Pentingnya Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Lingkungan Masyarakat Terbaru

Menghargai serta Melaksanakan Hak dan Kewajiban asasi dalam Lingkungan Masyarakat - Seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa seluruh warga Indonesia harus menghargai, menghormati dan melaksanakan hak asasi serta kewajiban pada bermasyarakat. Ketentuan akan hak serta kewajiban ini tertera pada UUD 1945 pasal 28J yg berbunyi "Setiap masyarakat negara harus menghormati hak asasi manusia orang lain pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara". Maksud menurut pasal ini merupakan menjadi rakyat negara sekaligus anggota rakyat kita diharuskan buat menghormati dan menghargai hak-hak asasi orang lain dan melaksanakan kewajiban kita menjadi masyarakat negara sebelum menuntut hak langsung.
Pada dasarnya sebagai manusi yg berakhlak memang seharusnya kita menghormati dan menghargai hak-hak manusia lainnya. Meskipun kita jua memiliki hak yg sama besar dengan orang lain, namun hak yg kita miliki tadi tetaplah dibatasi sang hak-hak orang lain.
Selain menghargai serta melaksanakan hak asasi kita pula diwajibkan buat melaksanakan kewajiban sebagai anggota masyarakat sekaligus masyarakat negara. Apa saja kewajiban warga negara? pada dasarnya kewajiban masyarakat negara adalah buat membela bangsa serta negara berdasarkan ancaman yg datang. Disamping itu kita jua diwajibkan buat taat dan patuh terhadap norma-kebiasaan serta aturan yg berlaku pada negara kita termasuk norma dan aturan buat menghormati, menghargai dan melaksanakan hak serta kewajiban asasi manusia dalam lingkungan rakyat.

Umumnya sikap acuh terhadap aplikasi hak serta kewajiban asasi akan menunjuk dalam pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM sendiri merupakan tindakan yg bisa diklasifikasikan kedalam tindakan kriminal serta pelakunya dapat mendapatkan sanksi penjara maupun denda . Untuk menanggulangi hal semacam ini pemerintah telah membangun badan spesifik untuk melindungi hak asasi manusia (Komnas HAM).

Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia
Pengertian menghargai serta melaksanakan hak dan kewajiban asasi insan memiliki arti bahwa disamping menjalankan serta melaksanakan kewajiban sebagai warga serta warga negara maka kita juga dituntut buat menghormati sekaligus menghargai hak asasi manusia yg dimiliki setiap orang karena sekalipun kita mempunyai hak asasi yg sama tetapi tetap saja hak asasi yg kita miliki mempunyai batasan batasan tertentu yg tidak bisa dilanggar.
Contoh Sikap Menghargai dan Menghormati Hak Asasi Manusia pada Lingkungan Masyarakat
Contoh perbuatan atau tindakan yang mencerminkan perilaku menghormati serta menghargai hak asasi insan dalam lingkungan masyarakat adalah sebagai berikut:
  1. Menghormati adanya perbedaan antar teman.
  2. Memberikan kesempatan pada sahabat yg tidak selaras agama untuk melakukan ibadah.
  3. Menghargai dan mengapresiasi karya orang lain.
  4. Tidak menjiplak karya orang lain.
  5. Menghargai disparitas pendapat dalam diskusi.
  6. Menumbuhkan sikap toleransi dalam kehidupan pada masyakarat

Contoh Sikap Melaksanakan Kewajiban Dalam Lingkungan Masyarakat
Melaksanakan kewajiban adalah langkah awal sebelum kita pada meminta hak-hak kita. Sebagai seseorang rakyat negara serta anggota lingkungan rakyat kita diwajibkan untuk melaksanakan kewajiban kita. Kewajiban tadi antara lain:
  1. Membela bangsa serta Negara menurut ancaman yg asal berdasarkan luar.
  2. Taat kepada kebiasaan serta anggaran yg berlaku.
  3. Tidak melanggar kebiasaan serta aturan.
  4. Melaporkan tindakan kriminal yg terjadi pada warga .
  5. Menengok tetangga atau teman yg sakit menjadi tindakan simpatik.
  6. Mengabdi pada rakyat dan negara.
  7. Melaksanakan tugas sempurna waktu.

Pada dasarnya terdapat banyak sekal contoh tentang aplikasi hak dan kewajiban insan dalam lingkungan rakyat. Hak dan kewajiban ini telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 dan adalah panduan buat hayati rukun dalam rakyat.
Sekian artikel kewarganegaraan yang membahas mengenai pengertian dan contoh menghargai dan melaksanakan hak serta kewajiban manusi kali ini. Selalu jangan lupa bahwa sebelum meminta hak kita wajib mendahulukan kewajiban terlebih dulu. Terimakasih

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru