Pola Aliran Sungai River Pattern

Sungai adalah air yg mengalir dalam suatu saluran yang pinggirnya dibatasi oleh tanggul alami atau lembah. Di muka bumi ini poly bermacam-macam sungai yg mempunyai pola/bentuk yg beranekaragam. Pola sungai bhineka dikarenakan aneka macam faktor seperti kemiringan, topografi serta struktur batuan pada lebih kurang sungai tersebut. Beberapa bentuk pola genre sungai diantaranya

Pola dendritik merupakan pola genre sungai yang berbentuk misalnya cabang batang pohon dan berada pada wilayah datar menggunakan struktur batuan homogen. 
Pola rektangular adalah pola genre sungai yang ditentukan sang struktur patahan, kekar serta rekahan di permukaan bumi. Bentuknya memiliki sudut yang siku-siku.
Pola sentripetal merupakan pola aliran sungai yang mengarah dalam satu cekungan (memusat).
Pola sentrifugal merupakan pola genre sungai yg menunjuk menuruni zenit pegunungan (menyebar).
Pola trellis merupakan pola aliran sungai yang berkembang pada struktur lipatan pegunungan dengan batuan selang-seling antara resisten dan lunak.
Pola anular adalah pola genre sungai yg berkembang pada daerah kubah (dome) dengan bentuk melingkar serta anak sungai yang nisbi tegak lurus menggunakan sungai utama.
Pola pinate adalah pola genre sungai yang berkembang pada daerah perbukitan terjal dengan anak sungai yg menyudut lancip menggunakan sungai induk.
Pola pararel merupakan pola aliran sungai yg anak sungainya sejajar dengan suangi primer serta berkembang pada wilayah dekat pantai atau wilayah lipatan monoklin, isoklin atau sesar yang sejajar.

Sumber:
Geomorfologi, Djauhari Noor. 2018

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI