Perkembangan Geografi

Istilah geografi dikemukakan pertama kali olehErasthosthenes (276-195 SM), yg berarti geo = bumi serta graphein = gambaran,jadi geografi adalah citra tentang bumi. Sejarah perkembangan ilmu geografidibedakan sebagai 5 pandangan sesuai menggunakan zamannya yaitu:

1. Geografi Klasik

Geografi telah dikenalsejak zaman Romawi antik dan pengetahuan tentang bumi pada masa itu masihdipengaruhi oleh mitologi dan cerita rakyat. Pada awalnya ruang muka bumi banyakdigambarkan oleh para pelancong, mereka menyebutkan pengalaman mereka ketikamenemukan daerah yang tidak sama dengan wilayah asalnya. Beberapa tokoh geografiklasik antara lain: Amaximandaros, Thales, Herodotus, Erasthosthenes,Ptolomeus.
Baca jua:
Contoh soal studi kasus geografi pada UN
Perbedaan perlindungan DAS hulu dan hilir
Dampak pemukiman bagi lingkungan hidup
Ancaman Indonesia pada bidang ipolesosbudhankam
Konjungsi, oposisi dan elongasi planet
Terbentuknya gunung api di zona subduksi
Perbedaan batuan beku dengan sedimen itu apa
Soal UN geografi 2018 dan jawabannya

2.  Geografi Abad Pertengahan
Pada akhir abadpertengahan, uraian-uraian tentang geografi masih berisikan laporanperjalanan,baik output perjalanan darat juga laut. Pada abad ini motif parapelancong sudah mencakup gold, glory, gospel. Pada masa ini banyak ditemukanwilayah-wilayah baru. Masa ini seringkali disebut pula menggunakan  Revolusi Geografi. Beberapa tokoh geografiabad pertengahan diantaranya:  Marcopolo,Bartholomeus Diaz,  Vasco Da Gama,Columbus, Amerigo Vespucci serta Copernicus, Ibnu Khaldun.
3.  Geografi Modern ( abad 18 )
Pada masa ini geografisudah dianggap suatu disiplin ilmu ilmiah serta sudah dilihat berdasarkan segi ilmupraktis. Beberapa tokoh geografi modern antara lain: Immanuel Kant, AlexanderVan Humbolt, Karl Ritter, Charles Darwin.

4.  Geografi Akhir abad ke 19-abad ke 20
Ciri pandangan geografiakhir abad ke 19 merupakan terhadap iklim, tanaman , hewan serta terhadap bentangalam. Kebanyakan pakar geografi dalam periode ini memperdalam geologi padapenelitiannya serta kajian geografi insan semakin berkurang. Beberapa tokohgeografi zaman ini merupakan Fiederich Ratzel, Ferdinand Von Ritchoften,Hartshorne, Vidal De la Blache, Preston E. James, Frank Debbenham.

5. GeografiMutakhir

Perkembangan geografisaat ini lebih menunjuk dalam upaya pemecahan masalah yang dihadapi manusia.geografi nir sanggup tanggal dari ilmu lainnya serta sudah memakai metodekuantitatif dan peranti komputer dalm penyelidikannya. Tokohnya antara lainWrigley, Peter Hagget.

Dalam perkembangannya ilmu geografi dibagi sebagai dua paham yaitu
fisisdeterminis dan posibilism. Fisisdeterminis beranggapan bahwa kehidupan manusia ini sepenuhnya dikendalikanoleh faktor alam misalnya iklim, cuaca serta lain sebagainya. Artinya paham fisisdeterminis menganggap insan sebagai mahluk yg pasif. Possibilism beranggapanbahwa faktor insan lah yang paling dominan dalam kehidupan ini sehinggafaktor alam dapat diantisipasi oleh perkembangan teknologi manusia. Artinya possibilsm menganggap manusia sebagai mahlukyang aktif. 


Baca jua:
Ciri-ciri tanah podsolik serta pengusahaannya
Lahan kritis dan huma potensial
Tokoh-tokoh geografi klasik serta karyanya
Kode promo quipper video terbaru
Contoh soal geografi level sulit alias HOTS
Tahap-termin pembentukkan fosil
Faktor terjadinya evaporasi air permukaan
Kunci jawaban UN Geografi lengkap
Rumus iklim schmidt ferguson
Rumus hitung perumbuhan penduduk alami serta total

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru