Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif


Ketika engkau membuat makalah/riset/penelitian tentunya pasti akan menentukan jenis penelitiannya apakah kuantitatif atau kualitatif. Jika kamu ingin sebagai ahli pada bidang riset maka kmu harus menguasai sistematika/perbedaan kedua jenis penelitian ini. Saat ini poly sekali mahasiswa yang tidak memahami secara utuh tentang konsep dasar penelitian ini, akhirnya banyak yang penelitiannya tidak jelas, ngawur kemana-mana, salah judul dan lainnya.

Maka dari itu saran saya yg sedang serta akan menyusun skripsi, coba anda baca berulang-ulang tentang metode penelitian, karena itu merupakan fondasi dasar berdasarkan riset. Soal isi, kajian teoretis, analisa, itu mah urusan mudah jika data sudah terkumpul berdasarkan responden/sampel. 


Oke, lanjut lagi kali ini aku hanya akan memberikan gambaran sedikit perbedaan tentang penelitian kuantitatif serta kualitatif. Tujuan inti berdasarkan penelitian kuantitatif pada dasarnya adalah menguji suatu teori/berbagi suatu teori. Sedangkan penelitian kualitatif adalah mencoba mengkonstruksi/membangun suatu teori dari berita yang terjadi di warga . Intinya bila kamu merogoh penelitian dengan metode kuantitatif nantinya kamu akan berurusan menggunakan namanya data-data numerik misalnya nomor , statistik serta lainnya. Nah nantinya kesimpulan diambil menurut data tadi. Kalau penelitian kualitatif engkau akan mengeksplore serta mendalami mengenai fenomena yg terjadi dalam warga . Artinya engkau nanti nir akan berurusan menggunakan nomor -angka statistik, tetapi data yang engkau akan terima adalah uraian/kualitatif menurut sifat warga tadi. Sejauhmana kedalaman uraian kualitatifnya?Ya itu tergantung kepekaan dan kejelian kamu mengorek secara dalam mengenai kenyataan yg ada. Jika dibuat perbandingan, maka disparitas gaya ke 2 penelitian tersebut dapat dicermati pada tabel dibawah ini

Itulah sedikit sosialisasi tentang penelitian kuantitatif serta kualitatif, semoga berguna. 

Sumber serta gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru