Perbedaan Fotosintesis dan Respirasi

Biosfer bisa eksis di bumi karena pada dalamnya ada genre energi yg utamanya bersumber dar surya. Penangkapan dan penggunaan energi pada sistem kehidupan ini didominasi oleh dua proses: fotosintesis dan respirasi. Melalui ke 2 proses ini organisme hidup dapat menangkap dan memakai seluruh energi yg mereka butuhkan buat kegiatan mereka. Lalu apa disparitas antara fotosintesis dan respirasi?.

Fotosintesis

Tanaman dapat menangkap tenaga elektromagnetik berdasarkan Matahari melalui proses kimia yg disebut fotosintesis. Reaksi kimia ini dapat dijelaskan sang persamaan sederhana berikut:

6CO2 + 6H2O + energi cahaya >>> C6H12O6 + 6O2

Produk fotosintesis merupakan glukosa karbohidrat serta oksigen yg dilepaskan ke atmosfer. Semua berdasarkan gula glukosa diproduksi pada sel-sel fotosintesis spesifik tanaman dan beberapa organisme lain. Glukosa diproduksi sang kimia menggabungkan karbon dioksida dan air dengan sinar mentari . Reaksi kimia ini dikatalisis oleh klorofil akting pada konser dengan pigmen lainnya, lipid, gula, protein, dan molekul asam nukleat. Gula dibentuk pada fotosintesis dapat kemudian dikonversi sang flora buat pati serta penyimpanan, atau dapat dikombinasikan dengan molekul gula lainnya untuk menciptakan karbohidrat khusus misalnya selulosa, atau dapat dikombinasikan dengan nutrisi lain misalnya nitrogen, fosfor, dan sulfur, buat menciptakan molekul kompleks seperti protein dan asam nukleat.

Karena semua tenaga ditetapkan oleh flora diubah sebagai gula, secara teori buat memilih penyerapan energi flora menggunakan mengukur jumlah gula yg dihasilkan. Kuantitas ini diklaim produktivitas primer kotor. Pengukuran penumpukan gula pada pabrik mencerminkan produktivitas utama kurang respirasi kotor, atau produktivitas utama higienis.

Secara generik, hewan nir bisa menghasilkan energi sendiri melalui fotosintesis. Sebaliknya, mereka menangkap energi mereka menggunakan konsumsi dan asimilasi dari biomassa tumbuhan atau fauna lainnya. Dengan demikian, fauna mendapatkan energi yang mereka butuhkan buat pemeliharaan tubuh mereka jaringan, pertumbuhan, serta reproduksi eksklusif menurut organisme fotosintetik.

Respirasi

Oksidasi gula sang organisme yg disebut respirasi. Proses ini terjadi di ke 2 flora dan hewan. Dalam kebanyakan organisme, respirasi melepaskan tenaga yg diharapkan buat semua proses metabolisme. Reaksi kimia ini dapat dijelaskan sang persamaan sederhana berikut:

C6H12O6 + 6O2 >>> 6CO2 + 6H2O + energi yg dilepaskan

Salah satu produk dari respirasi adalah energi, yang dhasilkan melalui dekomposisi kimia glukosa. Produk lain berdasarkan reaksi kimia ini adalah karbon dioksida (CO2) dan air (H2O).

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru