Pengertian Teks Narasi Ciriciri Jenis dan Contoh Paragraf Narasi Terbaru

Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, serta Contoh Paragraf Narasi - Teks narasi atau yang lebih dikenal dengan paragraf narasi merupakan suatu karangan cerita yg menyajikan serangkaian peristiwa peristiwa serta disusun secara kronologis sinkron dengan urutan waktunya. Umumnya karangan atau teks narasi diciptakan dengan tujuan buat menghibur pembacanya dengan pengalaman estetis melalui kisah serta cerita baik cerita itu bersifat fiksi juga nonfiksi.
Paragraf narasi dapat kita jumpai pada aneka macam karya tulis juga teks generik misalnya cerpen, novel, bahkan biografi sekalipun. Penggunaan narasi pada sebuah paragraf bisa diidentifikasi menggunakan melihat beberapa faktor khususnya alur cerita. Paragraf narasi memiliki alur cerita yang terkesan seperti suatu kronologis kejadian yang disusun secara berurutan menggunakan gaya bahasa seperti bercerita.
Contoh teks narasi atau paragraf narasi sebenarnya bisa menggunakan gampang kita temukan pada lebih kurang kita, Umumnya contoh paragraf narasi tadi masih ada pada cerita berupa perpen juga kisah-kisah dalam novel, romansa dan lain sebagainya. Tidak hanya dalam bentuk cetak saja, model model ini pula dapat berbentuk digital yg mampu anda cari di internet.
Paragraf narasi pada dasarnya termasuk penjabaran jenis teks narasi serta merupakan galat satu dari jenis-jenis teks pada bahasa indonesia. Dalam kancah pendidikan paragraf narasi dijadikan materi pembelajaran dan kerap kali munul pada soal ujian dengan istilah kunci: Pengertian teks narasi, Contoh teks narasi, Contoh karangan narasi serta lain sebagainya. Maka dari itu buen humorii kali ini akan menaruh penjelasan singkat mengenai paragraf narasi yg masih ada dalam karangan teks narasi.

Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, serta Contoh Paragraf Narasi
Untuk dapat tahu mengenai teks narasi maka simaklah penerangan dibawah ini tentang pengertian, karakteristik-ciri, jenis serta model karangan narasi.

Pengertian Teks Narasi dan Paragran Narasi
Paragraf atau teks narasi adalah sebuah teks yang tersusun dari beberapa paragraf yg menceritakan suatu peristiwa insiden serta disusun secara kronologis sesuai dengan urutan saat yang ditentukan. Umumnya paragraf narasi ini menceritakan kisah-kisah serta cerita karangan baik fiktif maupun non fiktif.
Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi
Ciri-Ciri Karangan Narasi
Sebuah teks bisa dikatakan menjadi suatu karangan narasi jika memenuhi ciri-karakteristik dibawah ini:
Isi teks atau karangan berisi tentang cerita, kisah dan insiden eksklusif yg dibentuk dari beberapa susunan paragraf menggunakan gaya bahasa naratif.
Cerita yang disampaikan mempunyai konologi atau urutan cerita yg kentara mulai berdasarkan awal cerita hingga akhir cerita.
Terdapat suatu insiden juga permasalahan.
Memiliki unsur-unsur pembentuk berupa tema, latar, setting, karakter, dan lain sebagainya.
Jenis Paragraf Narasi
Narasi Ekspositoris
Narasi ekspositoris merupakan jenis narasi dimana cerita disampaikan secara informatif serta kentara sehingga pembacanya dapat sahih-benar memahami dan engerti mengenai apa yang terjadi di dalam cerita.
Paragraf narasi ekspositoris bertujuan memperluas pengetahuan para pembacanya mengenai suatu cerita dan kisah yang ditulis berdasakan peristiwa peristiwa yang sebenarnya. Umumnya narasi ini berkisah tentang kehidupan seorang dari awal ia hidup sampai kematiannya. Narasi ekspositori sangat cocok buat menyusun teks biografi.
Baca juga: Pengertian serta Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya
Narasi Artistik
Pragraf narasi yg satu ini merupakan teks yang mengisahkan suatu rekaan cerita yang bersifat imajinatif pada pembacanya dengan menggunakan bahasa yang figuratif. Umumnya teks narasi sugestif bisa ditemukan pada karangan misalnya novel, cerita warga , cerpen dan lain sebagainya. Teks ini diciptakan buat memberikan pengalaman membaca secara estetis serta menghibur pembacanya.
Narasi Sugestif
Narasi ini menyuguhkan sebuah cerita menggunakan niat serta maksut tertentu yakni untuk meyakinkan pembaca atau memberikan sebuah sugesti tentang suatu hal.
Contoh Paragraf Narasi Singkat
Pada dasarnya masih ada poly sekali model peragraf narasi dalam sebuah teks. Tetapi aku akan menaruh dua model teks narasi yang disusun berdasarkan beberapa paragraf.
Perang Untuk Surabaya
Pada 10 November meledaklah perlawanan warga di kota Surabaya buat mengusir penjajah yakni Belanda dan sekutu-sekutunya dari tanah air ini. Perang ini bermula berdasarkan murka tentara inggris dampak tterbunuhnya pimpinan akbar mereka, yakni Jenderal Mallaby. Akhirnya ultimatum berdasarkan tentara inggris dikeluarkan serta ditujukan pada seluruh pejuang tanah air buat segera menyerah.
Bagi pejuang tanah air ultimatum tersebut dipercaya sebagai suatu penghinaan pada bangsa. Bukannya menyerah tetapi pejuan bangsa malah menciptakan milisi-milisi perjuangan buat menghadapi kebengisan tentara inggris yang akan menyerang.
Ketika mengetahui bahwa utimatumnya sudah ditolak mentah mentah, Tentara Inggris serta sekutu-sekutunya murka besar sampai dalam 10 November pagi mereka melancarkan sebuah agresi besar -besaran melalui jalur laut, darat bahkan udara dengan mengerahkan setidaknya 32.000 infantri dan artileri, pesawat terbang, kapal perang serta tank. Perang yg melanda kota surabaya dalam waktu itu memang sangat mengerikan. Terjadi pembunuhan dimana-mana. Pihak inggris memerangi serta membunuh pejuan tanah air begitu jua sebaliknya. Terjadi pengeboman yg menargetkan pangkalan serta tempat persembunyian para pejuang tanah air.
Dengan dipimpin oleh Bung Tomo, seorang pemuda yg berhasil membangunkan semangat juang para pejuang tanah air berhasil memukul mundur tentara inggris dan sekutunya. Perang yg terjadi pada kota Surabaya memakan waktu 3 hari lamanya namun dengan output yg sia-sia karena para pejuang tanah air berhasil mempertahankan kota tadi.
Namun selesainya 3 minggu lamanya menerima gempuran dari musuh akhirnya kota Surabaya berhasil ditakhlukan serta dikuasai sang tentara Inggris. Takluknya kota surabaya akhirnya membangkitkan semangat juang pembela diseluruh tanah air buat berjuang mengusir penjajah dari Indonesia.
Pertarungan di Pagi Buta
Masa itu, saat surya belum memunculkan sinarnya, ayam jago masih terlelap belum melakukan berkokok. Tetapi, pak yono sudah bangun dan keluar rumahnya. Dengan kulit keriput tipisnya memikul sebuah pacul pada bahu kanannya sedangkan tangan kirinya membawa keranjang besar mulai melawan dinginnya angin pagi yang seolah bisa membekukan udara sekalipun.
Ketika pak yono sedang mamacu langkahnya menuju sawah. Ia terhenti oleh sebuah tangisan kecil yang berasal dari seorang bayi. Dengan penuh rasa penasaran akhirnya pak yono mencari arah sumber suara tadi. Tidak sulit buat menemukan asal suara tangisan tadi karena keadaan masih tenang dan lengan. Tak usang lalu seseorang bayi mungil terlihat tergeletak disebuah pohon beringin nan besar . Dengan perasaan bimbang pak yono bertanya pada hati "Siapa ibu berdasarkan bayi ini?? Apakah saya wajib mengambilnya??".
Ketika hendak merogoh bayi tadi, berdasarkan belakang datanglah seekor harimau besar datang menerkam pak yono. Menyadari kedatangan harimau tadi pak yono akhirnya menghindar dan berhasil lolos berdasarkan terkaman sang harimau. Ternyata selain mengundundang kedatangan pak yono, tangisan bayi tadi jua memancing kedatangan seekor harimau. Nampaknya harimau itu lapar lantaran menatap bayi dengan sangat tajam.
Pak yono hanya memiliki sebuah cangkul buat mempertahankan nyawanya. Dengan penuh rasa takut dia mengayunkan cangkulnya berharap dapat menakuti harimau. Namun harimau berbalik menyerang pak yono. Terkaman harimau yg cepat nir dapat diihindari pak yono, akhirnya dia terluka dan jatuh tersungkur ke tanah. Saat harimau hendak menerkam balik dengan sigap pak yono mengambil cangkul yang ada disampingnya dan diayunkan sekuat tenaganya ke arah harimau. Tanpa diduga, Ayunan cangkul pak yono berhasil menyobek perut oleh harimau.
Setelah harimau mangkat akhirnya pak yono membawa bayi pergi dan mengangkatnya menjad anak.
Itulah materi tentang Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, serta Contoh Paragraf Narasi yg dapat aku sampaikan dalam kesempatan kali ini. Untuk pengertian jenis dan model teks lain selain teks narasi dapat anda temukan dalam arsip blog sebelumnya. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI