Profil Negara Perancis

Siapa yg nir kenal Perancis, salah satu pusat mode dunia serta kota-kota romantis ada di sini. Perancis adalah negara dengan luas daerah terbesar kedua pada Eropa setelah Rusia serta peringkat kelima pada hal jumlah populasi penduduk. Berikut data singkat Perancis

Ibukota : Paris
Populasi : lima,5 juta jiwa
Luas daerah : 212, 935 km persegi
Kota primer : Paris, Marseille, Lille, Bordeaux

Batas Geografis
Utara  : Belgia, Luxemburg, Jerman
Timur : Swiss, Italia, Laut Mediterania
Selatan : Spanyol, Andorra,
Barat : Samudera Atlantik, Selat Dover

Secara sejarah serta budaya, Perancis memainkan peranan penting pada Eropa Barat dan pula memiliki peranan di dunia internasional menggunakan jumlah koloni yang relatif banyak pada banyak sekali benua. Dengan kondisi geografis yang strategis serta baik, Perancis menjadi pembuat pertanian terkemuka pada Eropa dan dunia serta sebagai galat satu kekuatan industri dunia.

Landmark Geografi

Dua pertiga berdasarkan wilayah Perancis adalah pegunungan dan perbukitan, menggunakan Alpen, Pyrenees serta Vosges membentang. Mont Blanc di Pegunungan Alpen merupakan gunung tertinggi di Eropa.

Pantai Mediterania termasuk wilayah wisata populer, di Riviera Perancis yg panas, demam isu panas yg kering dan ekspresi dominan dingin ringan membuatnya sebagai pantai yang populer.

Menara Eiffel merupakan galat satu landmark nasional Perancis. Dengan tinggi 1050 kaki, Eiffel sebagai keliru satu struktur yang paling dikenal pada dunia. Katedral Notre Dame dibangun pada 1163. Ini merupakan gereja terbesar di Perancis. Katedral tersebut diakuui global pada kitab terkenal "The Hunchback of Notre Dame" oleh Victor Hugo. Buku itu jua dibuat menjadi film yg sukses.

Titik-Titik Penting

Paris merupakan keliru satu kota yg paling indah di global, dan daerah wisata populer. Paris didirikan sang, dan dinamai sang suku Celtic, Parisii. Paris merupakan sentra budaya datu mode utama di Eropa dan global.

Louvre merupakan keliru satu yang paling dikenal, dengan galeri seni terbaik pada global. Tempat ini berisi poly seni paling terkenal pada dunia, termasuk Mona Lisa.
Arc de TriompheThe Arc de Triomphe adalah keliru satu ikon Paris lainnya. Gerbang ini adalah titik masuk ke Champs Elysees.

Kegiatan Industri

Secara historis, pertanian adalah galat satu industri primer Perancis. Prancis masih menjadi penghasil primer anggur kelas dunia.

Industri sekarang semakin pesat pada negara ini. Prancis menghasilkan kendaraan beroda empat, produk kedirgantaraan, dan barang-barang manufaktur lainnya. Negara Zinedine Zidane ini jua adalah pembuat utama produk kimia. Fashion, tekstil serta pariwisata juga memainkan peran krusial pada ekonomi Perancis.
Sejarah Negara

Awal mula penduduk Perancis merupakan kaum Celtic dalam masa1000 SM. Kemudian orang-orang Romawi mengambil alih daerah pada 58 SM. Pada 486 M, suku Jermanik dianggap "Frank"  menyerbu daerahini . Prancis mendapat namanya menurut Frank.
Pada abad ke-17 serta ke-18 Prancis diperintah oleh monarki kerajaan (Louis). Penjelajah Perancis menemukan banyak bagian global, serta mendirikan koloni Perancis di semua global.

Pada awal abad ke-19, Napoleon Bonaparte menaklukkan sebagian besar Eropa serta pertanda dirinya sebagai Kaisar. Dia akhirnya dikalahkan pada Pertempuran Waterloo pada tahun 1815. Pada tahun 1789, Revolusi Perancis berhasil menggulingkan monarki. Hal ini mengakibatkan pembentukan Majelis Nasional, dan menentukan pemerintahan.

Penduduk serta Budaya

Penduduk Perancis memiliki dari-usul yang sangat majemuk. Banyak orang sudah menetap di Perancis termasuk bangsa Celtic, Romawi, Jerman, Rusia, Asia, Afrika dan Amerika Utara. Populasi cenderung bervariasi dari daerah.
Secara historis, Prancis didominasi rakyat pedesaan. Hari ini kurang lebih 75% menurut orang tinggal diperkotaan.

Seni serta budaya adalah bagian penting berdasarkan Perancis. Banyak seniman terkenal, misalnya Renoir dan Monet, dari dari Perancis. Beberapa penulis populer, termasuk Victor Hugo yang menulis Le Miserables dan Bongkok menurut Notre Dame, berasal berdasarkan Perancis. Olahraga juga terkenal, menggunakan Sepakbola sebagai olahraga utama. Pesepakbola handal poly timbul dari negara ini misalnya Zidane, Platini, Cantona hingga Pogba. Perancis jua populer menggunakan "Tour de France,"  balap sepeda sepanjang 2500 mil.

Iklim serta Cuaca

Prancis terletak pada pertengahan jalan antara khatulistiwa dan Kutub Utara. Hal ini menyebabkan negeri ini memiliki iklim sedang. Sebagian besar daerah ada yg sangat panas atau dingin. Sepanjang pantai Mediterania, cuaca hangat saat Gulf Stream menyediakan udara hangat buat musim dingin ringan dan ekspresi dominan panas yang kering. Wilayah pegunungan cenderung lebih dingin, menggunakan hujan yg relatif serta salju.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI