Penipisan Pada Lapisan Ozon Bumi

Pada mulanya permukaan bumi, terdapat suatu lapisan gas yg dinamakan menjadi lapisan ozon. Lapisan ozon ini mula dikenali sang seorang ilmuwan asal Jerman dan namanya merupakan Christian Friedrich Schonbein dalam tahun 1839. Lapisan ozon ini pula wujud pada antaranya lapisan Stratosfer dan Mesosfer dan yang terletak pada antara 15 hingga 35 kilometer berdasarkan permukaan bumi. 
Ozon tadi terbentuk menurut 3 oksigen (O3 ). Ia adalah gas yang nir berwarna serta juga tidak beracun jika dia berdekat pada bagian atas bumi. 

Apabila ozon dihisap, beliau akan dapat hinggap paru-paru. Namun, jumlah kandungan ozon pada bumi adalah sangat sedikit. Walaupun jumlah molekul adalah sangat sedikit, ozon tadi merupakan lapisan pelindungan primer bumi menurut bahaya sinar radiasi  berdasarkan Ultra Violet (UV) yang telah dipancarkan oleh surya. 
Lapisan ini pula sangat penting kerana lapisan ini juga dapat menyerap beberapa radiasi UV menurut surya serta melindungi  aneka macam radiasi yang tinggi hingga ke pada bagian atas bumi. 
Radiasi UV ini jua merupakan energi panas yg dari dari mentari . Jenis radiasi ini bisa diklasifikasi berdasarkan berdasarkan panjang gelombangnya. Ia pula bisa diukur dalam unit nanometer (nm). Bagi radiasi yang memiliki panjang gelombang yg sangat pendek, ia juga mempunyai beberapa energi yg akbar. 
 
Oleh itu, radiasi UV yang memiliki jeda gelombang juga pendek ini bisa Mengganggu semua kehidupan dalam bumi. Jadi, lapisan ozon ini akan berfungsi menjadi pelindung bumi dari dalam kemusnahan radiasi  ultra UV sebelum dia sampai ke bagian atas bumi serta bisa Mengganggu kehidupan bumi. 
Selain itu juga, lapisan ini jua mampu mensugesti suhu bumi. Semakin menipis lapisan ozon, meningkat jua suhu pada dalam bumi kerana lebih poly radiasi UV yg telah memasuki ke pada bumi. 
Penipisan lapisan ozon ini jua berlaku karena disebabkan gas protesis manusia, yaitu kloroflorokarbon (CFC). CFC ini  jua merupakan penyebab primer dari penipisan lapisan ozon dan ia jua yak digunakan pada kehidupan masyarakat serta  perindustrian kini terutamanya pada kilang-kilang elektro. 
Banyak peralatan pula dapat melepaskan gas CFC ini ke dalam udara, contohnya misalnya kulkas, hawa dingin, bahan dorong dan penyembur serta lain-lain. 
Gas CFC yang akan dilepaskan akan naik ke atas lapisan ozon. Pada mulanya, CFC ini jua akan disinar oleh radiasi UV dan lalu molekul CFC akan menyerap beberapa tenaga yg mencukupinya agar terurai serta melepaskan 1 atom klorin. 
Atom klorin yg terlepas ini jua akan beranjak-mobilitas di dalam lapisan ozon serta memusnahkan lapisan ozon. 
Atom klorin ini akan bereaksi menggunakan ozon serta ia juga akan memecahkan ozon(O3) kepada oksida(O) serta oksigen(O2). Oleh itu, kandungan ozon akan sebagai sangat berkurang manakala kandungan oksida dan oksigen menjadi semakin meningkat jua. 
Inilah yang dinamakan proses yg membuat penipisan lapisan ozon dan lubang ozon dalam bumi. Oleh itu, beberapa langkah yang efektif yg  harus dijalankan buat mengatasi  hal tadi dan menghalangkan lapisan ozon akan terus diancam. Antaranya adalah penguatkuasaan undang-undang Akta Kualiti Alam Sekitar 1974. 
Selain itu jua, langkah-langkah lain sanggup diambil misalnya menggunakan tenaga alternatif, menjalankan sebuah projek penghutanan semula,dan  mengurangkan pembakaran terbuka, mengurangkan ujian energi nuklir dan lain-lain. 

Baca Juga : Irigasi sprinkler yang modern

Jadi Kesimpulannya, seluruh insan haruslah memandang serius kasus ini. Kita haruslah berupaya buat menjaga  serta bekerjasama buat mengurangkan atau mencegah penipisan lapisan ozon supaya generasi  berikutnya dan yg akan datang bisa mewarisi alam kurang lebih yg baik.
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru