Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim Terbaru

Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim - Alasan Indonesia dianggap sebagai negara maritim mengacu pada julukan Indonesia adalah negara kepulauan terbesar pada dunia. Keunikan tersebut diimbangi dengan ragam budaya dan suku bangsa Indonesia. Alam Indonesia juga dipenuhi dengan hutan hujan, persawahan, daerah perairan dan lain sebagainya.
Selain dijuluki menjadi negara agraris yang notabennya sebagai penghasil padi serta masih ada banyak daerah persawahan, Indonesia dijuluki menjadi negara maritim yg secara pengertian adalah negara kepulauan yang mempunyai daerah bahari dan perairan yang luas hampir sama menggunakan daerah daratan.

Sebelum memahami apa alasan serta penyebab indonesia dianggap sebagai negara maritim terlebih dahulu kita wajib tau mengenai pengertian dan hakekat negara mariti tadi terlebih dahulu. Adapun pengertian negara maritim menurut para pakar merupakan menjadi berikut:
  • Negara maritim merupakan sebuah negara yg mempunyai tempat teritorial laut yang luas.
  • Negara maritim umumnya berbentuk kepulauan atau negara yg mempunyai poly pulau.
  • Negara maritim adalah satu negara yang mempunyai banyak sekali kekayaan alam dalam kekuasaan bahari yang cukup luas.
  • Negara maritim merupakan negara yang secara geografis dikelilingi sang wilayah perairan serta bahari.
  • Maritim memiliki pengertian wilayah laut. Penduduk Negara maritim umumnya berprofesi menjadi nelayan.
Hakekat dan konsep negara maritim merupakan menggunakan segala asal kekayaan laut buat kepentingan serta kesejahteraan masyarakat.

Baca jua:Cara Penulisan Daftar Pustaka yg Benar Beserta Contohnya
Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim
Indonesia dianggap negara maritim yang secara geografis mempunyai wilayah teritorial perairan dan laut lebih luas bahkan melebihi dearah serta teritorial darat. Berdasarkan pernyataan tadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa negara maritim adalah negara yang menyandang status negara kepulauan. Untuk menjawab pertanyaan kenapa indonesia disebut sebagai negara maritim mengacu pulang dalam pengertian bahwa indonesia adalah negara kepulauan terbesar pada global yg secara geografis memiliki dua/3 teritorial laut dan hanya memiliki 1/tiga wilayah daratan.
Baca jua: Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Militer, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Ideologi
Sebagai konsekwensi dianggap sebagai negara maritim, maka Indonesia harus sanggup menyebarkan segala kegiatan pada bidang pelayaran. Hal ini ditimbulkan lantaran galat satu sektor penunjang perekonomian pada Indonesia adalah sektor pelayaran dan perikanan. Karena Indonesia berada pada letak geografis yg strategis yakni berada pada garis khatulistiwa serta diapt sang 2 lautan dan dua benua maka Indonesi mempunyai kekayaan alam laut serta potensi akbar pada bidang pelayaran serta perairan.
Untuk memahami efek dan impak Indonesia dilintasi garis khatulistiwa dan diapit sang dua benua menggunakan negara maritim maka simaklah artikel sebelumnya yg berjudul Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan
Dalam menciptakan serta mengelola bebagai sumberdaya maritim pada atas diharapkan adanya pemahanan akan pentingnya kearifan lokal. Kearifan sendiri berasal dari istilah standar yakni arif yg berarti kebijaksanaan, paham, ilmu, pandai dan sebagainya. Berdasarkan pengertian tadi, Dalam rangka buat mengelola alam dan lingkungan. Tidak hanya pada waktu singkat tetapi implikasi ini pula dalam jangka saat panjang.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara martim yg maju harus diimbangi menggunakan pembangunan di aneka macam daerah menggunakan tanpa menghilangkan unsur unsur kebudayaan wilayah tersebut. Untuk melakukan pembangunan usahakan meninjau kondisi sosial dan budaya terlebih dahulu sebagai akibatnya sumber daya bisa dikelola tanpa merugikan warga serta masyarakat sebagai akibatnya dapat memajukan taraf perekonomian daerah tadi dan negara itu sendiri.
Karena Indoensia adalah negara martim maka hal ini menyebabkan ragam budaya dan sosial, hal ini jua mengakibatkan persebaran tumbuhan serta hewan yang tidak sama tiap wilayahnya. Hal ini telah kita bahas sebelumnya pada Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia
Indonesia sebagai negara maritim, hal ini dikarenakan pada Indonesia didominasi oleh perairan dan samudera berdasarkan pada daratan. Hal inilah yang menyebabkan indonesia mempunyai budaya kemaritiman yang bertenaga, rakyat umumny juga berprofesi sebagai nelayan, pelaut dan pelayaran yg notabennya memanfaatan wilayah teritorial laut.
Baca jua: Komponen Peta Dan Penjelasannya
Karena Indonesia mempunyai budaya kemaritiman yang bertenaga maka segala pembangunan yg dilaksanakan Indonesia wajib mempunyai paradigma kemaritiman. Maksud menurut kalimat tadi adalah maritim sebagai sebuah pusat pembangunan bangsa Indonesia itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pembangunan bersifat maritim berkelanjutan yg didesain pihak pihak terkait seperti pemerintah. Adapun model pembangunan tersebut misalnya:
Penangkapa ikan secara alami.
  • Melestarikan derah pesisir pantai.
  • Mengelola energi serta sumber daya bawah laut dengan AMDAL atau "analisa mengenai dampak dan lingkungan".
  • Membangun pusat penangkaran serta pelestarian biota alam bawah bahari.
  • Membangun sektor pariwisata pada bidang laut.
Namun secara realita banyak penelitian mengungkap tentang konduite nir etis seperti pengkapan ikan dan pemanfaatan sumberdaya menggunakan peralatan yang berpotensi bisa Mengganggu alam dan lingkungan bawah bahari. Hal ini dikarenakan sifat insan yg ingin serba mudah serta instan. Adapun beberapa alat yang digunakan dan berpotensi menghambat lingkungan adalah
  • Racun sianida.
  • Bom ikan.
  • Bom racun.
  • Dan lain sebagainya.
Itulah artikel kali ini yg membahas mengenai alasan penyebab indonesia dianggap negara maritim yg dapat saya sampaikan. Indonesia dianggap menjadi negara maritim bukan tanpa alasan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki daerah teritorial perairan dan laut yg luas menggunakan sumber daya alam yg banyak. Maka menurut itu kita wajib mampu menjaga kelestarian alam tersebut supaya Indonesia permanen diklaim sebagai negara maritim yg kuat.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI