Perjanjian Linggarjati Isi Perjanjian Linggarjati Dan Hasil Perundingan Linggarjati Terbaru

Perjanjian Linggarjati, Isi Perjanjian Linggarjati, Latar belakang, Dan Hasil Perundingan Linggarjati -  Perjanjian Linggarjati sangat erat kaitannya menggunakan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Perjanjian Linggarjati atau Perundingan Linggarjati merupakan negosiasi atau perjanjian yg dilaksanakan antara Republik Indonesia dengan Negara Belanda di Linggarjati yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Perjanjian Linggarjati sangat penting lantaran Perjanjian Linggarjati akan membentuk sebuah persetujuan berdasarkan ke 2 belah pihak mengenai status kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Perundingan Linggarjati dilaksanakan pada tanggal 15 November 1946 pada Istana Merdeka (Jakarta) serta akhirnya disetujui dan disahkan menggunakan pertanda tangan perwakilan menurut ke 2 belah pihak dalam lepas 25 Maret 1947.


Perjuangan bangsa Indonesia tidak berhenti sesudah bendera merah putih dikibarkan Lantaran selesainya indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945 negara belanda mulai melancarkan agresi kembali. Dikarenakan dalam masa itu Indonesia telah merdeka akhirnya Indonesia memilih jalur diplomatik buat merampungkan perkara menggunakan menggelar Perundingan Linggarjati. Perundingan linggarjati tentunya membuat isi dan keputusan serta berikut merupakan Isi Perjanjian Linggarjati, Dan Hasil Perundingan Linggarjati.
Baca Juga : Penjajahan Belanda Di Indonesia (Latar Belakang, Sejarah, Akibat)

Berdasarkan perundingan linggarjati yg digelar, akhirnya Perundingan Linggarjati menghasilkan keputusan yakni : 
  1. Belanda mengakui secara "de Facto" bahwa daerah RI meliputi pulau Jawa, pulau Sumatera serta pulau Madura.
  2. Belanda wajib menarik pasukan dan meninggalkan daerah NKRI. Dan diberi tempo paling lambat tanggal 1 Januari 1949
  3. Pihak Indonesia serta Belanda setuju buat membangun Republik Indonesia Serikat (RIS).
  4. Dikarenakan bentuk negara indonesia adalah RIS maka indonesi wajib taat dalam Commonwealth atau lebih dikenal menggunakan persemakmuran Indonesia Belanda menggunakan belanda sebagai pemimpin.

Perundingan Linggarjati yang dilaksanakan antara pemerintah belanda menggunakan pemerintah Indonesia menghasilkan naskah persetujuan Perjanjian Linggarjati yang secara resmi ditandatangani dalam tanggal 25 Maret 1947. Perjuangan bangsa Indonesia tidak berhenti setelah munculnya hasil negosiasi linggarjati karena di kemudian hari akan ada perjanjian-penjanjian lainnya yang tentunya akan memberikan pengaruh dalam kemerdekaan Indonesia.
Baca Juga : Agresi Militer Belanda I
Perjanjian Linggarjati adalah awal menurut terciptanya RIS. Setelah perundingan linggarjati muncul lah perjanjian-perjanjian lain serta Agresi Militer Belanda yg disebabkan belanda ingin menguasai Indonesia kembali. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru