Perbedaan Minyak Bumi dan Gas Bumi

Minyak bumi (bahasa Inggris: petroleum, menurut bahasa Latin petrus – karang serta oleum – minyak), dijuluki pula menjadi emas hitam, merupakan cairan kental, coklat gelap, atau kehijauan yang gampang terbakar, yg berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak Bumi. Minyak bumi terdiri berdasarkan adonan kompleks berdasarkan aneka macam hidrokarbon, sebagian akbar seri alkana, namun bervariasi pada penampilan, komposisi, serta kemurniannya.
Kandungan minyak bumi terdiri dari 80-85% unsur C atau karbon, 20-15% unsur H atau hindrogen. Unsur lain misalnya oksigen, nitrogen, belerang terdapat kurang dari 5% bahkan kadang-kadang kurang berdasarkan 1%. 
1.hidrokarbon Padat
a. Jenis hidrokarbon padat
Hidrokarbon yang bersifat padat biasanya terdapat bersamaan satu menggunakan yg lain. Lilin mineral umumnya terdapat dalam bentuk urat-urat.
b. Pasir-ter
Hidrokarbon juga bias masih ada dalam lapisan pasir yg sudah dijenuhi menggunakan hidrokarbon yang sudah kental dan setengah aspal. Lapisan pasir ini meliputi luas ribuan kilometer persegi dan puluhan meter ketebalan serta merupakan cadangan minyak yg terbesar pada global (kanada sebelah barat dan Venezuela). Tetapi hidrokarbo ini sangat sukar dipisahkan menurut pasir.
c. Serpih minyak
Serpih minyak (oil shale) adalah suatu serpih yang mengandung zat organic yang apabila dipanaskan pada temperature tinggi (di atas 400oC) akan mengurai dan keudian membuat hidrokarbon cair yang serupa dengan minyakbumi.

2.hidrokarbon Cair-Minyak Bumi
Hakekat kimia
Ada beberapa aturan eksklusif pada susunan minyakbumi yang memudahkan kita mempelajarinya, diantaranya :
1.pada umumnya minyakbumi hanya menunjukkan susunan hidrokarbon yang bersifat jenuh.
2.hidrokarbon yg terdapat di pada bumi adalah berbagai macam seri homolog, yaitu suatu seri susunan hidrokarbon berdasarkan penambahan atom C menciptakan suatu susunan yang hamper sama, akan tetapi rantainya sebagai lebih panjang ataupun lingkarannya sebagai ruwet.
3.dalam seri homolog biasanya masih ada beberapa keluarga homolog biasa yang diklaim golongan isomer.
4.pada umumnya seri homolog pada minyakbumi dapat dibagi sebagai 2 golongan besar yaitu : Golongan ASIKLIS atau ALIFAT, juga diklaim ALKAN atau PARAFIN serta Golongan SIKLIS.
Analisis dan penjabaran minyakbumi
Secara routine minyakbumi dianalisis secara distilasi berfraksi  yaitu suatu proses penyulingan dan pengembuan pulang banyak sekali macam cairan yg mempunyai titik didih yang bhineka.
3.hidrokarbon Gas ataupun Gasbumi
Di pada reservoir, gasbumi bisa terdapat sebagai larutan yang berkisar dalam jumlah yg sangat sedikit sekali hingga meliputi 100% berdasarkan reservoir. Gasbumi tersebut umumnya terdiri daripada hidrokarbon alam bertitik-didih rendah.
Berbagai jenis gasbumi bisa terjadi menjadi :
a. Gas bebas, adalah fasa bebas dari minyakbumi, hanya masih ada pada permukaan berdasarkan reservoir yang terisi minyakbumi.
b. Gas terlarut pada minyakbumi. Karena gas serta minyakbumi adalah hidrokarbon, maka lumrah jika jumlah gas yg larut dalam minyakbumi tergantung dari sifat kedua zat tersebut serta juga menurut tekanan dan temperature pada dalam reservoir. Dengan hanya beberapa kekecualian, semua minyakbumi yg masih ada pada pada reservoir mengandung gas pada perbandingan gas-minyak. Jika gas hanya terdapat dalam jumlah sedikit saja, maka gas bisa dipisahkan menurut minyak segera sehabis dihasilkan menurut sumur pemboran dalam suatu indera yang dinamakan ‘gas-separator’ dan lalu dibakar.

Susunan Kimia Gasbumi
Metan adalah hidrokarbon yang paling stabil serta adalah penyusun primer gasbumi. Selain itu terdapat jua hidrokarbon lainnya pada jumlah kecil, seperti etan, propan, butan, pentas, heksan, serta dalam masalah tertentu jua hektan didapatkan pada gas alam, kecuali di daerah yang bersifat volkanik, sedangkan karbon monoksida dan gas yg tidak jenuh sporadis sekali dihasilkan. 
Gasbumi mampu pula dibagi atas gas kemarau serta gas basah, tergantung dari kadar cairan atau uap yang ikut didalamnya. Nilai kalorinya adalah 900 sampai 1000 BTU. Susunan kimia generik adalah menjadi berikut :
1.metan ( CH4), 82% (aktif)
2.etan ( C2H6), 14.4% (aktif)
3.karbon dioksida ( CO2 ), 0.5persen
4.nitrogen ( N2 ), dua.8%


Pengotoran dalam Gas
Pengotoran primer disebabkan sang kadar nitrogen, karbondioksida, dan hidrogensulfida. Helium pula dapat merupakan pengotoran yg terdapat pada jumlah yg relatif sangat kecil. Jika kadar karbondioksida dan nitrogen akbar, maka gas tersebut memiliki nilai yg lebih rendah karena nilai kalorinya sebagai lebih rendah.
Pemakaian Gasbumi 
Pada masa lampau gasbumi hanya dapat digunakan apabila masih ada di dekat wilayah industri ataupun perkotaan melalui pipa. Tetapi, dewasa ni menggunakan teknik pencairan terutama gasbumi  yg mengandung molekul beratom C bisa dimampatkan menjadio cairan yang dianggap elpiji.
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI