Puisi Bung Karno Aku Melihat Indonesia Karya Presiden Soekarno

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menangis saat membuka Kongres IV PDI-P di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Kamis (9/4/2015). Ia tidak kuasa menunda air mata karena terharu sehabis membaca puisi kreasi Presiden Soekarno, sesaat sebelum memukul gong penanda dibukanya kongres tersebut.
Puisi kreasi Bung Karno yg dibacakan Megawati dalam acara pembukaan kongres itu berjudul "Aku Melihat Indonesia". Judul puisi itu sama dengan tema Kongres IV PDI-P yg berlangsung mulai 9-12 April 2018.
megawati (doc. Kompass.com)

Berikut ini puisi lengkap karya presiden soakarno (bung karno)
Aku Melihat Indonesia
Jika saya berdiri di pantai Ngliyep
Aku mendengar lautan Indonesia bergelora
Membanting pada pantai Ngeliyep itu
Aku mendengar lagu – sajak Indonesia
Jikalau aku melihat
Sawah menguning menghijau
Aku tidak melihat lagi
Batang padi menguning – menghijau
Aku melihat Indonesia
Jika aku melihat gunung-gungung
Gunung Merapi, gunung Semeru, gunung Merbabu
Gunung Tangkupan Prahu, gunung Klebet
Dan gunung-gunung yang lain
Aku melihat Indonesia
Jikalau saya mendengar pangkur palaran
Bukan lagi pangkur palaran yang kudengarkan
Aku mendengar Indonesia
Jika saya menghirup udara ini
Aku tidak lagi menghirup udara
Aku menghirup Indonesia
Jika aku melihat wajah anak-anak di desa-desa
Dengan mata yg bersinar-sinar
(berteriak) Merdeka! Merdeka!, Pak! Merdeka!
Aku bukan lagi melihat mata manusia
Aku melihat Indonesia!

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI