Perubahan Musim Pada Daerah Lintang Tengah

Pergeseran semu tahunanmatahari menyebabkan adanya perubahan ekspresi dominan pada wilayah lintang tengah, baikpada daerah lintang utara (LU) maupun lintang selatan (LS).adapun perubahanmusim pada daerah lintang tengah, baik lintang utara/belahan bumi utara (Eropa,Rusia, Jepang, Cina utara, Canada, serta Amerika/USA), maupun lintang selatan/ belahan bumi selatan(Australia bagian selatan, Selandia Baru, Argentina, serta Chili selatan) dapatdilihat pada gambar berikut adalah:
Bagi daerah tropis,seperti Indonesia, pergeseran semu mata­hari tidak berpengaruh terhadap musimseperti halnya pada daerah lintang tengah. Sebab disparitas suhu rata-homogen baik suhuharian atau bulanan kecil.

Bagi daerah kita,pergeseran semu mentari hanya berpeng­aruh terhadap datangnya musimhujan dan musim kering. Indonesia sebagai negara yangterletak pada antara 2 benua, yaitu benua Asia dan Australia dipengaruhi olehangin musim yg berganti arah setiap 6 bulan sekali. Pada bulanApril-September, mentari berkiprah berdasarkan khatulistiwa ke garis pulang utarakembali lagi ke khatulistiwa.

Di belahan bumi utara(Asia) tekanan udara minimum, sedang di belahan bumi selatan (Australia)maksimum. Angin beranjak dari Australia ke Asia, maka sebagian besar wilayahIndonesia, musim kemarau.

Pada bulanOktober-Maret, surya beranjak menurut khatulistiwa ke garis kembali selatan,pulang lagi ke khatulistiwa. Di belahan bumi utara (Asia) maksimum. Anginbergerak menurut Asia ke Australia. Pada saat itu sebagian akbar daerah Indonesiamusim penghujan.

Perlu pula diketahuibahwa arah angin musim atau angin muson ini pula mengikuti aturan BuysBallot (lihat balik uraian rotasi bumi dalam bagian terdahulu).

Demikian Perubahan Musim Pada Daerah lintang Tengah. Semoga berguna.
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI