Percobaan Untuk Membuktikan Bahwa Bumi Berotasi

Sebetulnya adanyaanggapan bahwa bumi berputar pada porosnya sudah sangat lama , yaitu semenjak zamanHeraclitus (388-315 sebelum Masehi). Menurut Heraclitus, bumi berputar dalam porosnya. Venus serta Merkurius beredar mengelilingi matahari,sedangkan mentari mengelilingi bumi.

Anggapan yg lebih majuadalah asumsi Aristarchus (310-230 sebelum Masehi). Pendapatnya: bumikita ini tersebar mengelilingi matahari dan jarak bintang-bintang sangatjauh sebagai akibatnya jarak bumi matahari tidak ada artinya (sangat dekat) jikadibandingkan menggunakan jarak bintang-bintang itu. 

Baca jua: 

Bedanya sikum pasifik dan mediterania
Jenis-jenis front udara

Sayangnya asumsi yangsudah baik itu tenggelam oleh anggap­an yang datang lalu yang dikemukakanoleh Ptolomeus (140 Masehi). Menurut pendapatnya semua benda-bendaangkasa, termasuk matahari, berputar mengelilingi bumi (sistem geosentris).

Jadi bumi pada hal ini sebagai pusat peredarandan tidak berputar dalam porosnya. Walaupun asumsi Ptolomeus itulebih mundur. Bila dibanding­kan dengan anggapan Aristarchus, tetapi ternyatajustru mampu.bertahan pada saat yg cukup lama , yaitu selama 14 abad. Barusetelah Nicolaas Copernicus = Nicoleus Koppeernigh (1473-1543)mengemukakan pendapatnya yang dikenal dengan sistem heliosentris (helios=surya sentris = centrum = pusat), pudarlah asumsi geosentris yangkeliru itu. Baca jua: Zona ring of fire Indonesia dan karakteristiknya
 
Menurut anggapanheliosentris, semua benda angkasa(planet- planet, satelit, serta komet) berputarmengelilingi matahari. Jadi dalam halini matahari menjadi pusatperedaran. Dan bumi kita sebagaimana planet yang lain, berputar dalam porosnya.
Anggapan Copernicusmendapat poly dukungan para pakar astronomi dalam masa itu.

Beberapa pada antaranyamencari bukti-buktinya dengan pengamatan (misalnyaGalilei, Kepler) dan percobaan (misalnyaBenzenberg, Reich, dan Foucault).
Berikut ini adalahpercobaan yang diadakan buat menerangkan bahwa bumi kita berputar padaporosnya (rotasi).
Baca jua:
Pengertian dan syarat transmigrasi
Contoh soal konsep geografi dan jawabannya

PercobaanBenzenberg serta Reich (1802)

Benzenberg pada tahun 1802 mengadakan percobaan denganjalan menjatuhkan sebuah peluru logam, berdasarkan puncak menara. Ternyata pelurutersebut nir jatuh persis di bawahnya, namun agak melenceng ke arah timur.

Hal ini disebabkan bumikita 'berotasi dari barat ke timur, sehingga atmosfer bumi ikut berputar. Danhal itulah yang mengakibatkan peluru yang dijatuhkan,nir jatuh persis dibawahnya, namun relatif melenceng ke arah timur

Reich (tahun 1831) melakukan percobaan yg sama padasebuah lubang pertambangan. Oleh karena itu, percobaan mereka disebut percobaan Benzenberg dan Reich. Baca jua: Jenis-jenis pewilayahan

PercobaanAyunan Foucault
Foucault dalam tahun 1851 mengadakan percobaan denganbandul (pendulum) yg diikat menggunakan sebuah dawai yg panjang dan digantungkanpada kubah pantheon (bangunan tinggi).

Agar arah gerakan dapatdikontrol, maka bandul itu diayunkan menggunakan arah yang tetap, yaitu ke bintangSpica (bintang permanen). Temyata selesainya 6 jam lalu arah bandul sudahberubah, walaupun mengayunkannya masih tetap ke arah bintang Spica. 6 - jamkemudian arah ayunan sudah berubah lagi.

Demikian berkali- kalisetiap 6 jam diamati, ternyata arahnya berubah. Dan akan searah dengan ayunanpertama setelah 24 jam kemudian. Untuk memperoleh gambaran yang kentara,percobaan ini akan sangat baik, apabila dilakukan di daerah kutub.

Demikian penjelasanbahwa bumi itu benar-sahih berotasi. Semoga bermanfaat. Baca jua: Curug Sempong yang mempesona di Majalengka
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI