Rencana Pemerintah Ubah Skema Pensiun PNS Gaji Dipotong 15 Persen


Pegawai negeri sipil (PNS) harusbersiap-siap gajinya dipotong 15 persen per bulan. Hal tersebut akan berlakujika planning skema dana purna tugas baru yg dipersiapkan pemerintah benar-benardilaksanakan tahun 2018.

Potongan iuran dana pensiun 15 persenper bulan itu terbilang akbar. Sebab, sebelumnya potongan hanya 4,75 %.selama ini rabat dana pensiun mampu kecil lantaran sebagian dibebankan ke APBN.

"Konsep kami 10 sampai 15persen dari semuanya (gaji PNS, Red). Tapi, uang itu jadi milik PNS terkait,setelah pensiun dikembalikan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur kemarin (7/tiga) di Jakarta.

Asman menyatakan, skema pensiunbaru tadi masih akan dibahas bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu).sistem baru itu disebut fully funded, menggantikan sebelumnya, pay as you go.

Perbedaan utama contoh usang dan baruskema purna tugas PNS adalah besaran iuran yg dipotong dari gaji setiap bulan.model baru akan jauh lebih besar . Dana pensiun sepenuhnya berasal berdasarkan iurangaji PNS. Tidak ada lagi sokongan APBN.

Beban pensiunan PNS ke APBN memangcukup tinggi. Data menurut gambaran rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentanggaji, tunjangan, dan fasilitas PNS Kementerian PAN-RB mengungkapkan,belanja pensiundiAPBN 2018 mencapai Rp 103,26 triliun. Tahun ini belanja pensiun membengkak jadiRp 107,98 triliun. Jika skema pay as you go dilaksanakan terus-menerus, pada2074 belanja pensiun pada APBN mencapai Rp 248,56 triliun.

Saat ini potongan gaji PNSsebenarnya sudah mencapai 10 %, akan tetapi itu untuk beberapa item iuran. Selainpotongan dana purna tugas 4,75 %, ada rabat untuk tunjangan kesehatan dantunjangan kematian. Artinya, PNS harus siap-siap dipotong lebih dari 20 persengaji bila rabat dana purna tugas saja sudah mencapai 15 %.

Asman konfiden sistem purna tugas baruyang tengah digodok akan mempertinggi kesejahteraan pensiunanPNS. Dia mencontohkan, pejabat eselon I (sekelas direkturjenderal dan sekretaris daerah) memiliki gaji utama Rp 44 juta selama sebulan.jika hanya dipotong 10 % misalnya kini , mereka akan menerima lebih kurang Rp4 juta tiap bulan selesainya purna tugas. "Itu buat hidup pada Jakarta nggakcukup," pungkasnya.

PNS yg baru (seleksi CPNS 2018)akan mengikuti contoh pensiun yang baru. Sedangkan bagi yang usang, akanditerapkan dua metode. Baik metode pay as you go juga fully funded."Misalnya, PNS yang sepuluh tahun lagi baru pensiun, akan berlaku duametode," ujar Asman.
Sumber: //www.jawapos.com

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru