Proses Terbentuknya Atol dan Penyebarannya

Pernakah kalian mendengar istilah Atol?. Atol adalah sebuah deretan pulau karang
berbentuk melingkar yg berada di tengah samudera . Lalu bagaimana sebuah atol bisa terbentuk pada tengah samudera ?. Proses pembentukan formasi atol sangat erat kaitannya menggunakan proses geologi. Salah satu teori yang diyakini dapat menyebutkan terbentuknya atol merupakan menjadi teori Hot Spot. Hot Spot adalah sebuah titik panas pada pada bumi yang membentuk sebuah intrusi magma sampai mencapai permukaan bumi dan membentuk sebuah pulau. Menurut teori Hot Spot, urutan pembentukan atol merupakan sebagai berikut:
  1. Terdapat suatu  kegiatan magmatik dalam suatu titik panas.
  2. Titik panas tadi kemudian tumbuh dan berkembang sebagai gunung api di bawah laut.
  3. Gunung api di dasar bahari tadi lalu meletus serta sesudah itu tidak aktif (mangkat ).
  4. Setelah berjuta-juta tahun gunung barah tadi kemudian berubah sebagai pulau dan bergeser menurut posisi semula karena pergerakan lempeng.
  5. Pulau sisa gunung barah tadi lalu ditumbuhi sang kumpulan karang yang berkembang menjadi barrier rief serta kemudian menjadi atol.
Atol poly terbentuk di daerah tropis dan subtropis khususnya di wilayah Samudera Pasifik. Lalu dimana letak atol terindah di dunia?. 
1. Atol Takabonerete
Atol Takabonerete adalah salah satu atol yang terdapat pada Indonesia tepatnya pada Sulawesi Selatan. Tak banyak orang yg mengetahui mengenai keberadaan atol indah ini sehingga promosi wisatanya belum begitu sebanyak objek wisata lain misalnya Raja Ampat. Luas total atol ini mencapai 220 ribu Ha menggunakan sebaran terumbu karangan 500 km persegi. 

2. Atol Funafuti
Atol Funafuti terletak pada Samudera Pasifik tepatnya pada Kepulauan Tuvalu. Tuvalu termasuk pada negara terpencil di dunia sehingga hanya sedikit turis yg tiba ke negara ini.  Atol Funafuti memiliki lebar sekitar 20 sampai 400 meter. 


3. Tikehau Atol
Atol Tikehau adalah bagian menurut Kepulauan Tuamotu di Pasifik. Atol ini memiliki pantai yg berwarna putih sampai pink sehingga sangat terlihat cantik. Beragam jenis ikan jua terhampar pada daerah ini bahkan dari penelitian merupakan yg terbesar pada antara Kepulauan Polinesia Pasifik.

4. Atol Lighthouse
Atol lighthouse terletak pada daerah Belize di dekat Meksiko. Atol ini memiliki bentuk seperti bola mata bila dilihat dari udara. Di tengah atol ini terdapat sebuah daerah perairan jernih yg relatif dalam serta adalah titik diving yang sangat indah. Para wisatawan dapat melihat gugusan-perpaduan batu kapur di bawah atol ini.
5. Atol Suvadiva Maladewa
Atol ini terletak di Kepulauan Maladewa pada Samudera Hindia. Maladewa merupakan sebuah negara kepualauan yg terdiri dari perpaduan pulau karang kecil dan 26 pulau Atol. Sckuba diving dan snorkeling adalah aktivitas yg bisa dilakukan wisatawan di sini. Maladewa merupakan keliru satu destinasi favorit wisatawan di global karena estetika atolnya.


Itulah sekilas tentang proses terbentuknya atol serta beberapa lokasi penyebarannya pada bumi. Bagaimana?Tertarik buat berwisata ke sana?

Sumber serta Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru