Perbedaan Sistem Operasi GUI dan Teks CUI/Character User Interface Terbaru

Pada goresan pena kali ini, membahas tentang disparitas sistem operasi GUI (graphic user interface) serta teks atau diklaim juga CUI (character user interface).

Sistem Operasi Berbasis GUI

Sistem Operasi GUI merupakan sistem operasi dimana user/pengguna bisa berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar/simbol-simbol, dan tentu hal ini akan lebih memberi kemudahan dan ketenangan bagi pengguna. Sistem operasi berbasis GUI dianggap pula sistem operasi yg "user freindly" atau mudah digunakan.

Contoh Sistem Operasi GUI

1. Windows

Siapa tidak kenal sistem operasi yg satu ini, menurut kita sekolah dasar hingga menengah atas, telah terbiasa menggunakan sistem operasi keluaran microsoft corportation ini. Windows sendiri adalah sistem operasi yang bekerja dibawah kendali DOS (Disk Operating System). Kelebihan windows dibandingkan dengan DOS merupakan Multitasking, yaitu kemampuannya buat melakukan beberapa acara secara serempak dalam waktu yang bersamaan dalam bentuk ventilasi yg bisa dipindah menurut satu program ke acara lainnya. Contoh sistem operasi windows, antara lain: Microsoft Windows 98, Windows XP, Vista, Windows7, Windows 8 serta yang terkini adalah windows 10.

2. Linux

Linux adalah sistem operasi open source alias gratis yang dimuntahkan pada tahun 1991. Linux generasi I merupakan sistem operasi berbasis teks. Setelah berkembang pesat, Linux ketika ini sudah berbasiskan grafis menjadi antar mukanya. Linux terdiri dari beberapa distribusi (pengembang). Jenis sistem operasi Linux diantaranya: Linux Redhat, Linux Debian, Linux Caldera Open, Linux Mandrake, Linux Caldera Open, Linux Suse, Linux Turbo, Linux Corel, Linux Fedora serta Linux Ubuntu.
Linux adalah sistem operasi buat PC yg bekerja secara multitasking dan multiuser. Multitasking artinya bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, contohnya sobat dapat bermain game sembari mendownload menurut internet. Sedangkan multiuser merupakan Linux mensupport (mendukung) penggunaan pelaksanaan atau personal komputer buat melayani beberapa user sekaligus, misalnya sebuah acara bisa dipakai bersama-sama dalam jaringan/network. Sistem operasi Linux merupakan tiruan menurut UNIX yg dibuat buat dijalankan pada Personal Computer (PC).

3. Macintosh 

Sistem Operasi Macintosh merupakan sistem operasi  yang dibentuk sang Apple, yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc. Dalam bulan Januari  tahun1984. Apple merupakan perusahaan silicon valley berbasis cupertino, California yg berkecimpung pada bidang teknologi komputer. Pada tahun 1970an Apple poly membantu revolusi komputer pribadi menggunakan produknya yang dinamai Apple II, serta melanjutkan dari tahun 1980an sampai sekarang dengan nama Macintosh Operating System atau disingkat Mac Os. Sistem Operasi Mac Os adalah sistem operasi (OS) pertama yagn memakai GUI.

Sistem Operasi Berbasis Teks (CUI)

Sistem operasi berbasis teks dianggap juga CUI (character user interface) dimana user berinteraksi dengan sistem yang memakai perintah-perintah yang berupa text.
Contoh Sistem Operasi Berbasis Teks

1. Unix

Sistem operasi Unix adalah sistem operasi berbasis jaringan yg dikeluarkan pada tahun 1960. Sistem Operasi Unix merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix, yaitu Unix, OpenBsd serta FreeBSD. Unix pertama kali dipakai oleh personal komputer jenis IBM, HP, serta Sun Solaris. Unix adalah sistem operasi yg bersifat nir tergantung padsa perangkat dasar tertentu (portable), sebagai akibatnya bisa dipakai mulai berdasarkan platform Notebook sampai super personal komputer .

2. Dos (disk operating system)

Sistem Operasi DOS adalah sistem operasi dalam personal komputer menggunakan menggunakan karakter-karakter teks (character user interface), baik buat user/pengguna maupun dalam sistemnya. DOS adalah sistem operasi pertama yagn dijalankan  dalam personal komputer IBM PC kompatibel. Sistem operasi DOS pertama kali dikembangkan oleh IBM lalu dilanjutkan sang Microsoft. DOS dikeluarkan pada tahun 1981 sang Microsoft serta sampai kini tetap disertakan dalam sistem operasi windows.
Demikian artikel singkat mengenai perbedaan sistem operasi GUI dan Teks, semoga bermanfaat

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI