Penyebab STNK motor dan Mobil diblokir saat bayar pajak

Ini pengalaman nyata aku , saat hendak membayar pajak motor, eh tau taunya petugas menyampaikan, nir sanggup bayar pajak lantaran stnk diblokir? Aku sempat galau serta baru dengar terdapat istilah blokir buat stnk tunggangan bermotor. Sempat juga saya duga bahwa petugas tersebut sedang melakukan penipuan atau apa. Tetapi selesainya cari cari berita dan tanya sana sini dalam teman sahabat yang sudah pernah berpengalaman soal bayar membayar STNK, ternyata memang benar, ada istilah blokir pada stnk tunggangan bermotor, baik itu mobil atau motor.
Penyebabnya adalah, ada beberapa hal, tetapi yang pasti bisa dipastikan bila kendaraan yg hendak anda bayar pajaknya adalah tunggangan tangan ke 2, ketiga atau seterusnya. Dalam artian bukan tangan pertama(milik andadari awal) yang adalah di bpkb tunggangan motor atau kendaraan beroda empat anda tertulis pemilik pertama motor atau mobil tersebut dan bukan nama anda. Sebelum anda balik nama menjadi milik anda sendiri kemungkinan stnk diblokir sanggup terjadi.

Apa penyebabnya? Terdapat dua, pertama nama pemilik pertama memang stnk tersebut bermasalah, dalam artian memang nir terlalu berfokus, misalnya pemilik tersebut pernah ditilang, serta saat sidang yg bersangkutan tidak tiba, akhirnya nama pemilik stnk tadi diblokir.
Penyebab ke 2, merupakan lantaran pajak progresif. Pajak progresif adalah pajak yang di kenakan bila kita mempunyai tunggangan lebih menurut satu buat tunggangan dengan cc 250cc keatas. Disini, mungkin pemilik pertama kendaraan anda melakukan blokir atau sengaja melakukan pemblokiran pada no polisi kendaraanya yang sudah sebagai milik anda. Alasanya, bila pemilik pertama nir melakukan pemblokiran ini, pajak progesif akan terus dikenakan atas namanya, meski tunggangan tersebut sudah sebagai milik pihak kkedua ketiga serta seterusnya. Artinya, memang sengaja diblokir oleh pemilik pertama.
So sampai disini mungkin telah kentara, anda tidak perlu merasa bertanya tanya kenapa stnk saya doblokir.

Solusi cara buka blokir STNK tunggangan bermotor.


Sutaji Adpel Samsat Lamongan terkait cara membuka blokir kendaraan mengungkapkan," jika wajib pajak ingin membuka Kendaraan yang diblokir harus memenuhi beberapa persyaratannya, " Ujarnya
Wajib pajak menciptakan surat permohonan buka blokir ke Polisi Republik Indonesia yg berkaitan menggunakan tindak Pidana dan surat permohonan ke pengadilan yg berkaitan dengan tindak Perdata. "Permohonan buka blokir diajukan oleh instansi Polisi Republik Indonesia serta Pengadilan yang melakukan Pemblokiran," Jelas Sutaji
Surat permohonan harus pajak laporan Kemajuan Kasus menggunakan menerangkan STNK Asli, BPKB Asli, KTP Asli serta hasil cek fisik dengan dihadirkan tunggangan.
inipun dengan catatan anda telah wajib membalik nama pada BPKB tunggangan menjadi milik anda.
" Usai dipenuhi seluruh harus pajak menunggu keluarnya surat Disposisi berdasarkan Polisi serta Pengadilan menjadi memo atau perintah kepada samsat," Terang Adpel Samsat Lamongan.
Untuk kabar lebih lanjut atau pengaduan kata Sutaji, bisa menghubungi no telepon 082331167999 serta (0322) 322559 atau bisa eksklusif menghadap Adpel dan Kanit Reg Ident menggunakan tiba ke Kantor Samsat Lamongan pada Jalan Veteran No. 1 Lamongan." Imbuhnya.
Tentu saja mekanisme ini akan terasa sangat ribet dan bertele tele. Yah namanya jua birokrasi pada indonesia. Entah kenapa kok dipersulit banget. Tetapi ujung ujjungnya ada jalan pintas, tinggal sogok uang sekian, eksklusif blokir itu bisa dibuka tanpa ba bi bu.
Ini lagi lagi lanjutan pengalaman aku diatas, lantaran ketika jatuh tempo pajak sudah mepet kayaknya nir mungkin buat balik nama serta segala macam. Akhirnya petugas menunjukkan jasa cepat buka blokir, jadi dananya sekalian bayar menggunakan biaya pakak. Pengalaman saya buka blokir motor 650cc, merupakan Rp.600.000. Ini baru dana buka blokir, jadi jika dibubuhi menggunakan pajak pokok, progresif dll yang total Rp.5.400.000 ditambah ongkos buka blokir 600.000, jadi Rp 6.000.000. Itulah total biaya pajak pertahun motor 650cc plus pajak pprogresif plus buka blokir.
Tentunya jika motor anda ccnya lebih rendah biayanya akan lebih murah. Contoh sahabat aku pula mengalai peristiwa serupa, bayar pajak motor 250 cc. Pajak pokoknya 1 juta rupiah, tambah ongkos buka blokir 500 ribu rupiah jadi total 1 juta 500 rupiah buat motor 250 cc buat satu tahun.
Semoga bermanfaat,

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru