Profil Negara India

Akhir-akhir ini poly program sinetron India masuk ke Indonesia dan karenanya saya akan coba bahas mengenai negara Bollywod ini.

a.kondisi geografis dan geomorfologis
India adalah sebuah negara yang berlokasi pada Asia bagian selatan serta seringkali dianggap juga menjadi anak benua Asia. Daratan India memiliki total luas tiga.287.590 km2 serta beribukota pada New Delhi. Batas geografis India adalah sebagai berikut
Utara        : Tiongkok, Nepal serta Bhutan
Timur: Teluk Bengal, Bangladesh
Selatan: Sri Langka
Barat        : Pakistan, Laut Arab
  
Secara struktural daratan India dapat dibagi sebagai 3 wilayah yaitu 
·Daerah Pegunungan Himalaya  dan Lembah Besar pada bagian utara. Wilayah ini didominasi oleh Pegunungan Himalaya, Dataran Tinggi Kashmir dan Lembah Kulu.
Dataran Rendah Gangga terletak di bagian tengah sepanjang 2400 km. Daerah ini dialiri oleh 2 sungai besar yaitu Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra. Daerah ini adalah wilayah subur dan menjadi sentra pertanian serta loka konsentrasi sebagian akbar penduduk India. 
·Semenanjung India terletak di wilayah selatan, berupa wilayah perbukitan, dataran tinggi dan Plato Deccan.

b. Kondisi iklim serta vegetasi
India memiliki dua tipe iklim yaitu tropis di bagian selatan serta subtropis di bagian utara. Dengan kondisi tersebut India memiliki 3 macam animo yaitu Musim Panas (Maret hingga Mei), Musim Hujan (Juni sampai September) serta Musim Dingin (Oktober sampai Februari). 

c. Kondisi asal daya alam
Sumber daya alam terpenting menurut India merupakan tanah dan air. Di bagian tengah, endapan aluvial Sungai Gangga menaruh dampak pada potensi pertanian yg sangat akbar. Sebagian akbar produksi padi serta terigu India didapatkan pada wilayah ini. Asal daya hutan juga merupakan potensi terbesar berdasarkan India yang mencakup 23 % berdasarkan luas daratannya. Potensi mineral tambang yg cukup akbar pada India adalah batu bara, bijih besi, bauksit serta tembaga. Minyak bumi dan gas alam jua masih ada pada wilayah Assam serta Gujarat. Berlian pula termasuk keliru satu komoditas ekspor menurut India.

d. Kondisi sosial ekonomi
India memiliki jumlah penduduk ke 2 terbesar di global yaitu mencapai 1,2 milyar jiwa. Dengan asal daya insan yg besar , India terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu negara menggunakan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Berdasarkan data IMF, pertumbuhan ekonomi India sangat semakin tinggi tajam dalam beberapa tahun terakhir dan kini menduduki rangking ke 11 dalam hal PDB. 
Penduduk India dominan beragama Hindu dan masih menganut sistem kasta pada kehidupan sosialnya. Meskipun agama Hindu mendominasi India namun kepercayaan lain seperti Islam serta Kristen masih poly dijumpai bahkan bangunan arsitektur terindah di India yaitu Taj Mahal dari menurut peradaban Islam. Sumber pendapatan ekonomi terbesar India adalah sektor industri, pertambangan dan tekstil. Selain itu sektor industri otomotif India juga mendongkrak pendapatan India misalnya sepeda motor, skuter dan becak bermesin. 

Sumber: disini disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru