Profil Negara Afrika Selatan

Negara yang akan diulas ini dia adalah salah satu negara terkaya di benua Afrika yaitu Afrika Selatan. Afsel tahun 2018 sukses menggelar Piala Dunia pertama di benua hitam. 
a. Kondisi geografis serta geomorfologis
Afrika Selatan adalah negara paling selatan di benua Afrika serta dapat dikatakan sebagai negara paling makmur diantara negara-negara Afrika lainnya. Afrika Selatan memiliki total luas wilayah 1.221.037 km2 dan beribukota di Pretoria. Batas geografis Afrika Selatan adala menjadi berikut
Utara        : Namibia, Botswana, Zimbabwe
Timur: Mozambik, Swaziland dan Samudera Hindia 
Selatan     : Samudera Hindia
Barat        : Samudera Atlantik

Daratan Afrika Selatan didominasi oleh plato-plato yang tersusun atas batuan beku. Afrika Selatan memiliki topografi homogen-rata 1.200 mdpl dan 40% antara lain memiliki ketinggian lebih menurut itu. Titik tertinggi pada Afrika Selatan terletak di Pegunungan Drakensberg yaitu tiga.446 mdpl. Secara geologi Afrika Selatan adalah negara yg memiliki diversitas deretan batuan sangat tinggi. Di negara ini bisa dijumpai batuan-batuan yg mencakup holistik rentang saat skala geologi.
b. Kondisi iklim serta vegetasi
Pada umumnya Afrika Selatan mempunyai tipe iklim sedang dengan curah hujan nisbi ringan dan sinar mentari yang terik sepanjang hari. Lebih berdasarkan seperlima bagian Afrika Selatan menerima curah hujan kurang dari 200 mm per tahun dan curah hujan secara bertahap menurun dari timur ke barat. Hujan jatuh terutama pada ekspresi dominan panas antara bulan Oktober serta April. Di wilayah yang  kering terutama pada daerah dataran tinggi plato, jumlah curah hujan serta awal isu terkini hujan bervariasid ari tahun ke tahun. Di daerah barat daya, syarat cuaca termasuk kategori Mediteran yg dipenagruhi angin barat menurut Samudera Atlantik. Angin tersebut membawa hujan pada musim dingin antara bulan Juni dan September.
c.kondisi asal daya alam
Afrika Selatan merupakan negara pembuat emas terbesar di dunia serta mencapai 2 kali lipatnya produksi Amerika Serikat. Endapan Pilgrim Rest-Sable di Tranvaal Timur adalah lokasi awal dilakukannya penambangan emas dalam tahun 1872. Hanya kurang lebih 12% luas Afrika Selatan yg dibudidayakan sebagai pertanian dan 8% merupakan wilayah hutan. Afrika Selatan juga terkenal menjadi produsen berlian bermutu tinggi pada global. Sebagian akbar tambang berlian pada Afrika Selatan berlokasi di wilayah Kimberley Utara. Berlian pada Afrika Selatan dihasilkan menurut ekstraksi Kimberlite yaitu batuan ultra basa yg tidak lazim dijumpai dan dijumpai dalam struktur volcanic pipe, sill serta dyke.

d. Kondisi sosial ekonomi
Dengan sumber daya mineral yang melimpah, Afrika Selatan berkembang secara pesat sebagai negara yang makmur. Salah satu indikator dari pesatnya perekonomian pada Afrika Selatan adalah menggunakan berhasilnya negara tersebut menyelenggarakan perhelatan Piala Dunia pertama pada benua Afrika dalam tahun 2018. Afrika Selatan merupakan negara multi ras dan multi etnis di global. Ras Negroid mendominasi 79% dari total populasi penduduk Afrika Selatan, sisanya 10% ras kulit bening, 9% ras adonan serta 2% ras Asia. Politik Apartheid yang berlaku menurut 1948-1994 telah membuat jurang antara kaum pribumi kulit gelap dengan kaum kulit tanpa cacat. Ras pribumi menjadi kaum marjinal dibandingkan ras pendatang sebagai akibatnya hal tadi menyebabkan aneka macam pertarungan sosial yg berkepanjangan. Setelah Politik Apartheid dihapus dalam 1994, perubahan mulai dirasakan oleh kaum pribumi meskipun masih ada segelintir kelompok yg masih belum mendapat terhadap perlakuan yg mereka alami selama berpuluh-puluh tahun yang kemudian.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru