Perilaku Sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Upaya Penegakan HAM



Perilaku SebagaiBentuk Dukungan Terhadap Upaya Penegakan HAM


A.dilingkungan Keluarga
1.menghormatidan menyayangi saudara termuda atau kakak
2.mematuhinasihat serta perintah orang tua
3.tidakmembeda-bedakan antara anak, baik anak sulung ataupun anak bungsu
4.tidakmemaksakan kehendak pada anak, orang tua atau anggota keluarga lainnya
5.salingsayang mengasihi antar anggota keluarga
B.dilingkungan Sekolah
1.tidakmemaksakan kehendak pada sahabat atau guru
2.mentaatitata tertib Sekolah dengan baik
3.salinghormat mengormati antar murid dengan siswa, dengan pengajar serta rakyat sekolah
4.tidakmembeda-bedakan teman
5.bersikapadil kepada semua murid
C.dilingkungan Masyarakat
1.tidakmenghardik pengemis atau kaum dhuafa lainnya
2.membbantukeluarga ketika kesusahan
3.tidakmenyinggung perasaan tetangga
4.menghargaipendapat orang lain
5.berkomunikasidengan baik serta santun
D.dilingkungan Bangsa serta Negara
1.memahamidan mentaati instrumen HAM yg berlaku
2.memberikanpelayanan yang baik pada masyarakat
3.mematuhisemua peraturan yg ada pada suatu pemerintahan
4.masyarakatikut dan membantu kebijakan pemerintah
5.hakimberperilaku adil pada tetapkan perkara

Tugas Kelompok 1.2 Paket PKN Kelas11 Kurikulum 2018

1.Contohkasus-masalah pelanggaran HAM

A.kasuspembunuhan Munir
Hak yang dilanggar           : melanggar hak hayati orang lain
Penyebab               : kala itu Munir sedang menanganikasus pelanggaran HAM
Penyelesaian          : belum diketahui siapa yang membunuhMunir namun diduga oknum      yg inginmenyingkirkannya.
B.kasusMarsinah
Hak yg dilanggar           : hak hidup
Penyebab               : berawal dari aksi mogok kerjayang dilakukan marsinah dan buruh   CPS.merekamenuntut kepastian kepada perusahaan yg sudah melakukan PHK tanpaalasan.
Penyelesaian:sejumlah pemimpin PT. CPS didakwa sebagai dalang pembunuhan, vonis 4-17 tahundijatuhkan. Tetapi selesainya mengajukan banding mereka dibebaskan dan sampai saatini pembunuh Marsinah nir diketahui.
C.kasusTragedi Trisakti
Hak yang dilanggar           : hak kebebasan mengungkapkan pendapatdan hak hidup
Penyebab               : krisis finansial Asia sepanjangtahun 1997-1998. Mahasiswa melakukan aksi demonstrasi besar -besaran pada genungDPR/MPR. 4 mahasiswa mangkat tertembak.
Penyelesaian          : hingga sekarang kasus ini belumdiselesaikan menggunakan alasan kelengkapan sidang belum terpenuhi.
D.kasuskerusuhan Mei, 13-15 Mei 1998
Hak yang dilanggar           : hak membicarakan pendapat serta hakhidup
Penyebab               : kerusuhan diawali oleh krisisfinansial Asia dan dipicu oleh Tragedi Trisakti dimana 4 mahasiswa tewastertembak dalam bencana itu.
Penyelesaian          : sampai bertahun-tahun pemerintahIndonesia belum melakukan tindakan apapun terhadap nama-nama yg dianggapkunci berdasarkan insiden kerusuhan tadi.
E.kasusKonflik Sampit
Hakyang dilanggar           : hak hidup, hakkelangsungan hayati dan hak buat tumbuh dan berkembang
Penyebab               : kesenjangan sosial antara wargasuku Dayak dengan warga imigran berdasarkan Madura. Warga Dayak merasa tersaingi olehwarga Madura.
Penyelesaian          : polisi menunda seorang pejabat lokakdiduga sebagai dalang pada kerusuhan ini.

2.PelanggaranHAM yg terjadi di lingkungan sekitar


No.

Lingkungan

Contoh Pelanggaran HAM

1.
Keluarga
a)Pemaksaan kehendak terhadap anggota keluarga
b)Menyuruh hal-hal yg berat kepada adik
c)Kekerasan pada rumah tangga
2.
Sekolah
a)Ejek-ejekan antar teman
b)Perkelahian antar siswa
c)Tawuran
3.
Masyarakat
a)Pembedaan antara si miskin dan si kaya
b)Kerusuhan antar RT
c)Pembagian raskin yg tidak adil


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI