RPP Geografi SMA Prinsip Geografi

Pada postingan kali ini aku akan bagikan model RPP materi Prinsip Geografi pada jenjang SMA. Terus terang materi awal misalnya konsep, prinsip serta pendekatan menurut aku sangat sulit sekali mengajarkannya pada anak didik. Untuk itulah kita sebagai pengajar harus memikirkan dengan keras bagaimana memakai istilah/kata/kosakata yg sesuai buat perkembangan murid usia SMA. Setelah sekitar lima tahun mengajar aku terus belajar bagaimana cara mengungkapkan materi tersebut dalam murid. Sebelum masuk ke materi tentang prinsip penyebaran, interelasi, deskripsi serta korologi maka hendaknya kita harus tahu dulu apa yang dimaksud menggunakan prinsip. Jadi ketika anda masuk kelas jangan eksklusif membuka kelas dengan berkata:
"Baiklah anak-anaka, pada hari kini kita akan belajar mengenai prinsip geografi!"
"Taukah apa itu prinsip geografi?"
Jika anda melakukan hal tersebut, aku konfiden anak-anak tidak akan memahami dengan benar tentang makna "prinsip" itu sendiri. Dengan dasar itulah kita harus membuka dulu pengalaman-pengalaman anak didik yg terkait dengan prinsip atau sanggup menggunakan analogi. Jadi dalam RPP saya membuat skenario kalimat pembuka menjadi berikut:
"Anak-anak, coba kalian perhatikan/pikirkan (observe/imagination) ada nir benda yg selalu kalian bawa kemana pun engkau pulang?, mengapa benda tersebut selalu dibawa?"
Setelah itu abaikan selama beberapa mnt (lima mnt) mereka memikirkan serta bercerita sedikit.
Setelah itu baru kita giring mereka menuju materi.
"Nah, anak-anak itulah yang dinamakan prinsip"
"Dalam hidup ini kita niscaya memiliki prinsip, begitu pun sebuah ilmu termasuk geografi" 
Setelah itu aktivitas belajar mampu dilakukan menggunakan diskusi grup serta presentasi. Bapak/Ibu mungkin memiliki modifikasi tersendiri dalam aktivitas inti dan RPP punya saya tentu nir paripurna hanya sharing pengalaman saja. Bagi yg punya pengalaman lain boleh di share di komentra. Trims.


Gambar:

disini

RPP Prinsip Geografi 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI