PengertianKeunggulan dan Standar Teknologi 5G dari METIS Terbaru

Serba definis kali ini akan membahas tentang teknologi jaringan 5G. Dalam kesempatan ini kita akan mengungkapkan apa itu teknologi 5G, kemudian diikuti dengan keunggulan teknolgi 5G.
Dunia telah melihat banyak perubahan dalam ranah komunikasi. Hari ini kita nir lagi menggunakan sambungan telepon rumah. Setiap orang memiliki ponsel yg berfungsi 24 jam sehari. Disamping itu handset kita tidak hanya membuat kita tetap terhubung menggunakan orang-orang tetapi berfungsi pula sebagai layanan entertain.
Dari  teknologi 1G sampai dua.5G serta dari 3G sampai 5G dunia telekomunikasi ini sudah melakukan sejumlah pembaharuan seiring menggunakan peningkatan kinerja setiap harinya.
Teknologi 5G dipertimbangkan untuk menjadi jaringan lengkap buat wireless mobile internet yg mempunyai kemampuan buat memperlihatkan layanan buat mengakomodasi persyaratan potensial aplikasi tanpa mengurangi kualitasnya. Tujuan akhir berdasarkan 5G merupakan merancang dunia nirkabel sejati, yang bebas menurut rintangan generasi sebelumnya.

Apa Itu Teknologi 5G ?

Teknologi 5G merupkan suatu kata yang digunakan buat mendeskripsikan generasi teknologi jaringan mobile kelima yg akan sebagai ekspresi dominan kedepan. Saat ini, 5G tidak memilih ke tipe teknologi tertentu. Ketika 4G memiliki sinonim menggunakan LTE (Long Term Evolution), belum terdapat baku jaringan 5G yg disepakati beserta. Namun, beberapa teknologi pendukung sepertinya sudah mulai bermunculan. Jika dibandingkan dengan koneksi 4G, kualitas utama dari jaringan 5G adalah kecepatannya jauh di atas 4G. Kecepatannya akan jauh lebih cepat dibandingkan jaringan yg terdapat waktu ini.
Dugaan tentang kecepatan jaringan 5G muncul beragam, namun beberapa pemain kelas kakap industri ini menggambarkan tentang pada mana posisi 5G. Memiliki kecepatan yg luar biasa, teknologi 5G lebih “smart” serta lebih hemat daya dibandingkan dengan teknologi 4G, membentuk lebih poly perangkat nirkabel (wireless). 5G dicanangkan akan mampu membangun lebih poly smartphone menggunakan koneksi kencang, lebih poly perangkat smarthome, dan perangkat nirkabel yg lebih tahan lama . Untuk publikasinya, diperkirakan awal peluncuran 5G ini akan mulai pada tahun 2018 mendatang.


Keunggulan Teknologi 5G

Teknologi 5G belum bisa dipastikan misalnya apa keunggulan dan kekurangannya lantaran saat
ini hal itu masih berupa konsep.namun menurut konsep-konsep yg diciptakan tersebut, terdapat
beberapa konsep yang menjadi tujuan primer berdasarkan teknologi 5G, yaitu:
  • Kecepatan data yang lebih signifakan berdasarkan 4G.
  • Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain menggunakan kecepatan satu mili dtk.
  • Dapat terkoneksi dengan alat misalnya telepon, kendaraan beroda empat, serta alat-alat tempat tinggal tangga.

Teknologi 5G diprediksi mempunyai kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat berdasarkan kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan buat mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik

Standarisasi 5G menurut METIS

Mobile and wireless communications Enablers for Twenty-twenty (2020) Information Society (METIS), merupakan salah satu project konsorsium buat standarisasi teknologi 5G, pendekatan teknologi ini berbasis berdasarkan evolusi teknologi yang telah terdapat buat dibuat sebagai konsep radio baru, berikut konsep yg dikembangkan dari METIS : Massal MIMO, Ultra Jaringan Padat, Jaringan Bergerak, Perangkat ke Perangkat, Ultra kehandalan, serta Massal komunikasi antar mesin.
Perkembangan sosial masyarakat telah berkembang pada komunikasi jaringan nirkabel. Beberapa jenis lalyanan komunikasi misalnya e-banking, e-learning, e-health dan lain-lain telah mendorong banyak sekali teknologi buat mengakomodasi. Tidak sampai disana, permintaan masyarakat terhadap perkembangan informasi data dan hiburan (streaming) menjadi hal yg absolut saat ini, sebagai akibatnya kualitas layanan nir bisa diabaikan begitu saja oleh pengelola operator telekomunikasi.
Lebih jauh akan diprediksi bahwa manusia akan menjadi sentra informasi itu sendiri (human-centric), menggunakan menggunakan perangkat komunikasi yg menyebabkan komunikasi antar mesin semakin semakin tinggi. Istilah lain yang lebih populer adalah Internet of Things (IoT), yang memiliki prinsip lebih efisien, lebih nyaman serta lebih kondusif. Diperkirakan total pengguna yg terhubung menggunakan perangkat lebih kurang 50 milyar pada tahun 2018.


Roadmap 5G oleh METIS

METIS menggambarkan mengenai teknologi 5G ditinjau berdasarkan penyerapan pasar, kondisi sosial rakyat, di sisi teknikal, serta kemampuan ekonomi dibagi menjadi :
  • Komunikasi Perangkat ke Perangkat. 
  • Massive Machine Communication (MMC)
  • Moving Networks (MNs).
  • Ultra Dense Network (UDNs).
  • Ultra-reliable Communication (URC)

Referensi
1.//pmb.st3telkom.ac.id/id/teknologi-5g-tahukah-kamu/
2.//studymafia.org/wp-content/uploads/2016/08/CSE-5G-Technology-Report-PDF.pdf
3.//hudathree.blog.st3telkom.ac.id/wp-content/uploads/sites/642/2016/01/PAPER-SISKOM-5G.pdf

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru