Peranan Geografi Sebagai Pendidikan Kependudukan

Penduduk merupakan keliru satu bagian yang sangat krusial pada geografi. Ruang permukaan
bumi ketika ini semakin padat oleh meningkatnya jumlah penduduk dunia. Berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini?Apakah menggunakan jumlah penduduk yang akbar tersebut Indonesia telah bisa memanfaatkannya dengan maksimal bagi pembangunan?. Dalam geografi penduduk, manusia penghuni suatu daerah dipelajari pola penyebarannya, kepadatannya, pertumbuhannya hingga perbandingannya menggunakan jumlah luas lahan (mand-land ratio). Hal ini memberitahuakn bahwa penduduk dipelajari relasi keruangan dengan lingkungan tempat mereka hidup.
Berdasarkan proses studi serta analisa tersebut maka akan diperoleh data berkaitan dengan kasus kependudukan dalam daerah eksklusif.
Masalah kependudukan yang terjadi di permukaan bumi waktu ini disebabkan utamanya karena pertmubuhan penduduk yg tidak diimbangi menggunakan pemerataan lokasi mereka hidup dan ketidakseimbangan dengan penambahan bahan kebutuhan pokok. Jika dikaitakan pada teori ekonomi Malthus dalam abad ke 18 bahwa pertumbuhan penduduk bertambah dari deret ukur sedangkan perutmbuhan kebutuhan insan menurut deret hitung. Tetapi tentunya dengan kemajuan teknologi, teori tadi bisa diantisipasi asalkan dengan assa keadilan.
Lalu apa saja konflik penduduk pada Indonesia saat ini?
1. Kemiskinan
2. Ketidakmerataan penduduk
3. Mentalitas lemah
4. Sensitif
Itu tentunya hanya sebagian menurut rumitnya pertarungan kependudukan pada Indonesia dan geografi memiliki kiprah buat mencari solusi atas pertarungan tersebut tentunya berintegrasi menggunakan ilmu lainnya misalnya ekonomi, sosisologi dan ekologi misalnya.
Pendidikan Kependudukan adalah proses pendidikan yang tekanannya pada fakta perkara kependudukan yg tujuannya membarui warga ke arah hal-hal positif dalam menanggulangi maslaah kependudukan. Secara sederhana peranan geografi pada pendidikan kependudukan yaitu:
1. Menumbuhkan pemahaman murid akan masalah sosial serta kasus geografi sebagai akibat menurut kesenjangan antara pertumbuhan penduduk dan daya dukung lahan.
2. Membina sikap mental masyarakat supaya lebih positif pada menyikapi setiap perseteruan penduduk.
3. Membimbing siswa agar dapat mencari jalan keluar secara holistik buat mengatasi permasalahn kependudukan.


Sumber serta Gambar:
Iwan Hermawan. Geografi Sebuah Pengantar.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI