Profil Sadiq Khan Wali Kota London beragama Islam pertama dalam sejarah

Salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa bisa pula ditinjau dari bagaimana tingkat kedewasaan rakyat negara tersebut dalam berpolitik. Dalam hal ini london, ibukota sebuah negara yg secara umum dikuasai penduduknya beragama nonmuslim, inggris. Baru-baru ini, london sukses melaksanakan pemilu serta menelurkan seorang pemimpin (walikota), yang menjadi khas kali ini merupakan, walikota tadi beragama islam. Ia bernama Sadiq Khan. Seorang muslim tulen keturunan pakistan yg menjadi migran ke inggris. 

Sadiq Khan terpilih berdasarkan kubu Buruh. Ia resmi terpilih sebagai wali kota london, inggris dalam jumat 6 mei 2018. mengalahkan saingan terberat dari kubu Konservatif, Zac Goldsmith. Seperti dirilis The Guardian Sadiq Khan memenangi pemilihan dengan perolehan 44 % bunyi, sedangkan Goldsmith 35 %. Yang akhirnya secara resmi Sadiq Khan menjabat sebagai wali kota london buat periode 2018-2020. Teripilihnya Sadiq Khan menjadi walikota london ini tercatat menjadi yg pertama kali dalam sejarah, pertama kali ibukota negara adikuasa inggris dipimpin sang seorang muslim.
Sadiq  Khan lahir di London pada tahun 1970 di Rumah Sakit St George di Tooting, London Selatan, Ia adalah anak kelima menurut delapan bersaudara (tujuh putra serta seseorang putri) di sebuah famili imigran Pakistan.

kakek-neneknya bermigrasi berdasarkan India ke Pakistan sesudah pakistan pecah menurut India dalam tahun 1947, serta orangtuanya bermigrasi ke Inggris dari Pakistan tak usang sebelum Khan lahir. Almarhum ayahnya, Amanullah Khan, bekerja menjadi sopir bus selama lebih berdasarkan 25 tahun; ibunya, Sehrun, merupakan seseorang penjahit.

Dia tumbuh di sebuah apartemen padat di Tooting yang dikenal dihuni warga multietnis dan multikultur di London selatan. Komunitas lebih kurang Khan tinggal inilah yang nantinya akan menempa Khan menjadi politisi yg bangga menggunakan keberagaman.

Khan menyelsaikan pendidikan sd di Fircroft school dan Ernest Bevin College, sebuah sekolah umum lokal. Khan belajar ilmu pengetahuan dan matematika di A-level, lantaran khan bercita cita menjadi seseorang dokter gigi. Pada suatu waktu Seorang guru menganjurkan khan untuk membaca buku2 aturan, karena melihat kepribadian yang khan argumentatif. Saran sang guru ini serta ditambah menggunakan sebuah tayangan televisi LA Law, khan akhirnya menemui titik pulang, ia tertarik pada bidang hukum.

Khan menerima gelar di bidang aturan berdasarkan University of North London. Pada 1994 kemudian beliau sebagai pembela terdakwa resmi pada firma hukum Christian Fisher. Di sinilah lalu ia berjumpa dengan pengacara Saadiya yg lalu dia persunting sebagai istrinya

Sebagai pengacara, Khan ahli pada bidang pembelaan hak asasi manusia. Pada 2018, ia ditunjuk oleh Perdana Menteri Inggris saat itu, Gordon Brown, menjadi seorang menteri. Ia sebagai Muslim pertama pada Inggris yang menjadi seseorang menteri.

Khan menikah Saadiya Ahmed, sesama pembela terdakwa resmi, pada tahun 1994 dan mempunyai 2 anak perempuan , Anisah (lahir 1999) dan Ammarah (lahir 2018).

Khan akan menggantikan wali kota sebelumnya yang dijabat Boris Johnson. Peristiwa ini menandai sejarah baru, yaitu buat kali pertama seseorang Muslim memimpin Kota London.

Di Eropa, Khan adalah Muslim kedua yang sebagai wali kota, sesudah sebelumnya ada Ahmed Aboutaleb yg sebagai Wali Kota Rotterdam, Belanda.

Sementara saingan terberat khan pada pemilu ini adalah Zac Goldsmith seorang aktivis lingkungan dan anggota parlemen menurut Partai Konservatif. Dia adalah putra taipan keuangan James Goldsmith. Goldsmith berulang kali melancarkan kampanye yang menuduh Sadiq mendukung grup ekstremis Islam.

Serangan Goldsmith justru efektif membentuk solidaritas gerombolan minoritas di London buat mendukung Khan. Seperti dirilis dalam situs //politicalscrapbook.net, kota-kota kecil menggunakan kelompok etnik minoritas memberi dukungan kepada Khan sampai 60 %.

Imigran Asia dan kulit gelap, Muslim, Sikh, Hindu, serta terutama India jua mendukung Khan. Kantor keterangan AFP pula mencatat, kampanye kotor Goldsmith memicu preferensi para pemilih buat beralih memilih Khan. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru