Penjelasan Bola Api terbang Alias Braja saat Malam Tahun baru 2018

Di jakarta ada yang unik waktu malam perayaan tahun baru 2018 yang kemudian. Beberapa saksi mata menyaksikan adanya bola barah terbang alias braja. Braja sebenarnya adalah sebutan rakyat jawa pada dulu kala yang kerap melihat api terbang yg merupakan bentuk berdasarkan ilmu hitam yang dikirimkan sang seorang dukun pada orang eksklusif.
Lalu bagaimana dengan bola api terbang pada malam tahun baru? Apakah ini pula termasuk galat satu bola barah ilmu hitam alias teluh tenung santet dan sebagainya?
Penampakan titik bola barah pada Bedahan, Depok (VIVA.co.id/Zahrul DarmawanZahrul Darmawan (Depok))
Warga Depok khususnya di tempat Bedahan, Sawangan dalam akhir tahun memiliki kebiasaan tidak sinkron. Warga menjelang tengah malam berkerumun pada daerah permakaman Bedahan menunggu kemunculan bola barah yang diklaim braja barah.
Pada pergantian malam tahun baru, pantauan VIVA.co.id masih ada ribuan masyarakat pada area permakaman Bedahan. Bola api sendiri dipecaya hanya timbul pada tahun baru. Fenomena itu sudah berulang kali terjadi.
"Dari dulu memang begitu. Orang sini enggak terdapat yg tahu menurut mana berasal munculnya. Tapi tiap malam tahun baru niscaya muncul," istilah Hamdi, galat satu warga yg berkumpul pada tempat Bedahan Depok dalam Kamis malam, 31 Desember 2018.
Dia berkata wilayah itu awalnya adalah setu atau danau yang diklaim setu gugur atau setu gagal.
Beberapa usang lalu menjelang mnt pergantian tahun ada penampakan bola-bola api. Setidaknya terdapat 3 bola api yg tampak di langit malam. Warga kemudian terdapat yang berteriak histeris. Tetapi sebagian besar sibuk mengabadikan momen itu menggunakan kamera ponsel mereka.
"Itu sih kembang api, masak iya benda mistik mampu ditentukan waktu keluarnya," kata Edwin yg jua turut menyaksikan.
Sebagian rakyat mempercayai bola mistik tersebut berkaitan dengan praktek santet.
Sementara itu aparat Kepolisian setempat semenjak malam harinya telah berjaga pada kawasan permakaman Bedahan. Kapolsek Sawangan Komisaris Nurhayati menyampaikan daerah yg sebagai titik kumpul rakyat wajib menjadi perhatian pengamanan. Antusiasme rakyat menurutnya masih tinggi soal bola api tersebut.
"Yang jelas kami disini hanya menjalankan tugas jangan hingga terjadi hal-hal yg tak diinginkan," istilah Komisaris Nurhayati.
Sekarang mari kita selidiki apa sebenarnya bola api yang menyala di langit jakarta ini?
kemungkinan memang terdapat poly, akan tetapi mari kita persempit saja, pertama kembang api, kedua ini merupakan lampion.
Kalau kemungkinan pertama, kembang api, cita rasanya langka pula ada kembang barah yang berbentuk bulat begitu? Jadi saya pikir ini merupakan lampion terbang. Dalam agama warga tionghoa, terdapat semacam kepercayaan , beberapa doa ditulis dalam lampion lalu diterbangkan ke langit menuju ilahi. Saya kira ini adalah penerangan yg paling lumrah menurut bola barah terbang ini.
Momen tahun baru ini mungkin poly yg memanjatkan doa supaya pada tahun 2018 segalanya berjalan lebih baik. Atau sekekar bersenang senang memeriahkan suasana malam tahun baru dengan menerbangkan lampion terbang.
Ini videonya lampion terbang.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI