Penjelasan Kenapa Orang Indonesia Pendek dan Orang Bule Tinggi

Sudah bukan rahasia lagi, jikalau orang indonesia memiliki ukuran tubuh yg lebih pendek berdasarkan pada bule. Perbedaan tinggi fisik ini sebenarnya bukan cuma antara bule serta indonesia saja, tetapi secara generik, orang asia memiliki postur tubuh lebih pendek berdasarkan pada orang-orang yang tinggal pada belahan bumi barat, seperti eropa, timur tengah, serta amerika. Lantas kita bertanya-tanya apa yg mengakibatkan tubuh orang orang asia begitu pendeknya apabila dibandingkan dengan orang eropa sana?

tinggi orang eropa vs indonesia
Sebagai informasi pembanding, tinggi pesepakbola top dunia lionel messi merupakan 169cm. Dan bila kita melihat atau menonton Messi bertanding pada televisi, ternyata Lionel Messi adalah pemain dengan tubuh paling pendek bila dibandingkan dengan para pemain lainya. Sementara apabila Messi bermain dengan sekumpulan pemain indonesia, mampu dipastikan Messi telah masuk kedalam golongan pemain dengan tubuh paling tinggi, atau minimal rata2.
Dan memang begitulah faktanya, ibarat kata, Messi dengan tinggi 169cm, apabila diindonesia perbandinganya merupakan andik vermansyah yang mempunyai tubuh 160cm. Sebab rata2 tinggi orang eropa adalah 170-190cm. Diatas 190cm, sudah termasuk sangat tinggi. Seperti zlatan ibrahimovic yg mempunyai tinggi badan 192cm. Sedangkan rata2 tinggi badan orang asia (indonesia) adalah 163-175cm. Diatas 175cm sudah termasuk sangat tinggi, serta dibawah 163cm, telah termasuk pendek.
Faktor Makanan
Kalau berbicara fisik, kentara kaitanya no 1 merupakan genetika. Namun genetika jua tidak serta merta tiba begitu saja. Sebut saja orang asia pendek karena diturunkan menurut orang tua. Lantas orang tua pendek datang berdasarkan mana? Tentu hal yg paling terkait dengan ini merupakan faktor makanan. Apa yg orang asia makan kentara tidak sinkron menggunakan yg orang eropa makan sehari-hari. Jika kita perhatikan, menu-menu masakan eropa serta amerika umumnya tinggi protein. Seperti daging, roti gandum, keju dan sejenisnya.

masakan eropa yang kaya daging sayuran dan sedikit karbohidrat
Menu makanan orang eropa, amerika serta timur tengah umumnya, hanya sedikit karbohidrat, yakni roti serta mungkin sedikit kentang dan jagung. Namun dagingnya seabrek. Berbeda menggunakan makanan asia yakni lebih banyak karbohidratnya, sedangkan proteinya sanggup dibilang kurang, atau bahkan sangat kurang. Makan daging mungkin setahun sekali pas lebaran haji.

Makanan indonesia yang kaya karbohidrat sedikit protein
Sedangkan faktor pertumbuhan fisik manusia kentara, yg menciptakan tumbuh kembang tubuh adalah protein. Protein yang menciptakan massa otot, tulang (rangka) sampai mempengarungi manusia itu tinggi atau pendek. Sedangkan fungsi karbohidrat merupakan buat energi, energi akan cepat terbakar habis sehabis dimakan, serta wajib diisi lagi beberapa jam lalu. Sedangkan bila protein, serta lemak lebih lambat terbakar, dan mampu disimpan menjadi cadangan kuliner bila tidak dibutuhkan buat pertumbuhan.
Faktor Lingkungan
Lalu selanjutnya ayo kita pelajari kenapa orang eropa lebih poly makan protein ketimbang orang asia yg lebih poly makan karbohidrat? Jawabanya adalah lantaran lingkungan dimnaka kita masing masing  tinggal. Eropa adalah sebuah daratan yang keras serta tandus. Kalau panas ya panas banget berupa gurun pasir. Kalau dingin ya menusuk hingga turun salju. Di eropa, timur tengah, serta amerika dan sebagian asia utara misalnya rusia tanaman sulit tumbuh. Karena isu terkini yg keras serta tidak bersahabat.

cuaca eropa yg tandus
Akibat menurut dalam kondisi alam ini, manusia2 disana bertahan hidup tidak dengan memakan tumbuhan (karbohidrat) tapi lebih berdasarkan berburu. Kondisi alam yg keras inilah yg mengharuskan manusia insan eropa mengkonsumsi daging (protein) buat bertahan hidup. Kalaupun ada karbohidrat ya tidak sebanyak pada asia, hanya kalau cuaca dan iklim sedang bersahabat. Dan umumnya karena karbohidrat yg langka, penduduk eropa membuahkan karbohidrat olahan seperti roti gandung, roti jagung dll.
Berbeda dengan asia, mulai dari utara seperti cina, jepang, thailand, vietnam, hingga ke khatulistiwa seperti philipina, malaysia apalagi indonesia, flora sangat gampang sekali tumbuh. Kalau kita acapkali mendengar lagu, orang bilang tanah kita tanah surga , tongkat kayu serta batu jadi tumbuhan. Begitulah suburnya tanah asia lebih2 tanah indonesia. Maka bercocok tanam karbohidrat sangat gampang. Jika kita perhatikan, di asia rata2 makanan utama merupakan nasi, yg mana ini pembuat 100% karbo. Lantaran suburnya tanah inilah yang berakibat orang asia tidak perlu repot-repot berburu daging buat bertahan hidup sebagai orang eropa.

dan inilah indonesia yg populer akan kesuburanya
Dampaknya tentu saja jelas kan, daging pembuat protein yg membangun tubuh sementara karbihidrat penghasil energi. Logika kita tentu telah dengan sangat sederhana mampu menyebutkan kenapa orang asia lebih pendek menurut dalam orang eropa. Maka jikalau anda pernah menggunakan ceramah caknun, orang indonesia ini sesungguhnya hidupnya terlalu lezat , lingkunganya lezat makanya lemah. Tak sebagaimana orang orang eropa, rusia yang ditempa oleh lingkungan yg begitu keras untuk bertahan hidup. So, kalau anda pengen tinggi, coba deh, pilihan menu makanan sehari2nya diubah, lebih banyakin protein ketimbang karbohidrat.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI