: Penegasan ulang memuat konklusi yg meliputi pembukaan, thesis sampai argumentasi yg disampaikan penulis yg tentunya disampaikan dengan bahasa yg berbeda dan lebih singkat.
Jenis-jenis Teks Eksposisi
Dalam pembahasannya teks eksposisi dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis teks eksposisi ini memiliki pengertian serta penggunaan yang tidak sama antara satu sama lain. Secara generik teks eksposisi bisa diklasifikasikan sebagai beberapa jenis diantaranya :
  • Teks Eksposisi gambaran : Menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk konkret menurut suatu inspirasi. Mengilustrasikan sesuatu yang memiliki kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.
  • Teks Eksposisi kabar : Memberikan informasi dari suatu kejadian, teks eksposisi ini sering dijumpai dalam berita atau surat berita.
  • Teks Eksposisi perbandingan : Menerangkan inspirasi atau gagasan dalam kalimat utama dengan metode perbandingan.
  • Teks Eksposisi proses : Berisi mengenai pedoman atau tata cara menciptakan sesuatu.
  • Teks Eksposisi definisi : Berisi tentang pengertian dari suatu obyek.
  • Teks Eksposisi kontradiksi, berisi pertentangan antara sesuatu obyek menggunakan obyek yg lain. Biasa menggunakan frasa penghubung “akan namun, meskipun begitu, sebaliknya.”
  • Teks Eksposisi analisis : proses memisah-misahkan suatu masalah berdasarkan suatu gagasan primer sebagai beberapa sub-bagian, Kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.


Contoh teks eksposisi : Hindari Cagub Pelaku Korupsi

Tesis :
Setiap daerah yg sedang melakukan pemilihan umun dalam memilih calon gubernur, maka wajib dilaksanakan secara tegas, ketat serta jujur. Calon gubernur yang baik wajib memiliki kriteria agar nir melakukan penyimpangan kekuasaan serta menjauhkan wilayah tersebut terhadap kasus yang relatif besar . Contohnya cagub tidak pernah terlibat pada kasus pelanggaran HAM juga korupsi. Apabila galat satu cagub terlibat kasus tersebut maka cagub dipercaya gugur. Hal tersebut dilakukan supaya dapat sebagai calon gubernur yg memiliki jiwa integritas dan tidak dapat menimbulkan perkara yang terkait. Setiap partai yang mecalonkan pilihannya sebagai cagub selalu mempunyai mekanisme tes kelayakan atau kecocokan. Namun setiap partai nir mempunyai kriteria yang sama. Walaupun demikian terdapat prinsip umum dalam menyeleksi setiap cagub.
Argumentasi :
Terdapat bukti bahwa poly parlemen pusat juga daerah yg melakukan tindakan korupsi. Setiap parpol berlomba lomba mencari kriteria cagub yang baik pada pemilihan generik karena bertujuan buat mencari jumlah bunyi yg paling banyak. Hal tadi dikemukakan sang Wakil Sekretarian Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu atau KIPP yang bernama Jojo Rohi.
Penegasan Ulang :
Setiap partai menetapkan kriteria baku yang jelas dan tegas mengenai siapa saja yg layak menjadi calon gubernur buat memimpin daerahnya masing masing. Dalam menetapkan cagub masih ada kriteria utama yg wajib dilakukan yaitu anti korupsi. Apabila salah satu cagub pernah terlibat kasus korupsi maka calon gubernur tadi dianggap gugur serta nir boleh diikutkan kembali. Cagub tadi jua harus memperhatikan kriteria bakal caleg yg baik serta moralitas yg baik juga. Untuk bakal cagub yg baik maka cagub tadi tidak pernah melakukan poligami. Namun kasus tentang pelanggaran HAM masih belum sanggup diatasi. Maka dari itu bakal calon cagub yg baik nir boleh terlibat menggunakan pelanggaran HAM.
Contoh teks eksposisi : Manfaat Tanaman Obat Sambiloto
Tesis :
Tanaman obat sambiloto suduh terkenal semenjak zaman nenek moyang terdahulu. Tanaman obat sambiloto ini memiliki khasiat buat menyembuhkan luka serta bisa bermanfaat buat kesehatan tubuh pula.
Argumetasi :
Dengan banyaknya khasiat yang terkandung pada tumbuhan ini maka poly sekali produk komersial yg dapat dihasilkan. Tetapi tidak poly pula orang yg mengetahuinya. Menurut beberapa peneliti poly sekali khasiat yg terkandung pada flora obat sambiloto ini. Manfaat tumbuhan sambiloto ini meliputi :
  • Tanaman obat sambiloto terdapat bagian yg bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan luka. Hal tadi dibuktikan dengan cepatnya penyebuhan luka dampak terbakar maupun cedera.
  • Tanaman obat sambiloto juga dapat menyembuhkan penyakit panas karena mengandung antiperetika bahkan dapat jua mengobati tekanan darah tinggi.
  • Jenis tumbuhan ini pula dapat berguna buat mencegah penyakit kanker seperti jenis penyakit trofoblas juga tumor paru.
  • Tanaman obat sambiloto pula bisa mengbati beberapa penyakit misalnya diare, malaria, gatal gatal, sakit perut, disentri basiler, tifoid serta sebagainya.

Penegasan Ulang :
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa flora obat sambiloto tidak hanya menyembuhkan luka namun dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh insan. Tidak terdapat efek samping yang disebabkan akibat tanaman ini karena bersifat alami. Tanpa anda ketahui bahwa alam menyediakan kebutuhan obat yg dibutuhkan sang tubuh.
Contoh teks eksposisi tentang Ekonomi

Tesis

Ekonomi Rakyat merupakan kata buat “kegiatann ekonomi rakyat banyak”. Jika dikaitkann dengan aktivitas pertanian, makaa yang dimaksut dengan aktivitas ekonomi masyarakat tersebut merupakan kegiatan pertaniann, maka yg dimaksud dengann aktivitas ekonomi rakyatt merupakan aktivitas ekonomii petani atau peternakan atau nelayan kecill, petani gurem, nelayann tanpa perahu, petani tanpa tanah serta lain sebagainya; dan bukan peternak akbar, MNC pertanian, perkebunann dan sejenisnya.

Argumentasi

Perspektiff lain berdasarkan ekonomi warga sendiri bisa juga dicermati dengan memakai perspektif jargonn:”ekonomi darii masyarakat, olehh masyarakat, serta untukk rakyat”

“Dari rakyat”, memiliki arti bahwa aktivitas ekonomi berkaitan dengan penguasaan rakyatt dan aksesibilitass masyarakat terhadapp sumber daya ekonomi itu sendiri. Rakyat menguasaii serta mempunyai hak atas sumberr daya buat mendukungg aktivitas produktiff serta konsumtifnya.
Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
“Oleh Rakyat”, adalah proses produksii dan konsumsi dilakukann dan diputuskann sang rakyat. Rakyat mempunyai hakk atas pengelolaann proses produktiff dan konsumtiff tersebut. Berkaitann dengann sumberdaya (produktiff dan konsumtif), rakyat mempunyaii cara lain buat memilihh dan menentuukan sistemm pemanfaatan, misalnya berapa banyakk jumlah yg wajib dimanfaatkann, siapa yg memanfaatkanya, bagaimana proses pemanfaatan, bagaimanaa menjaga kelestarian bagii proses pemanfaatan secara terjadwal, dan lain sebagainya. 

“Untuk rakyat”, merupakan rakyatt banyak merupakan ‘beneficiaries' utama darii setiapp kegiatann produksi dan konsumsii. Rakyat menerimaa manfaat, serta indikator berdasarkan manfaat yang paling primer adalahh kepentingan rakyatt.

Penegasan Ulang

Dalam hal inii butuh pulaa dikemukakann bahwa ekonomi rakyat sanggup berkaitan menggunakan siapa saja, dalam artii bahwa aktivitas transaksii bisa dilakukan jugaa menggunakan “non ekonomi rakyat”. Juga takk terdapat restriksi mengenai suatu besaran, jenis produkk, permodalan, sifat bisnis dan lain sebagainya. Ekonomii warga tidak ekslusif tetapii inklusif serta bersifat terbuka. Kendati demikian, sifat fundamentall diatas sudah pulaa membangun suatuu sistem ekonomi yangg terdiri menurut pelakuu ekonomii, norma, kesepakatan serta mekanismee transaksi, yang umumnyaa telah memfasilitasii ekonomii rakyatt untuk bisa bertahann hidup serta berkembangg sejalan menggunakan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnnyaa.

Itulah materi mengenai Pengertian, Jenis, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi yang dapat kita pelajari. Perlu diingat bahwa teks eksposisi merupakan teks yg bersifat memaparkan suatu insiden secara jelas sejelas-jelasnya. Contoh teks eksposisi sendiri terdapat banyak dan tak jarang berada disekitar kita tanpa kita sadari.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI