Penyebab Baby Boom Indonesia 1950

Saat ini jumlah penduduk Indonesia meningkat tajam dan berada pada angka 250 jutaan. Tapi tahukah kamu bahwa semenjak kapan pertumbuhan penduduk Indonesia melonjak tajam?.  Sebenarnya sebelum era kemerdekaan, jumlah penduduk Indonesia masih kategori sporadis. Pertambahan penduduk mulai tidak terkendali sejak adanya fenomena Baby Boom pada tahun 1950an. Mengapa Baby Boom terjadi di Indonesia pada tahun 1950an?. Berikut ini analisa sejarahnya:

Pada tahun 1950an, Indonesia baru saja mengawali era kemerdekaannya. Negara dalam masa itu hanya fokus dalam bisnis memertahankan kemerdekannya sebagai akibatnya perkara kependudukan masih belum menjadi fokus primer program pemerintah. Keadaan politik yg masih belum stabil ditambah masih adanya pencaplokan militer menciptakan negara tidak terlalu memikirkan perkara penduduk. 
Pada masa ini, ideologi rakyat juga masih tradisional yaitu menganggap bahwa banyak anak banyak rezeki. Oleh karena itu banyak keluarga yang masih belum mapan secara ekonomi memiliki anak yg banyak.

Pada awal kemerdekaan ini jumlah penduduk Indonesia masih jarang serta nir nampak adanya kepadatan penduduk yang tinggi. Lahan-huma masih luas dan terhampar.

Laju pertambahan penduduk tadi ternyata masih berlangsung sampai sekarang tetapi hanya diperkecil beberapa persen saja yaitu menjadi 1,lima %-2% per tahun. Pertambahan penduduk Indonesia yang tinggi terlihat dalam tahun-tahun berikut :tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa, dalam tahun 1980 menjadi 146,9 juta jiwa, dalam tahun 1990 menjadi 178,6 juta jiwa, tahun 2018 sebesar 203,lima juta jiwa, dan pada tahun 2018 telah sebagai lebih berdasarkan 230 juta jiwa. Selain itu, acara KB belum sepenuhnya berhasil. Program KB berhasil di beberapa tempat tetapi pada loka lain KB belum terlaksana dengan baik misalnya didaerah pedesaan yg jauh berdasarkan lingkungan kota dan desa yg berada di wilayah pedalaman.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI