PrinsipPrinsip Seni Rupa

Kompetensi dasar     : Mengekspresikan diri beerkaitan menggunakan karya seni rupa

Sub kompetensi gradasi : Prinsip-prinsip seni rupa meliputi paduan harmoni, kontras, irama serta gradasi


1.PRINSIP-PRINSIP SENI RUPA


A.Harmoni

Harmoni merupakan suatu pola rupa yg ditempatkan dalam suatu bidang dan mengutamakan aspek keselarasan antar unsur pada dalamnya (warna, bidang, dan bentuk). Harmoni terbentuk karena adanya unsur-unsur ekuilibrium, keteraturan, dan kepaduan yang masing-masing saling mengisi serta berimbang selaras.
B.Kontras

Kontras adalah suatu perasaan mengenai disparitas sesuatu pada seni rupa, kontras justru dipakai buat memperlihatkan hal-hal yg tidak sama atau buat tujuan fokus perhatian. Kehidupan ini terjadi karena paradoksal : ada siang malam, laki-laki perempuan , panas dingin, murung bahagia dll.
C.Irama


Irama merupakan bagaimana membentuk kesan bergerak terhadap unsur rupa baik garis, warana, ataupun bentuk. Pencapaian sebuah irama bisa secara berulang-ulang maupun bergerak maju, sebagai akibatnya secara keseluruhan nir terkesan monoton.
D.Gradasi



Gradasi adalah susunan warna atau bentuk yang berjajar menurut nada terkuat sampai terendah atau kebalikannya. Gradasi bisa dicapai melalui rona, bidang, ataupun bangun tiga dimensi.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI