Perbedaan Intrusi dan Ekstrusi Magma

Istilah "Intrusi" seringkali muncul dalam pelajaran geologi atau geografi, bukan?. Intrusi pada geologi adalah adalah lapisan batuan beku yg sudah dingin dan mengkristal pada bawah permukaan bumi. Intrusi terbentuk waktu batuan yg terletak pada kerak bumi atau mantel meleleh menjadi magma balik . Magma ini memiliki kerapatan yg lebih kecil dibanding batuan di sekitarnya sehingga dia akan mengalir naik diantaran selah-selah batuan yang nir meleleh serta perlahan-lahan mendingin. Sebagai hasil menurut proses pembekuan lambat ini, magma membeku menjadi kristal yg relatif besar dan dapat ditinjau menggunakan mata telanjang. Magma yg mencapai bagian atas bumi serta membeku di luar akan membangun batuan vulkanik atau ekstrusi.
Ekstrusi magma sangat cepat lantaran pengaruh udara sang sebab itu kristal yang terbentuk cenderung mini atau halus dan sulit buat ditinjau menggunakan mata telanjang atau bahkan bersifat amorf (kaca) tanpa struktur kristal. Intrusi tidak sama jua menggunakan vein, dimana vein terbentuk ketika mineral mengendap berdasarkan larutan hidrotermal.

Ukuran, bentuk serta hubungan intrusi dengan batuan sekitarnya menentukan istilah berdasarkan jenis intrusi itu sendiri. Dikes dan Sills berbentuk seperti lempengan papan dan berjenis tabular. Dikes memotong lapisan batuan diatasnya sedangkan Sills sejajar menggunakan lapisan batuan disekitarnya. 
Jenis intrusi lain adalah Volcanic Neck yang berupa sisa-residu dari pipa magma gunung api yg meletus dengna bentuk hampir vertikal silindris. Intrusi lainnya merupakan Batholith yaitu intrusi magma yang sangat akbar menggunakan volume mencapai 100 kubik km atau lebih besar . Sierra Nevada di California merupakan Batholith terbesar pada bumi yaitu mencapai lebih dari 1000 km persegi.
Batuan yang berada pada sekitar intrusi dinamakan Country Rocks. Perubahan Country Rocks disebut metamorfik kontak yg disebabkan oleh batuan tadi yg terpanaskan sang intrusi magma. Pemanasan sang intrusi tadi menyebabkan batupasir, batukapur, serta serpih berubah bentuk sebagai-Kuartz, Marmer dan Hornfels. Mineral baru seperti piroksen, atau garnet terbentuk juga berdasarkan proses country rock yang terpanaskan ini.

Sumber serta Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru