Proposal Membuka Usaha Keripik Nangka Nang Crunch


Proposal Membuka Usaha 

Keripik Nangka "Nang Crunch"


BAB I
PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
Buah nangka merupakan butir yg mudah dicari. Buah nangka selain baunya harum serta dagingnya manis, butir nangka juga mempunyai poly manfaat bagi kesehatan diantaranya mengurangi penyakit jantung, mencegah kurang darah, serta juga anti kanker. Tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, buah nangka pula bisa diolah sebagai produk pangan yang mempunyai nilai jual, salah satunya adalah Keripik nangka.
Keripik nangka adalah salah satu bentuk produksi industri yg memasak butir nangka menjadi keripik. Keripik adalah kuliner ringan yg sangat digemari oleh warga , lantaran rasanya yang legit serta nikmat. Keberadaan industri semacam ini sangat berpengaruh pada menaikkan ekonomi warga lokal, lantaran bisa menyerap energi kerja, sekaligus menaruh nilai tambah pada butir-buahan dan bisa berakibat sebagai asal pendapatan.
Mengingat saat ini produksi keripik mulai menjamur pada pasaran, karenanya kami ingin ikut berkompetisi dibidang yg sama yaitu menggunakan mendirikan bisnis Keripik Nangka “Nang Crunch”. Meskipun sama-sama beranjak pada bidang produksi kuliner ringan, tetapi kami ingin mencoba dan memperkenalkan kuliner ringan yang lebih menurut pada yg lain

2.1 Tujuan
  1. Mendirikan usaha mandiri yg dapat membuka peluang kerja serta mengangkat perekonomian rakyat.
  2. Memenuhi kebutuhan konsumen terhadap makanan ringan.
  3. Meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam mengolah produk makanan ringan yg murah, sehat, serta bergizi.


BAB II
ASPEK PRODUKSI

2.1 Deskripsi Usaha
Jenis produk yang kami tawarkan berupa keripik yg berbeda berdasarkan produk lainnya, yang terdapat pada Magelang serta sekitarnya. Dari buah nangka, kami olah sedemikian rupa sebagai akibatnya membentuk cita rasa yang khas. Keunikan yang dimiliki produk ini sendiri yaitu berbahan dasar dari buah nangka asli, mempunyai rasa cantik yang spesial , crispy, tahan usang, bebas berdasarkan bahan pengawet, menyehatkan, serta cocok buat dijadikan makanan ringan keluarga atau teman ngobrol pada ketika kalem.
Selain itu, pada melakukan pengolahan, kami memilih bahan yg berkualitas, sebagai akibatnya kualitas mutu terjamin. Penambahan nama dan pengemasan yg unik, diharapkan bisa menarik konsumen untuk membeli produk kami. Pengelolaan terhadap bisnis ini terbilang mudah, serta cepat diterima rakyat. Kami berharap berdasarkan usaha ini, nantinya bisa berkembang menggunakan pesat serta menaruh laba yg relatif besar .
2.2 Rencana Pemasaran
  1. Masyarakat kurang lebih Magelang.
  2. Masyarakat pada luar wilayah Magelang
  3. Masyarakat pecinta kuliner ringan

2.tiga Proses Produksi

Bahan yang Dibutuhkan
  • buah nangka segar, tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter


Cara membuat Keripik Nangka:
  1. Kupas butir nangka serta bersihkan kulit beserta jeraminya, belah daging butir, buang bijinya lalu pangkas ujung-ujungnya.
  2. Rendam butir nangka dangan air larutan kapur sirih sampai 5 jam
  3. Cuci higienis buah nangka kemudian tiriskan sampai benar-benar kering
  4. Untuk mendapatkan hasil yg sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama lima jam
  5. Kemudian tambahkan kedalam mesin vacuumfrying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90oC
  6. Goreng hingga matang serta buih dalam minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan.
  7. Simpan keripik nangka kedalam wadah kedalam wadah atau plastik rapat udara supaya rasa renyah serta gurihnya tahan lama
2.4 Kapasitas Produksi
350 butir/bulan
1 buah = lima kg
Daging butir nangka = 3 kg x 350 buah = 1050 kg
Jumlah produksi = 3000 produk/bulan
          = 100 produk/hari
Jadi, perkiraan penjualan selama satu bulan adalah membentuk 3000 produk serta lebih kurang 100 produk perhari yg akan disebar/didistribusikan di wilayah Magelang dan sekitarnya. Jika permintaan semakin tinggi, jumlah produksi perhari bisa dinaikkan


BAB III
ASPEK PEMASARAN
    1. Peluang Pasar

Buah Nangka bukan nama asing lagi bagi rakyat Indonesia. Buah yang terkenal dengan rasa cantik ini tentu memiliki poly penggemar. Tak hanya manis saja, buah nangka juga mempunyai kadar air yang tinggi dan vitamin C, vitamin A, Kalsium, zat besi, niasin serta riboflavin yg tentu saja sangat diperlukan sang tubuh.
Namun Nangka nir hanya bisa dinikmati pribadi saja, melainkan mampu dibuatkan suatu cemilan yg gurih dan renyah bernama Keripik Nangka. Keripik Nangka “Nang Crunch” akan sangat digemari sang warga karena rasa dari nangka itu sendiri yang manis.
Peluang pasar buat keripik nangka tentu saja masih terbuka lebar, karena waktu ini belum poly toko oleh-sang atau pasar yg menyediakan keripik nangka sebagai jajanannya. Untuk itu kami di sini menggunakan bahagia hati akan berbagi bisnis Keripik Nangka “Nang Crunch” yg akan kami geluti. Karena kami yakin masyarakat akan tertarik dengan keripik yang cita rasanya lezat , lezat dan legit dan masih sulit buat ditemukan di daerah lebih kurang.

    1. Pasar Sasaran

Target Pemasaran Keripik Nangka “Nang Crunch” yg kami pilih meliputi :
  1. Remaja
  2. Dewasa sampai usia 50 tahun
  3. Masyarakat Kelas atas
  4. Masyarakat Kelas menengah ke bawah
  5. Masyarakat pecinta kuliner ringan (Cemilan)

    1. Bauran Pasar

  1. Price
Perencanaan bahan produksi dan alat produksi akan kami lakukan dengan sungguh-benar-benar supaya terciptanya harga produk yg rendah namun permanen berkualitas. Harga produk kami akan sangat terjangkau oleh rakyat lantaran kami memiliki sasaran pasar hingga warga ekonomi menengah ke bawah serta remaja atau pelajar sekolah.

  1. Product
Dengan harga yang terjangkau kami tidak akan melupakan tentang kualitas produk yang akan kami pasarkan. Kami akan selalu menjaga indera produksi tetap higienis sehingga produk keripik nangka yang dihasilkan jua akan terhindar menurut berbagai bakteri. Kami juga akan menentukan nangka menggunakan kualitas yang baik buat kesempurnaan produk yg kami buat. Kami jua menjamin produk terbebas menurut bahan pengawet atau bahan berbahaya lainnya. Kami pula akan mengutamakan rasa original pada keripik nangka yang kami buat.

  1. Place
Memiliki produk yg berkualitas menggunakan harga yg murah akan sulit dijangkau sang warga jika kami menentukan tempat bisnis pembuatan atau pemasaran pada tempat yang nir strategis.
Oleh karenanya, supaya bisnis yg kami bangun dapat terus tumbuh maka kami akan menciptakan loka pemasaran di loka yg ramai misal dekat jalan raya, atau dekat menggunakan toko perbelanjaan. Tetapi, untuk waktu ini kami masih akan menciptakan keripik nangka di rumah kami. Kami yakin bisnis kami akan sukses sebagai akibatnya kami mampu membuka toko atau tempat pembuatan pada loka yg strategis seperti yg telah disebutkan tersebut.

  1. Promotion
Dalam segi promosi kami akan memakai beberapa cara kenaikan pangkat yg menurut kami cocok untuk bisnis yg akan kami jalankan yaitu :
  1. Online
Karena kami belum membuka toko di tempat yg lebih strategis, maka kami memakai promosi online sebagai kenaikan pangkat utama kami. Kami akan menggunakan aneka macam sosial media seperti Instagram serta Facebook untuk promosi online kami. Pelanggan pula mampu memesan melalui Instagram atau Facebook dan kami siap buat mengirimnya ke loka pelanggan.

  1. Pamflet
Promosi kedua yang akan kami pakai adalah dengan memasang pamflet pada tempat-loka yg strategis misalnya pada pinggir jalan. Tentu saja, masyarakat akan meluangkan waktunya untuk membaca pamflet kenaikan pangkat kita.

    1. Persaingan dan Strategi Bersaing

  1. Strength
Usaha keripik nangka yang akan kami jalankan tentu saja akan mempunyai kekuatan yg indah serta tahan dalam berbagai keadaan ekonomi. Lihat saja, rakyat kini cenderung lebih senang membeli kuliner-kuliner ringan, dan keripik nangka akan sebagai keliru satu pilihannya.

  1. Weakness
Kelemahan bisnis kami adalah butir nangka yg terkadang sulit di bisa dan menciptakan harganya mahal. Tetapi kami akan mencoba buat mengatasi hal ini, karena kami memiliki sasaran pasar warga kelas menengah kebawah.

  1. Opportunities
Kesempatan buat mencoba wilayah baru dalam pemasaran keripik nangka kami akan terbuka lebar mengingat keripik nangka masih jarang ditemui pada daerah-daerah.

  1. Threat
Ancaman bukan menjadi momok yg angker bagi kami. Ancaman yg mungkin terjadi merupakan keluarnya pengusaha lain yg menjajal peruntungan pada bisnis keripik nangka seperti kami. Tetapi, dengan hal-hal baru yang mungkin akan kami tawarkan pada bisnis keripik nangka kami misalnya rasa yang tidak selaras akan permanen menciptakan bisnis kami jauh diatas dari  yg lainnya. Namun kami jua akan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mencoba usaha seperti kami (Win Win).


BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
4.1 Kepemilikan
Dalam usaha yang kami rencanakan ini, dikelola sang Agung Prasetyo Sapto Pamungkas serta Muhammad Khoirul Muna, serta kami sudah putusan bulat utuk mendirikan usaha Keripik Nangka “ Nang Crunch “ ini.

4.dua Struktur Organisasi

4.tiga Tenaga Kerja
Untuk waktu ini, kami belum memerlukan tenaga kerja lantaran buat memulai bisnis yang sedang kami rencanakan ini, kami masih bisa melakukan proses produksi dan pemasaran sendiri.


BAB V
ASPEK KEUANGAN
5.1 Prediksi Pendapatan
Harga Produk: @100gr = Rp 10.000,00
Dalam 1 hari bisa memproduksi lebih kurang 100 produk, jadi pada sebulan hasil yg didapat dapat dihitung menggunakan : 100 produk x Rp 10.000,00 x 30 hari = Rp 30.000.000,00/bulan

5.2 Prediksi Biaya
Modal Awal
No
Nama
Biaya
1
MUI ( izin halal )
Rp    150.000,00
2
Pembuatan Merk
Rp    100.000,00
3
Kompor Gas
Rp    500.000,00
4
Alat Pemotong Nangka
Rp 1.500.000,00
5
Penjepit Plastik
Rp    500.000,00

Total Modal Awal
Rp dua.750.000,00

Peralatan
No
Nama
Kuantitas
Harga Satuan
Biaya
1
Pisau
5 buah
Rp      20.000,00
Rp      100.000,00
2
Baskom
10 buah
Rp      10.000,00
Rp      100.000,00
3
Keranjang
10 buah
Rp        5.000,00
Rp        50.000,00
4
Mesin Vacuum Frying
1 unit
Rp 9.800.000,00
Rp   9.800.000,00
5
Mesin Peniris Minyak
1 unit
Rp 1.500.000,00
Rp   1.500.000,00
Total Biaya
Rp 11.550.000,00

Bahan Baku
No
Nama
Kuantitas
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Buah Nangka
350 buah
Rp   15.000,00
Rp lima.250.000,00
2
Minyak Goreng
10 kg
Rp   20.000,00
Rp    200.000,00
3
Kapur Sirih
30 bungkus
Rp     lima.000,00
Rp    150.000,00
4
Tepung Bumbu
35 bungkus
Rp   10.000,00
Rp    350.000,00
5
Pewarna Makanan
3 Ons
Rp     lima.000,00
Rp      15.000,00
6
Kemasan Alumunium Foil
100 Gram x 3000 bungkus
Rp        600,00
Rp 1.800.000,00
Total Biaya
Rp 7.765.000,00


Beban Operasional
No
Nama
Biaya/bulan
Beban Administrasi Umum
1
Transportasi
Rp  400.000,00
2
Listrik
Rp  100.000,00
3
Air
Rp  250.000,00
4
Gas
Rp  100.000,00
Beban Penjualan
1
Iklan atau Promosi
Rp  100.000,00
Total Biaya
Rp  950.000,00


5.3 Prediksi Laba/Rugi
Penghasilan Usaha
Penjualan KotorRp 30.000.000,00
Potongan PenjualanRp 300.000,00
Retur PenjualanRp 100.000,00 +
Rp      400.000,00  –
Penjualan BersihRp 29.600.000,00
Harga Pokok PenjualanRp 27.000.000,00  –
Laba Kotor UsahaRp   2.600.000,00
Beban Usaha
Beban Administrasi UmumRp 850.000,00
Beban PenjualanRp 100.000,00 +
Total Beban UsahaRp     950.000,00   –
Laba Bersih UsahaRp  1.650.000,00
Penghasilan serta Beban Diluar Usaha
PenghasilanRp 280.000,00
BebanRp -
Rp     280.000,00   +
Pendapatan Bersih Sebelum PajakRp  1.930.000,00


DAFTAR PUSTAKA


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI