Profil Negara Amerika Serikat

Siapa nir kenal negeri Paman Sam, oleh penguasa dunia pada banyak sekali bidang ketika ini. Amerika Serikat merupakan negara yang menguasai peta percaturan politik dan perdagangan global. Dengan kekuatan teknologinya mereka kini menjadi leader diantara negara-negara lain.
a. Kondisi Geografis
Amerika Serikat merupakan negara adikuasa di global dengan merajai sektor-sektor penting di dunia waktu ini dengan teknologi dan stabilitas ekonomi yg mereka miliki. Amerika Serikat terdiri atas 50 negara bagian dan beribukota pada Washington D. C.  Batas geografis negara Amerika Serikat merupakan menjadi berikut
Utara: Kanada
Timur: Samudera Atlantik
Selatan: Mexico
Barat: Samudera Pasifik 

Secara geomorfologis Amerika Serikat didominasi sang dataran tinggi dan plato dengan puncak tertinggi merupakan Mc. Kinley (6.194 mdpl) pada Alaska. Secara geologis Amerika Serikat dapat dibagi sebagai tiga bagian yaitu bagian timur, bagian tengah dan bagian barat. Bagian timur adalah formasi Pegunungan Rocky, Sieran Nevada serta Andes. Bagian tengah adalah dataran rendah luas (Great Plains) yg pada dalamnya mengalir sungai-sungai akbar seperti Suangai Missisippi, Sungai Missouri serta Sugnai Ohio. Bagian timur tersusun atas Pegunungan Appalachia dan Pegunungan Alleghany. 
b. Kondisi Iklim dan Vegetasi
Secara generik Amerika Serikat tergolong iklim sedang lantaran terletak di belahan bumi bagian utara dekat kutub. Sebagai sebuah negara dengan daratan yg luas, variasi iklim Amerika Serikat sangat poly. Daratan Amerika Serikat ditentukan oleh kondisi Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Arus Udara dingin menurut Kutub Utara. Di isu terkini dingin antara Desember hingga April negara bagian utara mengalami suhu terdingin serta mencapai titik beku. Pada bulan Januari dan Februari suhu udara pada utara mulai hangat sang impak Angin Chinook menurut Pegunungan Rocky. Sementara itu di bagian selatan suhu berbanding terbalik menggunakan di utara menggunakan syarat suhu yg jarang jatuh mencapai titik beku. Amerika Serikat juga termasuk dalam negara siaga badai tornado khususnya pada bagian tengah. Negara bagian Oklahoma adalah negara bagian yang masuk jalur tornado super besar.
c. Kondisi Sumber Daya Alam
Amerika Serikat termasuk negara yg mempunyai kekayaan asal daya alam yang melimpah mulai dari pertanian, hutan sampai barang tambang. Sampai waktu ini Amerika Serikat sebagai penghasil batu bara terbesar pada global. Amerika Serikat memiliki 31,2% cadangan batu bara dunia senilai 30 triliun serta 750 juta Ha hutan bernilai 11 triliun. Sektor pertanian pada Amerika Serikat dikelola menggunakan manajemen yang sangat baik serta didukung dengan teknologi yg terbaru. Hasil pertanian andalan Amerika Serikat antara lain terigu, jagung, kedelai, kapas dan butir-buahan. 

d. Kondisi Sosial Ekonomi
Penduduk Amerika Serikat sangat tidak sejenis dan terdiri berdasarkan banyak sekali suku bangsa sebagai akibatnya kebudayaannya beragam. Penduduk orisinil Amerika Serikat adalah suku Indian dan Eskimo sedangkan sisanya merupakan migran menurut Eropa dan banyak sekali benua lain. Tingkat pendidikan rakyat Amerika Serikat sangat tinggi dan banyak menghasilkan ilmuwan-ilmuwan dan miliarder yg dari dari universitas terkemuka misalnya Harvard University, Massachusetts Institute of Technology serta Boston University. Dengan sistem pemerintahan liberal, rakyat Amerika Serikat bebas melakukan ekspresi yang beliau sukai asal nir mengganggu kepentingan orang lain. Hal tersebutlah yang menyebabkan poly masyarakat negara lain yg pindah ke Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat sangat memberikan perhatian tinggi terhadap perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan dengan tujuan menguasai perekonomian dan teknologi dunia.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI