Pura Besakih Tempat Menggapai Nirwana

Kalau pada Thailand terdapat Angkor Wat maka Indonesia jua tidak kalah hebat punya pura Hindu terbesar serta terindah di global yaitu Pura Besakih. Terletak pada lereng bagian selatan Gunung agung, Pura Kahyangan Jagad Besakih berdiri kokoh serta latif pada Deas Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali. Desa Besakih dari dari kata sansekserta "Basuki" yg artinya "keselamatan". Pura ini adalah pura induk di Bali lantaran berdiri pada desa menggunakan ketinggian tertinggi diantara desar lain. 
Bangunan ini dibangun dalam abad ke 14 tersusun atas 22 pura yg berjajar di kaki pegunungan, dengan struktur teras bertingkat serta anak tangga yg kian menanjak, sinkron menggunakan filosofi  spiritual Hindu buat terus menaikkan bepergian menuju zenit gunung serta Sang Pencipta.

Dari gerbang masuk, wisatawan akan menuju dalam struktur Meru zenit menara primer, Pura Penataran Agung, yg sebagai pura terbesar pada pada kompleks Pura Besakih. Sebagai pura induk, Pura Besakih adalah jantung berdasarkan semua kegiatan persembahyangan Agama Hindu Dharma yang menjadi agama utama masyarakat Bali dimana terdapat lebih menurut 70 upacara kegamaan yang dilangsungkan disana setiap tahunnya.

Pura Besakih ini bisa diakses menggunakan 1 jam bepergian kendaraan beroda empat dari Bandara Ngurah Rai. Dari tempat parkir menuju pura, para wisatawan harus melewati area pedagang makanan serta suvenir yg relatif panjang dan menjadi penguji rasa sabar lantaran beberapa pedagang acapkali memaksakan buat menjual barang dagangannya pada pengunjung.

Pura Besakih merupakan loka ibadah kepercayaan Hindu Dharma sehingga wisatawan wajib bersikap sopa dan nir bertingkah usil mengutak atik benda apapun di pada pura dan mengenakan busana tata cara berupa sarung dan ikat yang telah disediakan pada pintu masuk.

Wisatawan dapat mencapai pura terbesar tetapi hanya umat yang hendak beribadah yang diperbolehkan masuk pura lainnya. Apabila ingin menggunakan jasa guide, disana telah terdapat beberapa jasa tadi dengan harga bervariasi. Guide nantinya akan membantu pengunjung buat tahu kompleks pura misalnya makna gesekan di pura yang menceritakan kisah Ramyana serta Mahabrata.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI