Perbedaan Tanah dan Lahan

Apakah anda pernah membeli sebidang tanah?. Lalu apakah istilah "tanah"tadi sudah
tepat?. Atau seharusnya kata "huma" yang digunakan?. Sudah lama sekali insan mempergunakan istilah "tanah" dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika diperbincangkan mengenai hakikat tanah maka jawabannya akan beragam. Tanah mempunyai aneka macam macam arti dan bisa dipergunakan buat tujuan eksklusif. Pada tanah, berdasarkan Ilmu Tanah, terkandung bahan-bahan bukan jasad hayati (anorganik) yang lazimnya diklaim menjadi pelikan (mineral). 

Bahan anorganik tersebut mendukung terhadap tumbuh kembang organisme di sekitarnya. Mahluk hayati bisa mempertahankan serta berkembang dengan baik apabila dalam itu tersedia apa yg namanya hara, air dan udara. Pada bagian atas daratan terdapat beberapa benda seperti tanah, batu, pasir, lumpur, rawa serta lainnya. Pelikan adalah benda bentukan alam yg mempunyai susunan kimia tertentu dan pada umumnya berkristal. 

Baca jua:

Permukaan daratan dengan aneka macam kekayaan benda-benda padat, cair serta bahkan benda gas tersebut tadi dinamakan lahan (land). Tanah merupakan benda berwujud padat, cair serta gas yang tersusun sang bahan anorganik serta organik yg masih ada dalam huma. Jadi dengan kata lain tanah merupakan bagian berdasarkan huma. Tetapi pada kamus Ilmu Tanah, nir semua huma adalah tanah.

Dalam pengertian lahan terbayang pada pikiran kita mengenai apa yang terkandung di dalamnya serta bagaimana keadaan tanahnya. Petani misalnya mempunyai konsepsi yg berlainan menggunakan para perencana kota serta berlainan juga menggunakan konsepsi para insinyur sipil. Bagi para petani apakah huma garapannya itu terdiri berdasarkan tanah yang bisa mendukung pertumbuhan tanamannya?. Baca jua: Sebaran pola hujan di Indonesia

Tetapi bagi para perencana kota lahan-lahan manakah yg tepat untuk dijadikan landskap, penghijauan, pemukiman, pusat perindustrian dan pusat perbelanjaan. Bagi insinyur sipil serta arsitektur apakah lahan itu sempurna buat dijadikan landasan bangunan, jalan raya atau bangunan lainnya?.

Pada biasanya orang memandang bahwa huma serta tanah merupakan bagian krusial menurut lingkungan hayati. Tanah merupakan bagian kehidupan buat pertanian, peternakan, perikanan serta pemukiman. Ruang dan huma perkotaan mencakup huma untuk aktivitas jasa, perdagangan, industri sampai pemukiman. Berbagai macam penggunaan lahan tersebut dinamakan "Tata Guna Lahan" (Landuse). Baca jua: Tipe-tipe pertanian pada Indonesia

Jadi jelaslah bahwa konsep arti tanah dengan lahan memiliki perbedaan bila dipandang berdasarkan sudut pandang pemakaian. Dalam Geografi, tanah dipelajari mengenai sifat serta gejalanya, penyebaran dan penggunaannya pada permukaan bumi. Selain itu bagaimana perbedaan tanah dari suatu loka ke tempat lain?Bagaimana dinamikanya serta komponen penyusunnya. Jadi memang dalam dasarnya konsep "huma" adalah buat medefinisikan segala hal baik itu tanah, tanaman , bangunan atau benda lain yang ada pada atas permukaan bumi tadi. Jadi sudah saatnya anda merubah kalimat "DIJUAL TANAH" menjadi "DIJUAL SEBIDANG LAHAN". Semoga berguna.
Baca jua:
Pengertian angin mosun serta dampaknya di Indonesia
Pengertian, sejarah dan manfaat AMDAL
Pengertian biodiversitas biologi dan manfaatnya
Karakter letusan gunung barah Indonesia 
Jenis-jenis presipitasi atmosfer
Pengertian tanah podsolik serta pemanfaatannya

Sumber serta Gambar:

Suryatna Rafi'i. Ilmu Tanah Dasar
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru