Proses terjadinya gerhana matahari total 9 maret 2018

Gerhana mentari total lepas 9 maret 2018 hanya terjadi di indonesia. Penyebab terjadinya gerhana mentari total ini sama saja dengan kenyataan gerhana lainya, yakni ketika matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus. So, sinar surya, tertutupi sang bulan buat beberapa waktu. Lantaran ketiga benda langit berkiprah (berotasi dan berevolusi), maka posisi garis lurus ini hanya sementara saja.
lihat gambar di bawah

Penjelasan:

1. Bumi berputar mengelilingi mentari , disaat bersamaan bulan berputar mengelingi bumi. Dalam satu ketika eksklusif, ketiga benda langit ini berada dalam satu titik lurus yang menyebabkan sinar mentari terhalang bulan. Yang mengakibatkan eklips matahari total di sebagian wilayah bumi. Pada hal ini pada indonesia. 

2. Penumbra, adalah bayangan samar surya yang tertutupi bulan. Bayangan ini bersifat tipis jadi tidak terlalu gelap, diameternya memang besar , namun nir fokus dan bukan gerhana matahari total.

3. Umbra, ini merupakan bayangan inti atau fokus berdasarkan bulan yg menenghalangi mentari . Kenapa bayangan umbra ini mini , ya karena disparitas diameter mentari dan bulan yg tidak sinkron jauh. Bulan sangat kecil. Catatan, gambar diatas tidak dalam skala yang sahih.

Maka perhatikan titik umbra diatas yg mengenai jalur wilayah indonesia mulai berdasarkan sumatrea hingga sulawesi. Titik fokus umbra inilah yang dianggap eklips surya total.

Kenapa eklips matahari terjadi hanya pada tempat tertentu.

Penjelasanya adalah lantaran, tergantung posisi mentari bulan dan bintang dalam ketika terjadinya gerhana. Secara aturan fisika, posisi garis edar ketiga benda langit ini bergeser seluar beberapa kilometer, terkadang mentari relatif kebawah, bumi relatif keatas bulan relatif kebawah. Begitu seterusnya. Dan, ini menyebabkan titik umbra (fokus byangan) juga berpindah2.


Kenapa gerhana matahari Terjadi puluhan tahun sekali

Di indonesia gerhana mentari total ini termasuk langka. Terjadi 33 tahun sekali. Tahun 2018, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang daratannya akan dilintasi GMT. Fenomena ini pernah terjadi sebelumnya, yaitu dalam tahun 1983. Kemudian akan terjadi pada 9 Maret 2018. Setelah itu, Anda mampu melihatnya pulang pada tahun 2018. Jadi ini merupakan fenomena langka yang terjadi seumur hayati.

Penjelasanya balik lagi pada aturan alam diatas, dimana surya bulan bintang bergerak sinkron garis edar masing masing. Kebetulan bertemunya itu ya pas 33 tahun sekali tepat diatas daerah indonesia.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI