Profil Negara Brasil

Siapa yg tidak kenal Brasil, negara yang terkenal menggunakan talenta-talenta sepakbola terbaik misalnya Neymar, Ronaldo,Kaka serta Pele?. Bagi kalian yg punya tugas mendeskripsikan negara Brasil, berikut aku berikan ulasan singkatnya.

a.kondisi geografis dan geomorfologis
Brasil adalah negara terluas pada benua Amerika Selatan dan memiliki daerah hutan hujan terbesar pada global yaitu Amazon. Luas total daratan Brazil mencapai 8.515.767 km2 dan membentang menurut utara khatulistiwa sampai batas khatulistiwa selatan. Bentuk negara Brazil merupakan Republik Federal dan beribukota pada Brasilia. Batas geografis negara Brazil merupakan sebagai berikut
Utara        : Guyana, Suriname, Venezuela
Timur: Samudera Atlantik
Selatan: Urug uay, Argentina, Paraguay
Barat        : Bolivia, Peru, Kolombia

Topografi Brazil berada di antara 200 sampai 800 mdpl. Daerah dataran tinggi mendominasi di bagian selatan berdasarkan negara tadi yg tersusun atas batuan geologis antik yg naik dampak gaya tektonik. Pembagian wilayah fisikal Brazil dapat dibagi sebagai lima daerah yaitu Dataran Tinggi Guyana di utara, Dataran Rendah Amazon, Daerah Pantanal pada Tengah, Dataran Tinggi Brasil dan Dataran Rendah Pesisir dekat Samudera Atlantik. Cekungan Amazon adalah daerah terluas dan selalu banjir ketika isu terkini penghujan tiba. 
Brazil diisi sang sistem sungai yang kompleks terutama Sungai Amazon yg terdiri atas ratusan anak sungai yg mengalirkan debit air yg luar biasa besar . Sungai Amazon memiliki total panjang kurang lebih 6.437 km dan merupakan yang terpanjang ke 2 sehabis Sungai Nil pada Afrika. Hutan tropis Amazon menyimpan keanekaragaman spesies fauna dan flora yg luar biasa dan beberapa spesies masih menjadi rahasia. Beberapa spesies terkenal dariwilayah Amazon antara lain Piranha, Anaconda, Lumba-lumba Amazon, Teratai Raksasa serta Arwana.

b. Kondisi iklim serta vegetasi
Pola iklim Brazil secara umum termasuk ke dalam iklim tropis dan subtropis lembab kecuali di bagian timur bahari yg kering. Sebagian akbar daratan Brazil memiliki suhu rata-rata tahunan yang tinggi yaitu di atas 22˚C. Hanya pada daerah bagian selatan serta pada wilayah topografi tertinggi yang memiliki rata-rata suhu di bawah 22˚C. Musim semi jatuh dalam bulan September hingga Desember, trend panas dalam Desember, Januari dan Februari, trend gugur dalam Maret, April, Mei dan ekspresi dominan dingin pada Juni, Juli hingga Agustus.

c. Kondisi sumber daya alam
Pada tahun 2018 56.lima % wilayah Brazil adalah hutan hujan tropis yang di dalamnya masih ada aneka macam macam sumber daya hayati misalnya karet, kayu putih dan berbagai macam jenis kayu lainnya. Di sektor pertambangan, Brasil diperkirakan mempunyai cadangan bijih besi sebesar 48 miliar ton dan sebesar 18 miliar ton terindikasi masih ada pada Pegunungan Carajas yaitu bagian timur menurut daerah Amazon. Selain bijih besim Brazil jua memiliki deposit mangan sebesar 208 juta ton, 2 miliar ton bauksit serta 53 juta ton nikel. Selain mineral tersebut, beberapa mineral lain yang mempunyai nilai irit adalah uranium, grafit, emas dan tungsten. Brasil juga menghasilkan 90% menurut total pasokan batu mulia di dunia seperti berlian, topaz dan zamrud. Dataran Brazil pula dihiasi oleh beberapa lokasi padang rumput yang bisa diusahakan sebagai ladang peternakan sapi, keledai dna biri-biri. Daerah peternakan terbesar pada Brazil terletak di perbatasan dengan Argentina yaitu pada daerah Campos (Savana). Brazil pula populer menjadi negara produsen kopi terbesar di dunia.

d. Kondisi Sosial Ekonomi
Meskipun Brazil mempunyai luas daratan serta kekayaan biologi dan non biologi yg akbar, tetapi dengan kondisi  tadi belum mampu dimaksimalkan sang pemerintah sebagai akibatnya sampai waktu in Brazil masih tergolong sebagai negara berkembang. Ekonomi Brazil melambat secara signifikan selama 2018 serta 2018 menurut 2,7% menuju 0,9%. Pemerintah Brazil ketika ini sedang memprogramkan invenstasi akbar-besaran di berbagai bidang seperti pembangunan perkotaan, wahana sosial dan infrastruktur transportasi, Pemukiman kumuh atau tak jarang dianggap Favela poly bermuculan di pinggiran kota-kota akbar di Brazil serta sering menjadi sarang pelaku kriminalitas. Di Rio de Janeiro serta Sao Paolo, sepertiga penduduk kota tinggal di. Meskipun begitu Brazil populer menjadi pembuat talenta pesepakbola terbaik di dunia misalnya Pele, Romario, Ronaldo, Ronaldinho hingga Neymar. Berkat kekuatan sepakbola mereka, Brazil hingga ketika ini adalah pemegang gelar terbanyak Piala Dunia menggunakan koleksi 5 gelar.

Sumber: disini disini disini disini disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru