Proses Terbentuknya Mineral Intan

Intan?. Siapa yang tak terpesona dengan mineral yg satu ini. Intan atau berlian merupakan galat satu mineral batu mulia yang poly dicari orang karena harganya yg mahal serta keindahannya. Lalu bagaimana sebenarnya proses pembentukan mineral intan?.
Akhir-akhir ini banyak sekali fakta atau artikel yang menyebutkan bahwa intan asal berdasarkan metamorfosis batubara serta teori tersebut diragukan kebenarannya. Intan sporadis sekali ditemukan keterdapatannya bersamaan menggunakan batubara. Kenyataannya menurut para pakar mineralogy, intan tertua berumur lebih tua daripada mahluk hidup tertua pada bumi (tumbuhan asal batubara). 

Baca pula:
Bentang alam struktural serta cirinya
Cara menjawab soal prinsip geografi di UN

Masalah lainnya merupakan, lapisan batubara merupakan lapisan batuan sedimen yg menunjuk horizontal sedangkan keterdapatan intan yaitu pada lapisan batuan beku yg mengarah vertikal. Hingga saat ini terdapat 4 teori pembentukkan intan yaitu:
Kebanyakan deposit intan yang bersifat komersil berasal berdasarkan erupsi gunung barah yg memindahkan intan dari bawah sampai ke atas permukaan bumi. Lapisan pada mantel tempat terdapatnya deposit berlian dinamakan Diamond Stability Zone. Deposit intan tersebut bisa mengalir hingga ke atas bagian atas kerak bumi menggunakan cepat waktu erupsi terjadi. Jenis batuan yg mengandung intan adalah xenolith.
2. Subduction Zone Diamonds
Zona subduksi terdapat di batas pertemuan lempeng lautan dan lempeng benua, dimana salah satu lempeng masuk ke pada lapisan mantel bumi. Ketika lempeng tersebut masuk ke mantel, maka tekanan dan suhu akan meningkat dan menciptakan mineral intan. Mineral intan yang bersifat komersil sporadis ditemukan pada proses pembentukkan seperti ini. Deposit intan jenis ini sangat mini dan nir cocok buat diolah menjadi perhiasan komersil. Baca pula: Rumus sex ratio dan dependency ratio
3. Asteroid Impact Diamonds
Keterdapatan intan ditemukan pada kurang lebih lubang bekas ukiran asteroid. Bumi telah dijatuhi banyak asteroid selama sejarah pembentukkannya pada masa lampau. Tekanan serta panas yg didapatkan tumbukan asteroid cukup untuk membentuk mineral intan. Mineral intan tipe ini tidak bagus buat diolah secara komersil.
4. Diamond Formed in Space
Keterdapatan intan jua ditemukan pada meteorit. Para pakar berpendapat intan tersebut terbentuk pada luar angkasa dampak gesekan sesama asteroid atau kejadian lainnya. Intan dalam meteorit sangat mini dan tidak cocok buat diolah secara komersil. Baca pula: Dampak letusan gunung api bagi kehidupan

Baca pula: Bedanya batuan beku intrusif dan ekstrusif
Sumber dan Gambar

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru