RUANG PARTISIPASI PUBLIK TERKAIT KURIKULUM 2018 YANG DILUNCURKAN KEMDIKBUD


Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesiameluncurkan ruang partisipasi publik terkait Kurikulum 2018 melalui SMS khusus1771, serta situs pengaduan.kemdikbud.go.id bagi semua masyarakatIndonesia. Masyarakat bisa mengirim masukan, atau pengaduan dengan mengirimkanpesan singkat ke angka 1771 menggunakan mengetik KUR (spasi) kiprah#masukan,atau dengan mengisi formulir media jaringan pada situs pengaduan.kemdikbud.go.id yangtersedia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) AniesBaswedan mengungkapkan pemerintah bertekad untuk menyebarkan terus kurikulumdengan proses yg baik. Salah satu ciri proses pengambilan kebijakan yg baikadalah dengan pelibatan yang luas semua pemangku kepentingan pendidikan,termasuk para pihak di luar struktur pengambil kebijakan serta lembagapendidikan. “Kurikulum merupakan milik beserta. Pemerintah bertekad melibatkanpublik secara lebih luas,” ungkap Menteri Anies Baswedan. “Lantaran itu, kami memutuskanberusaha mendengar dengan lebih cermat, dan luas melalui media ini,” ujarnya.

Masyarakat dapat mengirimkan masukan melalui pesan singkatke nomor telepon yang khusus disiapkan, yaitu 1771. Sebagai informasi,masyarakat akan dikenakan tariff normal untuk mengakses nomor khusus ini.adapun cara mengirimkan pesan dengan layanan pesan singkat ini adalah denganmengetik KUR (spasi) kiprah#masukan.

Mendikbud menyebutkan, liputan kiprah pada pesan singkatitu merupakan bentuk keterlibatan pada pendidikan. Diantaranyam orang tua(ortu), murid, guru, ketua sekolah (kepsek), dinas, atau masyarakat luas.sehingga, contoh pesan singkat menjadi: “KUR ortu#Ada baiknya sosialisasi jugadilakukan dalam kami para orang tua.”

Pada media karingan, masyarakat dapat mengisi formulirmedia jaringan dalam situs pengaduan.kemdikbud.go.id.melalui media ini, rakyat bisa membicarakan masukan secara lebihterperinci. Tidak hanya itu, formulir ini pun memungkinkan isi masukan yangdikirimkan lebih panjang menurut layanan pesan singkat. Layanan SMS sementaradapat dilayani oleh jaringan Telkomsel dan Indosat. Kemdikbud sedangmengusahakan operator yang lain jua dapat terlibat. Adapun buat mendapatkaninformasi lebih lanjut, rakyat dapat menghubungi angka telepon 021-5725980,serta angka faks 021-5725645.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI