Peran Indonesia Dalam Gerakan Non Blok Beserta Perwujudannya Terbaru

Peran Indonesia Dalam Gerakan Non Blok Beserta Perwujudannya - Gerakan non blok mempunyai pengertian yaitu salah satu tindakan yang tidak memihak antara galat satu blok kekuatan manapun pada global. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan buat meredam ketegangan global. Indonesia sendiri mempunyai kiprah serta pada gerakan non blok tadi. Peran Indonesia dalam gerakan non blok disertai dengan peran dari beberapa negara. Keberadaan menurut organisasi non blok akan membendung ekspansi yang dimiliki oleh ke 2 blok yg berselisih. Dalam aplikasi gerakan non blok memang diikuti menggunakan banyak sekali anggota negara namun negara ini juga berperan dalam mendirikan gerakan tersebut.
Di dunia ini masih ada pembagian 2 blok antara Blok Barat dengan Blok Timur dampak perang dunia ke-dua. Untuk Blok Barat dikuasai sang Amerika yang berpaham Liberal. Sedangkan untuk Blok Timur dikuasai oleh Uni Soviet yang berpaham Komunis. Perbedaan paham tersebut menciptakan ke 2 blok saling bermusuhan. Walaupun begitu, nir seluruh negara dapat bersedia buat bergabung menggunakan kedua blok tadi. Adapula negara yang bersikap netral adalah tidak memihak ke 2 blok tadi. Di situlah awal terbentuknya gerakan non blok. Kali ini saya akan mengungkapkan tentang kiprah Indonesia pada gerakan non blok. Untuk detail dapat anda simak di bawah ini.

Peran Indonesia Dalam Gerakan Non Blok Lengkap

Negara negara yang bersikap netral diantara lain negara Mesir, Ghana, Indonesia, Yugoslavia, serta India. Pemimpin dari kelima negara tadi mengusulkan buat menciptakan sebuah organisasi yang bernama Non Aligned Movement (NAM) atau Gerakan Non Blok (GNB). Pemimpin kelima negara tersebut yaitu Pandit Jawaharlal Nehru (Perdana Menteri India), Kwame Nkrumah (Presiden Ghana), Soekarno (Presiden Indonesia), Josep Broz Tito (Presiden Yugoslavia), dan Gamal Abdel Naser (Presiden Mesir). Pada lepas 1 September 1961 menjadi awal berdirinya gerakan non blok.  Hal inilah yg mengilhami peran Indonesia dalam gerakan non blok. Lalu pada tahun 1955, gerakan ini pada sepakati dalam Konferensi Asa Afrika menggunakan panduan Dasasila Bandung.
Baca pula : 20 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli
Dibawah ini terdapat beberapa peran Indonesia pada Gerakan Non Blok yaitu menjadi berikut :
  1. Presiden Sokekarno adalah salah satu pemimpin global yg berperan pada mendirikan Gerakan Non Blok (GNB).
  2. Pada tahun 1991, Indonesia diberikan wewenang dalam memimpin GNB. Pada saat itulah ketua GNB dipegang sang Presiden Soeharto. Selain itu Indonesia jua berhasil menggelar KTT X GNB yang bertempat pada Jakarta.
  3. Peran Indonesia dalam gerakan non blok selanjutnya artinya meredam ketegangan dalam daerah bekas Yugoslavia dalam tahun 1991.

Tujuan Gerakan Non Blok
Selain peran Indonesia pada gerakan non blok, adapula tujuan menurut pembentukan gerakan tersebut. Dasasila Bandung menggunakan Gerakan Non Blok mempunyai interaksi yang cukup erat. Hal tadi diketahui menggunakan salah satu asas yang dipakai daam Gerakan Non Blok yaitu berusaha buat mendukung usaha kemerdekaan pada seluruh loka. Kemudian masih ada asas lainnya yaitu memegang teguh perjuangan pada melawan kolonialisme, neokolonialisme, serta imperialisme. Semangat perjuangan yang masih ada dalam Dasasila Bandung juga bisa kita lihat dalam tujuan Gerkan Non Blok di bawah ini :
  • Menumbuhkan sikap solidaritas pada berbagai negara berkembang supaya bisa meraih kemakmuran, kemerdekaan serta persamaan.
  • Ikut berperan dan dalam meredam ketegangan global lantaran perselisihan yg terjadi antara Blok Timur menggunakan Blok Barat.
  • Mencegah adanya pengaruh jelek berdasarkan Blok Timur maupun Blok Barat.

Pertemuan Gerakan Bon Blok
Peran Indonesia pada gerakan non blok dilaksanakan pada beberapa rendezvous. Pertemuan Gerakan Non Blok ini berlangsung 3 tahun sekali. Setelah aplikasi konferensi, kepala pemerintah ataupun kepala negara tuan tempat tinggal konferensi akan dijadikan menjadi ketua gerakan menggunakan masa jabatan selama 3 tahun. Di bawah ini terdapat beberapa rendezvous Gerakan Non Blok.
  • KTT I bertempat pada  Belgrade dalam lepas 1 September 1961 – 6 September 1961
  • KTT II bertempat pada Kairo dalam tanggal lima Oktober 1964 – 10 Oktober 1964
  • KTT III bertempat pada Lusaka pada tanggal 8 September 1970 – 10 September 1970
  • KTT IV bertempat di Aljir pada tanggal 5 September 1973 – 9 September 1973
  • KTT V bertempat pada Kolombo dalam tanggal 16 Agustus 1976 – 19 Agustus 1976
  • KTT VI bertempat di Havana pada tanggal 3 September 1979 – 9 September 1979
  • KTT VII bertempat pada New Delhi dalam lepas 7 Maret 1983 – 12 Maret 1983
Baca pula : Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli
  • KTT VIII bertempat pada Harare dalam lepas 1 September 1986 – 6 September 1986
  • KTT IX bertempat di Belgrade dalam lepas 4 September 1989 – 7 September 1989
  • KTT X bertempat di Jakarta dalam lepas 1 September 1992 – 7 September 1992
  • KTT XI bertempat pada Cartagena de Indias dalam lepas  18 Oktober 1995 – 20 Oktober 1995
  • KTT XII bertempat di Durban dalam lepas 2 September 1998 – tiga September 1998
  • KTT XIII bertempat di Kuala Lumpur dalam lepas 20 Februari 2018 – 25 Februari 2018
  • KTT XIV bertempat pada Havana dalam lepas 11 September 2018 – 16 September 2018

Pada tahun 1990, lebih tepatnya setelah keruntuhan Uni Soviet, Gerakan Non Blok lebih memperhatikan kerjasama pada bidang politk, ekonomi dan pembangunan negara. Peran Indonesia dalam Gerakan Non Blok tadi bertahan dan berlanjut hingga sekarang.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI