Perbedaan Stalaktit dan Stalagmit

Pernahkah kamu pergi mengunjungi gua kapur?Apabila pernah maka akan menemukan poly stalaktit dan stalagmit disana. Lalu apa perbedaan kedua fenomena geologi tersebut?Berikut ulasannya. Stalaktit dan stalagmit adalah jenis deposit mineral yang biasa ditemukan pada gua-gua dan terbentuk sang proses solusional dan deposisi. Stalaktit menggantung ke bawah berdasarkan langit-langit gua sedangkan stalagmit muncul berdasarkan dasar gua menunjuk ke atas. Berikut perbandingan antara stalagnit serta stalagmit pada banyak sekali aspek.

Definisi
Stalaktit adalah jenis formasi geologi yg menggantung menurut langit-langit gua, mata air panas atau struktur bangunan protesis manusia seperti jembatan dan tambang. 
Stalagmit adalah jenis fromasi batuan yang naik menurut dasar atau lantai gua karena akumulasi bahan tersimpan di lantai gua dari tetesan pada langit gua.
Pembentukkan
Stalaktit terbentuk saat air yg mengandung aneka macam macam mineral terangkut menetes dari langit-langit gua.
Stalagmit terbentuk dari akumulasi tetesan air bercampur mineral yg sampai ke dasar gua.
Arah
Stalaktit menunjuk menurut atas ke bawah. Stalagnit mengarah dari bawah ke atas.
Asal Bentukkan
Stalaktit dapat dibentuk dari pelarutan batu kapur, lava, es, mineral, lumpur, gambut atau pasir. Stalagmit bisa dibuat berdasarkan pelarutan batu kapur, lava, es, lumpur, gambut, beton. Baca jua: Proses terbentuknya bahan galian pada bumi
Kedua jenis bentukkan pada atas merupakan jenis speleothems yaitu deposit mineral yg terbentuk dalam bagian pada sebuah gua melalui pengendapan mineral misalnya Kalsium Karbonat yang membangun batu kapur. Dikarenakan mereka terbentuk berdasarkan proses yang sama maka stalaktit dan stalagnit bisa tumbuh dan terhubung satu sama lain dan diklaim Kolom (Colums).
Tipe Pembentukkan
Batu Kapur
Bentuk paling generik menurut stalaktit serta stalagmit muncul pada wilayah karst atau gua kapur serta dibuat dari pelarutan CaCO3. Pembentukkannya dapat memakan waktu sampai ribuan tahun tergantung kecepatan genre air di dinding gua.
Lava
Stalaktit dan stalagmit bisa terbentuk pula di area kubah lava menggunakan genre lava yang masih aktif. Pembentukkan menurut lava ini nisbi singkat yaitu  dalam hitungan jam, hari serta minggu nir seperti dalam wilayah karst yang lama .
Es
Stalaktit dan stalagmit tipe ini terbentuk bila suhu beku membuat aliran es dari atap gua memadat. Proses pembentukkannya relatif cepat sama halnya menggunakan tipe lava.
Beton
Manusia jua dapat menciptakan struktur stalaktit serta stalagmit menggunakan menggunakan beton. 
Stalaktit terbesar di global masih ada di White Chamber, Jeita Grotto Lebanon. Jeita Grotto adalah adonan dari dua butir gua kapur yang terhubung satu sama lain dan adalah gua terpanjang di Timur Tengah. Sedangkan stalagmit terbesar pada dunia masih ada di Cueva Martin Inferno Kuba menggunakan tinggi mencapai 62.2 meter. Gua ini memiliki senyawa kalsium unik yg dianggap dengan bunga gipsum. Gua ini adalah daerah asal alami kelelawar kupu-kupu yaitu jenis kelelawar terkecil pada dunia. Untuk lebih memahami tentang proses pembentukan stalaktit serta stalagmit silahkan lihat animasinya di postingan berikut. Animasi Genesa Stalaktit dan Stalagmit.

Sumber dan Gambar:
disini, disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru