Peran Region Dalam Geografi

Berada di daerah apa tempat tinggalmu?Pantai, bukit, desa, pegunungan atau apa?
pertanyaan tersebut tentunya seringkali terdengar di telinga kalian. Kalian bisa menjawab pertanyaan tadi menurut sudut pandang apapun karena dalam dasarnya jawaban tentang "wilayah" memiliki kategori yg beragam. Dalam studi geografi, wilayah atau region memiliki peranan sentral pada membicarakan aneka macam hal berkaitan dengan perkembangan, pertumbuhan serta permasalah kehidupan. Penelaahan geografi tanpa memerhatikan kedudukan region menjadi tempat yg diteliti, nir akan dapat menyampaikan karakteristik gejala atau kasus yang menjadi ciri khas pada kawasan yg diteliti. Dengan mengemukakan region mana yang akan serta sedang diteliti secara geografi, telah bisa terungkap sebagian misteri yang akan kita jajak. Itulah peranan dasar region pada studi geografi.
Memerhatikan ukurannya maka definisi region sangatlah bervariasi. Kadang-kadang suatu daratan yg luas misalnya benua dapat ditetapkan sebagai suatu region misal Australia, kadang-kadang suatu anak benua (India) namun kadang-kadang suatu kawasan yg sempit seluas desa bisa kita memutuskan sebagai suatu region. Ukuran tidak mutlak yang penting kawasan tersebut mempunyai kriteria pokok unit/kesatuan spasial (spatial unit), kesatuan bentuk (form unit) serta kesatuan fungsi (functional unit). Ciri pokok itulah yg menampilkan suatu tempat sebagai suatu bentuk region.
Regiobn menjadi ruagn tempat hidup manusia menggunakan mahluk lainnya mempunyai daya dukung eksklusif pada mengklaim kehidupan tadi. Jika populasi pada dalamnya melampaui batas daya dukung maka akan terjadi ketimpangan atau ketidakstabilan lingkungan seperti erosi, kekeringan, banjir, macet dan lainnya. Daya dukung tadi dapat dikembangkan menggunakan menerapkan berbagai penerapan teknologi dan ilmu seperti geografi. Disinilah salah satu penerapan geografi pada pengabdiannya pada kehidupan bermasyarakat.
Region dengan daya dukungnya menjadi wadah kehidupan yang tumbuh berkembang juga mengalami pertumbuhan serta perkembangan. Pertumbuhan region tersebut sinkron dengan faktor- faktor yg memengaruhinya dan berlangsung melalui tahap-termin eksklusif, anda mungin ingat Teori Tempat Sentral, Teori Lokasi Wber atau Von Thunen.. Tahap-tahap pertumbuhan region serta permasalahannya adalah bagian berdasarkan objek studi geografi. Pengkajian geografi terhadap pertumbuhan region ini selain dapat menyampaikan konflik dan faktornya pula dapat dijadikan landasan dalam menyusun alternatif pemecahan perkara misalnya masterplan tata guna lahan atau wilayah. Dengan demikian geografi sebagai ilmu terapan dapat berfungsi menyelamatkan kehidupandan kelestarian lingkungan.


Sumber:
Nursid Sumaatmadja. Geografi Pembangunan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI