Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh Terbaru

Perbedaan Surat Resmi serta Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh - Surat adalah sarana komunikasi tertulis yang berisi berita dari satu orang ke orang lain. Dalam Bahasa Indonesia surat dapat mengkategorikan menjadi dua yaitu surat resmi serta surat tidak resmi. Kedua jenis surat ini digunakan menjadi indera bukti tertulis, gagasan, butir pemikiran, pemberitahuan, bukti historis, permintaan, pedoman kerja dan alat pengingat. Tetapi buat kategori surat resmi serta tidak resmi Bahasa Indonesia sangatlah berbeda. Letak disparitas surat resmi serta nir resmi Bahasa Indonesia berada pada struktur pembuatannya.
Ketika kita dibangku sekolah pasti sudah diajarkan tentang pembuatan surat, baik berupa surat resmi ataupun surat nir resmi. Nah dalam kesempatan kali ini aku akan membahas tentang disparitas surat resmi serta nir resmi Bahasa Indonesia beserta contoh suratnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Perbedaan Surat Resmi serta Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Ada beberapa hal yang menjadi disparitas surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia. Surat resmi adalah jenis surat yg umumnya digunakan pada instanti atau forum eksklusif. Misalnya surat dinas, surat undangan, serta lain lain. Sedangkan surat tidak resmi merupakan jenis surat yg biasanya dipakai buat memberikan liputan eksklusif pada orang lain, baik sahabat, keluarga ataupun yg lainnya. Perbedaan antara surat resmi serta surat nir resmi berada pada bagan atau struktur suratnya. Untuk surat nir resmi nir membutuhkan struktur atau bagan surat lantaran bersifat pribadi. Selain itu bahasa yg digunakanpun tidak wajib standar. Sedangkan buat surat resmi perlu memperhatikan hal hal di bawah ini :
  • Menggunakan Kop surat apabila dari berdasarkan lembaga atau organisasi tertentu.
  • Memiliki Lampiran, Perihal dan Nomor surat.
  • Terdapat salam pembuka maupun salam epilog yg formal.
Baca pula : Cara Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan Dengan Cepat
  • Menggunakan bahasa yg resmi/formal.
  • Mencantumkan stempel atau cap yg asal menurut lembaga resmi.
  • Memiliki anggaran struktur yg baku.
Selain itu surat resmi jua wajib memperhatikan bagian format baku pada pembuatannya. Hal inilah yang menjadi disparitas surat resmi dan nir resmi Bahasa Indonesia.
  1. Kop Surat, penulisannya memakai alfabet kapital yang didalamnya terdapat nama forum atau instansinya, alamat forum/instansi serta logo menurut lembaga/instansinya.
  2. Nomor Surat, yakni nomor urut menurut surat yg dikeluarkan. 
  3. Lampiran, yaitu bagian surat resmi yg isinya lembaran lain yang digunakan buat mendukung surat resmi tersebut.
  4. Perihal/Hal, yakni bagan surat resmi yang isinya inti surat ataupun garis besar surat.
  5. Tanggal Surat, berisi tanggal waktu pembuatan surat dan letaknya pada bagian pojok kanan atas sejajar angka surat.
  6. Alamat yg dituju (hindari penggunaan kata "pada").
  7. Salam Pembuka, penulisannya di akhiri dengan indikasi baca koma (,).
  8. Pembuka.
  9. Isi Surat.
  10. Penutup, berisi salam penutup, nama, jabatan, dan indikasi tangan.
Untuk lebih memudahkan anda dalam tahu disparitas surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia, saya juga akan menyajikan contoh suratnya.

Contoh Surat Resmi "Surat Undangan OSIS"

OSIS Sekolah Menengah Kejuruan Pertiwi Jaya Bandung
Jl. Jaya Bakti No.12 Bandung
Nomor : 02/OSIS/III/18                                                                                   Bandung, 12 Maret 2018
Lamp.  : -
Hal      : Undangan Pekan Olahraga

Yth. Pengurus OSIS
SMK Pertiwi Jaya Bandung
Jl. Jaya Bakti No.12 Bandung

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan berakhirnya tahun ajaran 2018/2018, saya selaku kepala OSIS SMK Pertiwi Jaya memohon kehadiran para pengurus OSIS dalam mengikuti beragam perlombaan yg diselenggarakan dalam:

Hari      : Kamis, 14 Maret 2018 - Senin, 19 Maret 2018
Waktu   : Pukul 08.30 WIB s/d selesai
Tempat : Lapangan SMK Pertiwi Jaya
Acara   : Pekan Olahraga

Dikarenakan program tersebut penting, diperlukan supaya seluruh pengurus bisa hadir tepat ketika.

Hormat Saya   
(pertanda tangan)  
Veronika Lestari
Ketua OSIS
Contoh Surat Tidak Resmi "Surat Pribadi"
Seperti yang kita ketahui disparitas surat resmi dan nir resmi Bahasa Indonesia terletak pada struktur atau bagan suratnya. Tetapi kita dapat menemukan contoh surat nir resmi dalam bentuk surat eksklusif. Surat eksklusif adalah indera komunikasi surat menyurat atau tertulis menggunakan orang lain serta bukan menurut atasan yang herbi forum tertentu. Berikut contoh suratnya:

Kalimantan, 10 Februari 2018
Dear, Sonia

Assalamualaikum. W.R. W.B.

            Hai Sonia, Bagaimana berita kamu dan famili? Semoga disana baik baik saja ya. Disini aku serta keluarga alhamdulillah jua baik. Oya Sonia saya ingin bercerita sekaligus menaruh liputan baik buat kamu. Aku menerima beasiswa sekolah di Bandung. Jadi saya bisa berkunjung kerumah engkau . Rencananya aku akan pergi ke Bandung dalam akhir semester ini. Nanti saya akan menginap dirumah nenekku yg disana. Setelah sampai disana aku akan mengabarimu dan berkunjung kerumahu. 
           Aku sangat senang sekali menerima beasiswa ini. Hal yang paling menyenangkan merupakan bersekolah pada Bandung sekaligus bertemu denganmu, karena aku sangat merindukanmu. Sampai ketemu Sonia, aku tunggu balasan surat darimu. Wassalam

Sahabatmu    
Cika        

Demikianlah perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia yg bisa aku jelaskan. Saya pula telah menyertakan model suratnya supaya anda lebih gampang memahaminya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru