Proposal Pembuatan Sistem EPemilu Berbasis Online Part 1

Tugas Softskill
PROPOSAL PEMBUATAN SISTEM E-PEMILU BERBASIS ONLINE


Kelas : 4IA15

Mata Kuliah :Pengantar Bisnis Informatika

Nama Kelompok:

1. AisyahSuprih Asmoro (50411484)
2. IntanOctaviani (53411645)
3. MahdhikaJuliansyah (54411246)
4. MochammadFajar Budi Utomo (54411523)
5. MuhammadFaris Al Fatih (54411827)
6. PrastikaDedyana (55411559)
7. SherlyMaria Pangaila (56411737)
8. Tio PratamaAgung (57411119)


UNIVERSITASGUNADARMA
2014


TABLE OF CONTENT

COVER........................................................................................................ 1
TABLE OFCONTENT................................................................................... 2
EXECUTIVESUMMARY............................................................................... 3
PENDAHULUAN.......................................................................................... 4
TANGGAPAN............................................................................................... 7
RINCIANBIAYA........................................................................................... 8
KESIMPULAN.............................................................................................. 9
METODOLOGITAHAPAN PENGERJAAN................................................... 10
METODOLOGITIME TABLE..................................................................... 11
DAFTARPUSTAKA..................................................................................... 12

ExecutiveSummary

E-pemiluWeb Based Application adalah sebuah pelaksanaan berbasis web yang akandijalankan secara online, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan para masyarakatpada ketika menentukan calon anggota pemerintahan tanpa harus datang ke TPU,
Berikut ini proyekpengembangan pelaksanaan yg akan dikerjakan :




Pemilihan Umum (Pemilu) Secara Online

Pengantar

a. Definisi Pemilihan Umum:

PemilihanUmum (Pemilu) merupakan salah satu cara dalam sistem demokrasi buat memilihwakil-wakil rakyat yg akan duduk pada forum perwakilan masyarakat, serta salahsatu bentuk pemenuhan hak asasi warga negara di bidang politik. Pemiludilaksanakan buat mewujudkan kedaulatan warga . Sebab, masyarakat tidak mungkinmemerintah secara pribadi. Karena itu, diharapkan cara buat memilih wakilrakyat pada memerintah suatu negara selama jangka waktu eksklusif. Pemiludilaksanakan menggunakan menganut asas eksklusif, generik, bebas, rahasia, jujur, danadil.

b. Definisi Daring (Online):

Daringatau online merupakan bila terhubung pada suatu site menggunakan perantarajaringan internet serta teknologi yg sesuai sehingga mampu terhubung satu samalain menggunakan menggunakan barang elektronik seperti komputer, hp, tablet, danlainnya.

c. Tujuan :

Tujuanpemilihan umum secara online adalah buat memudahkan warga dalam memilihcalon wakil rakyat guna membentuk suatu pemerintahan yang baik dan benar.

d. Hal-hal yg perludiperhatikan dalam pembuatan sebuah website pemilihan generik :

- Membuat sebuah website yang bisa dimengerti serta mudah digunakan olehorang awam menggunakan memakai tampilan yg user friendly.

- Harus memperhatikan basis data berdasarkan masukan yang sudah dipilih agartidak terjadi kerangkapan data berdasarkan masing-masing pemilih.

- Website tersebut nir hanya dipakai buat melakukan pemilihanumum, tetapi pula memperkenalkan masing-masing calon wakil rakyat agarmasyarakat mengetahui siapa saja calon wakil rakyat yang bisa dipilih baiksecara pribadi maupun online.

- Dilengkapi menggunakan petunjuk untuk penggunaan website tadi seperticara mendaftar serta cara memilih calon wakil masyarakat.

- Membuat sebuah web-security supaya tidak dapat menggunakan gampang diretasoleh pihak yg nir berwenang.

e. Modul

- Prinsip dasar buat menangani kerumitan pada perancangan sebuahwebsite merupakan menggunakan melakukan dekomposisi terhadap sistem menjadi beberapabagian yang sempit atau kecil.

- Unit dekomposisi disebut modul.

- Didalam dekomposisi wajib menggunakan kentara rancangan website perbagian(desain database, pembuatan database, desain web, pembuatan web, koneksi antaradatabase menggunakan website, dsb)

f. Programmer

- Programmer adalah seorang yg bekerja merancang sebuah systemuntuk membantu memudahkan pekerjaan manusia yg menggunakan media komputer.dalam hal ini programmer bekerja buat menciptakan, mendesain, serta merancang sebuahdatabase serta website pemilihan umum dalam bahasa pemrograman PHP.

g. Admin

- Admin bertugas buat memonitoring website, memanajemen website, sertamembackup secara bersiklus .

- Monitoring website. Memastikan bahwa website berfungsi menggunakan baikatau nir, mengelola log server serta menganalisa trafik terhadap website dalambentuk laporan terpola.

- Manajemen website. Bertanggung jawab atas website baik berdasarkan segikemananan maupun fitur-fitur (modul) yang disediakan, membuat akun user untukdapat memakai hak pilih pada website pemilihan generik.

- Admin wajib memiliki keterampilan pada bidang ini.

h. Kualitas Produk PerangkatLunak

- Kegunaan yaitu pemenuhan terhadap kebutuhan pengguna. Sebelummelakukan pembuatan pemuli online terdapat baiknya melakukan survei pada parapengguna. Terutama kepada pengguna yg nir mengerti akan kemajuan teknologionline yang berada didaerah terpencil. Didalam survei yg dilakukan dapatmeliputi memberikan warta apa itu sistem pemilu online dan bagaimana caramenggunakannya. Kemudian melakukan uji coba terlebih dahulu secara berskalasehingga saat terdapat beberapa bagian yg tidak sinkron dengan kebutuhanpengguna bisa digantikan dengan yang lebih mudah buat pengguna. Sehinggasistem yg telah dibuat telah sangat sesuai menggunakan dengan kebutuhan penggunadan kegunaan yang diinginkan bisa tercapai.

- Keandalan yaitu kemampuan pada melaksanakan fungsi yg diinginkan.ketika berdasarkan bagain kegunaan telah terpenuhi menggunakan baik maka fungsi-fungsi yangdibuat didalam sistem tersebut akan saling terhubung menggunakan baik antar satudengan yg lain sebagai akibatnya nir terdapat fungsi yg terabaikan.

- Kejelasan yaitu penulisan acara dilakukan secara kentara serta mudahdimengerti. Dalam hal ini berkaitan erat menggunakan seseorang programmer. Dimanaseorang programmer harus memperhatikan dengan detail setiap script yang dibuatsehingga sesuai menggunakan interface atau desain dari pemilu online yang telahdibuat.

- Efisiensi yaitu terutama dalam ketika serta penggunaan memory. Pemiluoneline bisa menggunakan penyimpanan dengan bantuan sistem cloud. Dimana ketikapemilu online telah terimplementasi secara sempurna sanggup menyimpan data-datadari pengguna ke dalam sistem cloud yang dipilih. Pemilu online ini jua bisadapat berhemat ketika, dimana jika seorang pengguna yang memilikihardware(computer atau smartphone) yang sudah terkoneksi suatu jaringan dapatlangsung melakukan pendaftaran secara online tanpa wajib melakukan pemilihansuara pada TPS.


Tanggapan

Kamitelah mendatangi gedung KPU serta mendiskusikan dengan pihak dari KPU tentangpembuatan E-pemilu , maka kami mengajukan kerja sama pada pembuatan E-pemilutersebut. Berikut kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan pada membuat sistem nya:

A.kebutuhanUmum

Kebutuhan umumproject yg ditawarkan kepada kami meliputi:

a. Pembuatan sampaidengan pengimplementasian Aplikasi E-Pemilu
b. Penyelenggaraanpelatihan dan alih teknologi ke pihak KPU
c. Penyediaandokumen project, kitab manual serta source code dari aplikasi yg akandikembangkan buat diberikan kepada KPU danmerupakan copyright KPU.

B.kebutuhanPengembangan Sistem

Berikutpenjelasan menurut pengembangan sistem yg dibentuk sinkron dengan modul :


Baca Proposal Pembuatan Sistem E-Pemilu Berbasis Online (Part dua) : Disini
Ingin File selengkapnya ? Download : Disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI